• Home
  • News
  • Perkumpulan Mahasiswa Kristen Dunia Kunjung PBNU, Tanyakan Resep Damai di Indonesia
KSP Makmur Mandiri
Selasa, 08 November 2016 12:06:00

Perkumpulan Mahasiswa Kristen Dunia Kunjung PBNU, Tanyakan Resep Damai di Indonesia

BAGIKAN:
NU Online
Perkumpulan Mahasiswa Kristen Dunia kunjungi Kantor PBNU
Jakarta(Pelita Batak): Gerakan Mahasiswa Kristen Indonesia dan World Student Christian Federation atau Perkumpulan Gerakan Mahasiswa Kristen Sedunia (WSCF) dari Kanada berkunjung ke Lembaga Kajian Strategis Bangsa (LKSB) di Lantai 4 Gedung PBNU, Senin 7 November 2016 siang. Mereka ingin menggali lebih dalam bagaimana toleransi berjalan di Indonesia.
 
Tampak hadir PMKRI, Hikmahbudi, Pengurus Mahasiswa Hindu, dan ormas pemuda lainnya. Mereka berbagi dan menganalisa kerukunan umat beragama serta menjaga-mengelola keberagaman bangsa di Indonesia untuk diterapkan di Canada dan Filipina.
 
Di tengah dialog mereka mengajukan pertanyaan bagaimana Islam yang mayoritas dapat menerima kenyataan keberagaman dan mengayomi agama-agama minoritas? Pertanyaan ini dijawab oleh Direktur Eksekutif LKSB Abdul Ghopur.
 
Menurut Ghopur, keberlangsungan RI dengan keragaman suku, budaya, dan agama ditunjang oleh corak keberagamaan Islam yang dikembangkan oleh NU yang rahmatan lil 'alamin, moderat, mengayomi, menghargai, dan saling menghormati satu sama lain.
 
"Konsep hubbul wathon minal iman (cinta tanah air sebagian dari iman)," kata Ghopur.
 
Sekjen GMKI Alan Singkali menambahkan bahwa Indonesia merupakan laboratorium keberagaman dan toleransi yang menjadi rujukan negara-negara lain untuk belajar tentang itu semua.
 
Karenanya WSCF dan Gereja Kanada bertandang ke PBNU. Sudah semenjak dahulu nenek moyang bangsa ini menjaga komitmen hidup sesama dan gotong royong sehingga sampai kini Indonesia masih utuh dengan perbedaan dan kesetaraan itu, kata Alan.
 
Jordan yang mewakili WSCF menyatakan gembira karena dapat bertemu dengan tokoh-tokoh muda dari organisasi pemuda dan intelektual muda NU. "Terutama konsep Pancasila dan Islam NU yang moderat akan mereka bawa sebagai bahan masukan berharga bagi bangsa dan rakyat Kanada," kata Alan.
 
Ketum GMKI Sahat mengajak Necta Montes, General Secretary World Student Christian Federation (WSCF), serta Jordan Cantwell, Michael Blair, dan Hope Paslowski dari United Christian of Canada (UCC) bersilaturahmi ke Kantor PBNU.
 
Diskusi ini memberikan perspektif baru dan semangat secara khusus kepada pemuda Indonesia bahwa Indonesia memiliki keunikan dan keunggulan dalam mengelola kehidupan berbangsa dengan berdasarkan Pancasila dan Bhinneka Tunggal Ika.(R2/NU Online)
  BeritaTerkait
  • Dr RE Nainggolan MM : Di Medsos, Banyak 'Produk' Intelektual Tidak Berbicara Intelek

    4 tahun lalu

    Medan (Pelita Batak) :Dunia pendidikan khususnya perguruan tinggi yang menghasilkan warga intelektual (predikat sarjana) di Indonesia belum memberikan sumbangsih kepada kualitas masyarakat bangsa ini.

  • GMKI-PMKRI-GMNI Sampaikan Komitmen Menjaga Nusantara ke Ketua PBNU

    4 tahun lalu

    Medan (Pelita Batak) : Pengurus Pusat GMKI, PP PMKRI, dan Presidium GMNI diterima oleh Ketua Umum PBNU, KH Said Aqil Siradj di ruang kerjanya Lt. 3 Gedung PBNU, Selasa (21/3/2017). Said Aqil Sira

  • Pengurus GMKI, PMKRI dan GMNI Temui Ketua Umum PBNU KH Said Aqil Siradj

    4 tahun lalu

    Jakarta(Pelita Batak): Pengurus Pusat GMKI, PP PMKRI, dan Presidium GMNI diterima oleh Ketua Umum PBNU, KH Said Aqil Siradj di ruang kerjanya Lt. 3 Gedung PBNU.    KH Said Aqil Si

  • Sambutan Ketua Umum GMKI dalam Perayaan Natal Nasional GMKI di Samarinda

    4 tahun lalu

    Salam sejahtera bagi kita semua, Bapak-Ibu dan Saudara-saudari yang kami hormati, kelahiran Yesus di dunia tidak hanya menjadi milik umat Kristen saja, melainkan merupakan milik peradaban manus

  • RE Nainggolan Harapkan Teknologi Tidak Merusak Kebhinnekaan

    4 tahun lalu

    Medan (Pelita Batak) :Alvin Tofler menyebutkan dengan kemajuan teknologi dunia menjadi tidak ada batas. Menjadi tantangan belakangan ini, di satu sisi teknologi khususnya yang berbasis jaringan intern

  •   komentar Pembaca
    Copyright © 2021 Pelita Batak Online. All Rights Reserved. Design by. heriweb