• Home
  • News
  • Pemko Padangsidimpuan Gelar Sosialisasi Tangkal Hoax
  • Home
  • News
  • Pemko Padangsidimpuan Gelar Sosialisasi Tangkal Hoax
KSP Makmur Mandiri
Minggu, 25 November 2018 07:56:00

Pemko Padangsidimpuan Gelar Sosialisasi Tangkal Hoax

BAGIKAN:
Saut Togi Ritonga | Pelitabatak

Padangsidimpuan (Pelita Batak) :

Maraknya Pemberitaan palsu atau Hoax saat ini menjadi trending topik dan isue hangat yang mulai dibahas dalam forum-forum diskusi tertentu sebab Hoax kini dianggap sebagai salah satu ancaman bagi masyarakat. 

Untuk mereduksi ancaman Hoax, dibutuhkan peran serta semua pihak terutama masyarakat yang aktif menggunakan media sosial.

Hal ini yang mendorong dinas Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Padangsidimpuan menggelar dengan sosialisasi penyebar luasan informasi pemerintah terkait dengan berita hoax yang digelar di Aula Kantor Walikota padangsidimpuan, Jalan sudirman, kamis 22 November 2018.

Kegiatan sosialisasi ini menghadirkan sejumlah narasumber yang dianggap berkompeten dibidangnya masing-masing. Salah satunya adalah Walikota Padangsidimpuan Irsan efendi Nasution SH dan Kepala dinas komunikasi dan informatika provinsi sumatera utara melalui kepala seksi sandi telekomumikasi dan keamanan informasi diskominfo provinsi sumatera utara Thamrin Dedi Sunarto.

Dalam kata sambutan Walikota padangsidimpuan Irsan efendi Nasution menyampaikan terimakasih atas bantuan teman-teman awak media yang selama ini bersikap lebih teliti dan jeli terhadap berita hoax karena informasi hoax akan merugikan, maka dari itu ia mengajak agar menggunakan sosial media secara bijak.

"Saat ini berita Hoax muncul menyerupai berita asli, bahkan dilengkapi dengan data-data yang seolah-olah adalah fakta yang umumnya menyebar di facebook dan twitter," ungkap Irsan.

Sementara Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Provinsi Sumatera melalui Kepala Seksi Sandi Telekomumikasi dan Keamanan Informasi Thamrin Dedi Sunarto dalam pidatonya mengatakan bahwa tekhnologi informasi dan komunikasi membuat pola hidup manusia drastis berubah, segala sesuatu yang berkaitan dengan hidup manusia selalu mengkaitkannya kepada social media baik gambar, youtube dan lain lain.

Ciri-ciri Hoax menurutnya adalah, mempunyai sumber berita yang kurang bisa dipercaya. Selain itu, foto dan video dalam berita hoax merupakan rekayasa atau tidak sesuai dengan isi berita. 

Berita Hoax biasanya mengandung unsur politik atau SARA dan menggunakan kalimat-kalimat profokatif. Tak hanya itu, berita Hoax juga sering mendapat komentar negatif walaupun disisi lain ada yang percaya berita tersebut.

Ia mengingatkan, pelaku penyebar berita hoax dapat dikenai sanksi hukum pidana sesuai undang-undang nomor 19 tahun 2016 tentang perubahan atas undang-undang nomor 11 tahun 2008 tentang Informasi Transaksi Elektronik (ITE). Dalam UU tersebut menyebutkan, pelaku penyebar berita hoax bisa dipidana paling lama 4 sampai 6 tahun penjara dan denda 750 juta sampai 1 miliar.

Untuk menghindari hoax, punya tips khusus. Pertama, cek narasumber. Kedua, antisipasi judul berita yang provokatif. Ketiga, baca secara menyeluruh. Keempat, jangan percaya pada foto dan video yang dilihat. Kelima, cari dan bandingkan dengan sumber lain. Keenam, jangan terburu-buru membagikan berita dan ketujuh, kritis dan cuek.

"Kita harapkan dari pihak awak media dan dinas kominfo sumatera utara maupun kota Padangsidimpuan bekerja sama untuk mengantisipasi berita hoax di yang beredar di tengah-tengah masyarakat," katanya. (Saut Togi Ritonga)

  BeritaTerkait
  • Pemko Padangsidimpuan Gelar Sosialisasi Tangkal Hoax

    2 tahun lalu

    Padangsidimpuan (Pelita Batak) :Maraknya Pemberitaan palsu atau Hoax saat ini menjadi trending topik dan isue hangat yang mulai dibahas dalam forum-forum diskusi tertentu sebab Hoax kini dianggap seba

  • Pemko Padangisidimpuan Harapkan Pers Jadi Mitra Strategis Tangkal Informasi Hoax

    5 bulan lalu

    Padangsidimpuan (Pelita Batak) :Walikota Irsan Efendi Nasution dan Wakil Walikota Arwin Siregar menyebut pers atau wartawan sebagai salah satu mitra strategis mereka dalam pembangunan dan menjalankan

  • Gubernur Hadiri Apel Gelar Pasukan Sambut Presiden di Medan

    4 tahun lalu

    Gubernur Sumatera Utara (Sumut) Ir H Tengku Erry Nuradi MSi mengajak pengusaha dan milyarder Sumut untuk memanfaatkan Tax Amnesti untuk membangun kekuatan perekonomian di Sumut. Pertumbuhan ekonomi di Sumut akan berdampak positif atas pertumbuhan ekonomi

  • Akhir Tahun, Sistem Pengamanan Kota Diperkuat

    4 tahun lalu

    Medan (Pelita Batak) :Usai Perayaan Hari Raya Natal Umat Kristiani di Kota Medan, Pemerintah Kota Medan kini mengalihkan perhatiannya menyambut Tahun Baru 2017. Hal ini diperlihatkan dengan Apel Gelar Pasukan TNI-Polri-Pemko, Pengamanan Tahun Baru 2017, V

  • Pemko Medan Gelar Rapat koordinasi Pelaksanaan Program Pembangunan Kota

    3 tahun lalu

    Medan (Pelita Batak) :Wali Kota Medan, Drs H T Dzulmi Eldin S MSi membuka Rapat koordinasi Pelaksanaan Program Pembangunan Kota Medan Tahun Anggaran (TA) 2017 Triwulan I di Hotel Emerald Garden Medan,

  •   komentar Pembaca
    Copyright © 2020 Pelita Batak Online. All Rights Reserved. Design by. heriweb