• Home
  • News
  • Perantau Minang Menopang Bangkitnya UMKM di Sumut
KSP Makmur Mandiri
Selasa, 07 Maret 2017 18:07:00

Perantau Minang Menopang Bangkitnya UMKM di Sumut

BAGIKAN:
Ist|PelitaBatak

Medan (Pelita Batak) :
Dewan Pengurus Wilayah (DPW) Persatuan Masyarakat Daerah Piaman (PKDP) Sumatera Utara berkunjung sekaligus bersilaturahmi dengan Gubernur Sumatera Utara (Gubsu) H Tengku Erry Nuradi di kantor Gubsu, Senin (06/03/2017).

Hadir Ketua PKDP Sumut Farianda Putra Sinik didampingi Ketua Ninik Mamak, H Buin Jambang Tanjung, Ketua Cerdik Pandai dan Tokoh Masyarakat Suardi Taswi Chaniago, Sekretaris PKDP Sumut, Kasman Chaniago, Bendahara, Muzirman Manday, para wakil ketua diantaranya Admar Jas Koto, Mansurman dan Syamsul Bahri Koto.

Gubsu didampingi Asisten II, Ekbangsos, Ibnu Sri Utomo, Kabid Kesbangpol Linmas, Firdaus Hutasuhut, dan Kabag Humas Pemprovsu, Indah Dwi Kumala.

Gubsu Tengku Erry menyambut baik kedatangan dan silaturahmi pengurus PKDP Sumut yang para pengurusnya banyak berkiprah diberbagai propesi baik sebagai PNS, akademisi,  dan pengusaha. ‘’Dengan bersilaturahmi kita akan mendapat bayak ilmu, informasi, umur yang panjang, dan rezeki yang melimpah,’’ kata Gubsu.

Karena itu sebut Gubsu, dirinya sangat senang bersilaturahmi dengan masyarakat Padang Pariaman (Piaman) yang kaya akan pepatah dan petitih Minangkabau. “Salah satu pepatah yang sering ditunjukkan masyarakat Minangkabau khususnya Padang Pariaman yang ada di perantuan adalah Dimana Bumi Dipijak Disitu Langit Dijunjung artinya kita selalu mengikuti kebiasaan dan adat istiadat dimana kita berada,” ujar Erry.

Dengan pepatah itu, Erry berharap agar masyarakat Padang Pariaman yang banyak tersebar di seluruh pelosok di Sumatera Utara ini dapat memberikan kontribusi positif untuk pembangunan bangsa, khususnya di Sumut.

Hendaknya kontribusi itu lebih ditingkatkan lagi mengingat potensi masyarakat Padang Pariaman perantauan cukup besar baik dari segi jumlah penduduknya maupun kualitas masyarakatnya.

Peranan yang paling diharapkan lanjut Gubsu adalah menopang bangkitnya perekonomian khususnya pada Usaha Kecil Menengah (UKM) karena banyak masyarakat Padang Pariaman berkiprah sebagai pengusaha dan pedagang. ”PKDP harus menjadi bagian Pemprovsu dalam mendukung visi dan misi untuk membangun kesejahteraan sosial masyarakat,” katanya.

Karena itu Gubsu mengajak PKDP untuk saling bahu membahu dengan komponen masyarakat lain untuk membangun Sumut agar semakin maju dan berkembang.

Selanjutnya Erry mengharapkan agar PKDP Sumut bisa menjadi contoh bagi organisasi kesukuan lainnya terutama dalam menjalankan organisasi sesuai dengah aturan dan ketentuan yang berlaku. ”Saya nyakin dibawah kepemimpinan Farianda. Hal itu dapat terwujud,” ungkapnya.

Sebelumnya Wakil Ketua PKDP Sumut, Admar Jas Koto menjelaskan bahwa PKDP di Sumut hanya ada satu yakni PKDP dibawah kepemimpinan Farianda Putra Sinik, yang sesuai dengan SK DPP PKDP di Jakarta.

Dijelaskannya bahwa kepengurusan PKDP sudah ada di tingkat Pusat dan PKDP sudah terbentuk dibeberapa provinsi di wilayah Indonesia. Bahkan PKDP Sumut dibawah kepemimpinan Farianda Putra Sinik sudah membentuk kepengurusan di sejumlah kabupaten/kota, kecamatan, kelurahan dan desa.

