• Home
  • News
  • Pemko Padangsidempuan Periksa Hewan Kurban
KSP Makmur Mandiri
Selasa, 28 Juli 2020 20:18:00

Pemko Padangsidempuan Periksa Hewan Kurban

BAGIKAN:
Saut Togi Ritonga| Pelita Batak
Padangsidimpuan (Pelita Batak) :
Dinas Pertanian Kota Padangsidimpuan melakukan pemeriksaan kesehatan hewan kurban menjelang Idul Adha 1441 H Tahun 2020 di Desa Labohan Labo, Kecamatan Padangsidimpuan Tenggara.  

Kadis Pertanian Kota Padangsidimpuan  Parimpunan Siregar melalui Seketaris Pertanian Chairunnisa Daulay, Selasa 28 Juli 2020 mengatakan, untuk memastikan dan melihat sehat atau tidak, untuk hewan kurban rutin dilakukan setiap tahun menjelang Idul Adha.

"Hewan kurban harus benar-benar dalam keadaan sehat dan layak untuk disembelih diantaranya cukup umur dengan ditandai tumbuhnya gigi tetap , tidak cacat dan dalam kondisi sehat," ujarnya.

Pemeriksaan dilakukan mulai dari lokasi pengumpul dan pemotongan hewan-hewan kurban yang akan disembelih hingga menjelang raya Idul Adha. 

Lebih lanjut Chairunnisa menyampaikan bahwa untuk kondisi Idul Adha 1440 H Tahun 2019 yang lalu jumlah hewan kurban di 6 kecamatan se Kota Padang Sidimpuan untuk sapi mencapai 1135 ekor, untuk kambing 196 ekor. 

"Saat ini belum bisa dapat totalnya berapa jumlah hewan kurban di sembelih tahun 2020, nanti setelah hari "H" baru bisa mendapatkan berapa total jumlahnya mengingat kondisi ditengah pandemi COVID-19," tegasnya. 

Saat penyembelihan hewan kurban diharapkan panitia harus menjaga jarak dari kerumunan warga yang berkumpul, di saat penyembelihan berlangsung hendaknya mengikuti  protokol kesehatan," ujar Chairunnisa. 

Sementara itu, drh Nelli Nasution mengatakan kondisi hewan kurban yang diperiksa dalam keadaan sehat, ditandai tidak adanya keluar cairan darah dari lubang-lubang kumla seperti lubang hidung, telinga, kemaluan, pori hewan itu sendiri.

Bila ditemukan tanda-tanda seperti itu maka hewan itu tidak layak untuk di sembelih, sebab dicurigai berbahaya karena diduga penyakit anthraks atau berbahaya.(Saut Togi Ritonga)
  BeritaTerkait
  • Ada Sapi Tak Layak Konsumsi Ditemukab di Medan

    4 tahun lalu

    Medan (Pelita Batak) :<br></br> Petugas Dinas Pertanian dan Kelautan (Distanla) Kota Medan menemukan adanya hewan ternak tak layak konsumsi saat melakukan inspeksi mendadak di lokasi penjualan hewan kurban di Jalan Avros, Kecamatan Medan Polo

  • Akhyar Nasution Tinjau Tempat Penjualan Hewan Kurban

    4 tahun lalu

    Medan (Pelita Batak) : Wakil Wali Kota Medan, Ir Akhyar Nasution MSi meninjau lokasi penjualan hewan kurban di Jalan Avros, Kelurahan Kampung Baru, Kecamatan Medan Maimun, Rabu (7/9). Peninjauan ini dilakukan untuk memastikan hewan kurban yang djual itu

  • Hari Raya idul Adha 1437 H, Umat Muslim Medan Sembelih 9.665 Ekor Hewan Kurban

    4 tahun lalu

    Medan (Pelita Batak) :<br></br> Penyembelihan hewan kurban untuk merayakan Hari Raya idul Adha 1437 H di Kota Medan berjalan lancar, Senin (12/9/2016).

  • Besok, Pemko Medan Sembelih 58 Ekor Hewan Qurban

    3 tahun lalu

    Medan (Pelita Batak):Pemko Medan akan menyembelih  sebanyak 58 ekor hewan  kurban  pada Hari Raya Idul Adha 1438 H, Jumat (1/9/2018).  Direncanakan, penyembelihan kesleuruhan hewan

  • Pemotongan 60 Ekor Hewan Kurban di Masjid Agung Medan

    3 tahun lalu

    Medan (Pelita Batak):Walikota Medan Drs HT Dzulmi Eldin S MSi menyaksikan langsung pemotongan hewan qurban di Masjid Agung Medan, Jumat (1/9/2017).Di Masjid Agung ni, sebanyak 34 ekor lembu dan 26 eko

  •   komentar Pembaca
    Copyright © 2020 Pelita Batak Online. All Rights Reserved. Design by. heriweb