• Home
  • News
  • Pemko Padangsidimpuan Latih Pengrajin UMKM Buka Dunia Usaha
KSP Makmur Mandiri
Rabu, 13 November 2019 14:04:00

Pemko Padangsidimpuan Latih Pengrajin UMKM Buka Dunia Usaha

BAGIKAN:
saut togi ritonga | pelita batak
Padangsidimpuan (Pelita Batak) :
Pemerintah Kota Padangsidimpuan melalui Dinas Perdagangan melaksanakan pelatihan life skill tenaga pengrajin UMKM selama 4 hari terhitung dari tanggal 13 Nopember s/d 16 Nopember di Balai Latihan Kerja, Jl Ompu Sarudak Hutaimbaru, Rabu 13 November 2019.

Walikota Padangsidimpuan Irsan Efendi Nasution, SH dalam sambutannya mengatakan bahwa kegiatan seperti ini adalah merupakan ikhtiar pemerintah untuk memberikan fasilitas kepada masyarakat. Karena dengan keterampilan ini maka ibu ibu berkesempatan untuk bermimpi bisa membuka usaha.

"Saya merasa bergembira dengan kegiatan pelatihan ini, dengan bertambahnya tenaga-tenaga terampil akan membuat SDM di Kota Padangsidimpuan semakin unggul," ujar Irsan.

Sementara, Kadis Perdagangan Ir. Ridoan Pasaribu, M.Si. dalam laporannya menyampaikan pelatihan ini di ikuti sebanyak 29 peserta dari Desa Binaan di 6 Kecamatan mengikuti pelatihan membuat tas dari tali kur.

Pelatihan ini difokuskan untuk proses pembuatan yang dilatih selama 3 hari, dan 1 hari dilatih untuk pemasaran oleh narasumber yang telah produktif dan memiliki toko kerajian di kota Padangsidimpuan.

Dengan adanya pelatihan ini kiranya nantinya dapat diterapkan sehingga dapat meningkatkan perekonomian peserta dan mampu berdikari.

Salah seorang peserta dari Jalan mangga Kampung Jawa, Kelurahan Wek IV Padangsidimpuan Utara mengaku sangat senang mengikuti pelatihan.

"Disini kami di latih membuat tas tali kur mulai dari teknik dasar hingga pembuatan pola sampai ketingkat yang rumit," katanya.

Untuk diketahui Tas tali kur adalah tas yang terbuat dari tali kemudian di rangkai menjadi tas yang unik. Tas ini memang sangat cocok untuk wanita karena tampilannya lebih simple dan elegan.

Tas dari tali kur dirangkai dan disusun dengan rapih dan di modifikasi dengan adanya tambahan rajutan bunga yang dikombinasikan dengan tas tali kur yang akan membuat tas ini lebih menawan jika digunakan oleh orang yang memakainya. (Saut Togi Ritonga)
  BeritaTerkait
  • Walikota Padangsidimpuan Buka Pameran Sidimpuan Expo 2019

    2 bulan lalu

    Padangsidimpuan (Pelita Batak) :Dalam rangka memeriahkan  HUT nya, Pemerintah Kota Padangsidimpuan melalui Bagian Kesejahteraan Rakyat menggelar Pameran Padangsidimpuan Expo 2019 di alun alun Ala

  • Pemkab Tapsel Siap Berpatisipasi Sukseskan Festival Oleh-Oleh Tabagsel

    2 bulan lalu

    Padangsidimpuan (Pelita Batak) :Setelah Pemko Padangsidimpuan, Pemerintah Kabupaten Tapanuli Selatan juga menyatakan kesediaan dan kesiapan untuk berperan  serta dalam berpartisipasi dan mensukse

  • Kopi Sidikalang Dipamerkan di MICF 2016

    4 tahun lalu

    Diungkapkan Akhyar, Indonesia merupakan negara terbesar ketiga penghasil kopi di dunia setelah Brazil dan Vietnam dengan produksi rata-rata sebesar 685 ribu ton per-tahun (8,9 %) Dari produksi kopi dunia. Saat ini ada 11 kopi Indonesia yang telah mempunya

  • Keluarga Besar RSU Royal Prima, UNPRI, RSGM Prima Gelar Buka Puasa Bersama Anak Yatim se-Kota Medan

    2 tahun lalu

    Medan (Pelita Batak):Keluarga besar Rumah Sakit Umum (RSU) Royal Prima, Universitas Prima Indonesia (UNPRI) dan Rumah Sakit Gigi Mulut (RSGM) Prima menggelar acara buka puasa bersama daan menyantuni a

  • Perdasama Perak Jalin Sister Business dengan APPINSU

    3 tahun lalu

    Medan (Pelita Batak) : Wali Kota Medan, Drs HT Dzulmi Eldin S MSi membuka acara Sister Business Perdasama Perak dan Asosiasi Pengusaha Perempuan Indonesia Sumut (APPINSU) yang bertajuk Entreprene

  •   komentar Pembaca
    Copyright © 2019 Pelita Batak Online. All Rights Reserved. Design by. heriweb