Admar Jas Koto juga menyatakan bahwa secara struktur, PKDP sangat berharap agar HT Erry Nuradi dapat melanjutkan pembangunan di Sumut,”PKDP akan menjadi bamper terdepan untuk mendukung dan memenangkan HT Erry pada Pilgubsu mendatang,” tandasnya.

Sedangkan Ketua Ninik Mamak, H Buin Jambang Tanjung, dan Ketua Cerdik Pandai dan Tokoh Masyarakat, Drs H Suardi Taswi Chaniago secara bersama-sama menjelaskan bahwa pendirian organisasi PKDP ini bertujuhan menghimpun potensi masyarakat Padang Pariaman khususnya yang ada di perantauan.

Tujuannya untuk mewujudkan suasana kekeluargaan, kebersamaan antara masyarakat Piaman di rantau dengan masyarakat Piaman yang ada di kampung halaman (ranah), serta  memperkokoh persatuan, kesatuan dengan komponen masyarakat lainnya.

Selain itu membina dan meningkatkan kualitas sumber daya manusia masyarakat Piaman di rantau dan di ranah.”Melestarikan dan membudayakan nilai-nilai agama dan adat dalam kehidupan dengan kato Adat Basandi Syara’, Syara’ Basandi Kitabullah,” timpal Suardi Taswi.

Pada akhirnya kedua tokoh ninik mamak dan cerdik pandai PKDP Sumut ini meminta agar Gubsu dapat memberikan perhatian kepada masyarakat Padang Pariaman perantauan yang mayoritas berkecimpung sebagai pedagang dan wirausaha.

Kedua tokoh masyarakat Padang Pariaman ini kembali menegaskan bahwa PKDP dan jajaran dibawahnya siap mendukung dan mengawal kepemimpinan Gubsu HT Erry Nuradi, dan beliau (HT Erry Nuradi) dapat kembali melanjutkan kepemimpinannya untuk periode mendatang.(TAp)

  BeritaTerkait
  • Wapres Buka Musyawarah Masyarakat Adat Batak 2016

    4 tahun lalu

    Wakil Presiden (Wapres) Jusuf Kalla (JK) mengatakan, perbedaan suku, adat istiadat dan agama justeru membuat Indonesia kuat. Perbedaan tersebut juga merupakan kekayaan khazanah bangsa yang tidak dimiliki bangsa lain.

  • PHR Medan Tampilkan Seni dan Tari 5 Etnis

    4 tahun lalu

    Medan (Pelita Batak) :Pertunjukan tari dan seni dari 5 etnis yang ada di Kota Medan mengisi panggung hiburan rakyat yang digelar Jalan Bukit Barisan Medan, Sabtu (19/11/2016) malam. Atraksi yang ditampilkan para penari maupun penyanyi dari kelima etnis ya

  • Atraksi Seni & Budaya Pemko Medan Pukau Pengunjung Malam Penutupan PRSU

    3 tahun lalu

    Medan (Pelita Batak):Atraksi seni dan budaya yang ditampilkan Pemko Medan selaku tuan rumah malam penutupan Pekan Raya Sumatera Utara (PRSU) berhasil  memukau  dua ribuan pengunjung di open

  • Pengurus Persatuan Wartawan Pemko Medan Terbentuk

    3 tahun lalu

    Medan (Pelita Batak):Setelah sebelumnya melakukan rapat akbar untuk menyatukan kembali organisasi persatuan wartawan Unit Pemko Medan pada (12/4) lalu. Ketua Umum Persatuan Wartawan Pemko Medan, M. Ed

  • Sumbar Expo 2019 Digelar di Medan

    tahun lalu

    Medan (Pelita Batak):Pemprov Sumatera Barat memilih Kota Medan sebagai tempat pelaksanaan Sumbar Expo 2019. Direncanakan, event ini akan berlangsung 14-17 November mendatang di Lapangan Merdeka Medan.

  •   komentar Pembaca
    Copyright © 2020 Pelita Batak Online. All Rights Reserved. Design by. heriweb