• Home
  • News
  • Pengamanan Pilgubsu, Polres Asahan Terbitkan Maklumat
KSP Makmur Mandiri
Sabtu, 23 Juni 2018 18:15:00

Pengamanan Pilgubsu, Polres Asahan Terbitkan Maklumat

BAGIKAN:
ist|pelitabatak
AKBP Yemi Mandagi SIK
Asahan (Pelita Batak):
Kepala Kepolisian Resort Asahan mengeluarkan maklumat No: Mak/01/VI/2018/RES Asahan tentang Menciptakan Keamanan dan Penegakan Hukum dalam Pelaksanaan Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Sumut Tahun 2018 tanggal 22 Juni 2018. Sebagaimana ditandatangani AKBP Yemi Mandagi SIK selaku Kapolres Asahan.

Dalam maklumat tersebut, AKBP Yemi menegaskan bahwa segala bentuk pelanggaran hukum dan mengganggu ketertiban umum, maka akan diambil tindakan kepolisian secara tegas dan terukur sesuai ketentuan perundang-undangan yang berlaku. "Maklumat ini mestinya menjadi acuan bagi anggota di lapangan dalam melaksanakan tugas dan juga dapat dipahami dan dimaklumi masyarakat," kata Yemi kepada wartawan, Sabtu (23/6/2018).

Disebutkan dalam maklumat menjamin hak suara setiap warga negara untuk ikut serta dalam pemilihan kepala daerah, khususnya Gubernur Sumut dalam hal ini. Tanpa adanya pengaruh pihak lain, intimidasi fisik maupun non fisik, bujuk rayu serta janji-janji dari pihak manapun dengan cara melanggar hukum. Kemudian setiap orang atau kelompok masyarakat yang berada di wilayah hukum Polres Asahan dilarang untuk melakukan kegiatan yang dapat mengganggu ketertiban umum termasuk memprovokasi, perbuatan anarkis, menebar kebencian, konflik belatar belakang SARA dalam pelaksanaan pemungutan suara.

Adanya larangan aktifitas di Lokasi tempat Pemungutan Suara (TPS) atau jalan menuju lokasi TPS berupa kegiatan ancaman/intimidasi baik secara fidik maupun non fisik sehingga menimbulkan ketakutan bagi masyarakat yang ingin menggunakan hak pilihnya. Serta setiap orang atau kelompok dilarang melakukan Money Politic.

"Kita sangat berharap pemilihan Gubernur Sumut periode 2018-2024 di kawasan Asahan akan berjalan dengan baik. Asahan harus menjadi contoh bagi daerah lain di Indonesia yang turut melaksanakan pemungutan suara, secara umum Sumatera Utara. Kita harus menjadi contoh," katanya.

Pada kesempatan itu, AKBP Yemi Mandagi SIK mengajak masyarakat Asahan untuk beramai-ramai ke TPS pada tanngal 27 Juni 2018. Menggunakan hak pilih untuk menentukan Pasangan Gubernur yang akan memimpin Sumut lima tahun ke depan. (Aries)
  BeritaTerkait
  • Poldasu Drop Tambahan Personel ke Tanjung Balai

    4 tahun lalu

    Pascabentrok antarwarga di Tanjung Balai, Polda Sumatera Utara (Sumut) mengirimkan personel untuk pengamanan. Jumat (29/7/2016) malam terjadi bentrok hingga pembakaran tempat ibadah akibatnya.

  • Dipastikan Tidak Ada Korban Jiwa Dalam Bentrok di Tanjung Balai

    4 tahun lalu

    "Tidak ada korban jiwa dan luka. Keluarga pemicu aksi massa masih diamankan di Polres Tanjungbalai,"

  • Kapolres Asahan Pimpim Sertijab Polsek Simpang Empat dan Pulau Raja

    4 tahun lalu

    Asahan (Pelita Batak)Kapolres Asahan AKBP Tatan Dirsan Atmaja, Sik memimpin sertijab Kapolsek Simpang Empat dan Kapolsek Pulau Raja, di Aula Polres Asahan.

  • Tim Tipikor Polres Asahan OTT Kepala RSU Abdul Manan Simatupang Kisaran

    3 tahun lalu

    Asahan (Pelita Batak):Tim Tindak Pidana Korupsi Satreskrim Polres Asahan mengamankan kepala Rumah Sakit Umum Abdul Manan Simatupang Kota Kisaran beserta bendahara dan empat stafnya, Kamis, (9/11/2017)

  • Polres Tapsel Gelar Operasi PAM Pilkada Serentak 2018

    3 tahun lalu

    Paluta (Pelita Batak) : Dalam rangka pemantapan pasukan pengamanan pemilihan kepala daerah serentak tahun 2018, Kepolisian Resort Tapanuli Selatan (Polres Tapsel) melakukan apel gelar pasukan ope

  •   komentar Pembaca
    Copyright © 2020 Pelita Batak Online. All Rights Reserved. Design by. heriweb