• Home
  • News
  • Pemko Medan Terima Penghargaan Anugerah Parahita Ekapraya
KSP Makmur Mandiri
Sabtu, 21 Desember 2019 23:50:00

Pemko Medan Terima Penghargaan Anugerah Parahita Ekapraya

BAGIKAN:
Ist|pelitabatak
Medan (Pelita Batak):
Pemko Medan menerima Penghargaan Anugerah Parahita Ekapraya Tahun 2019 Kategori Pratama. Sebab, Kota Medan dinilai sebagai kota yang memiliki komitmen dalam upaya mewujudkan kesetaraan gender, pemberdayaan perempuan dan perlindungan anak. Penghargaan diberikan Gubernur Sumut Edy Rahmayadi kepada Plt Ketua TP PKK Kota Medan Ny Hj Nurul Khairani Akhyar pada Puncak Peringatan Hari Ibu (PHI) ke 91 Tingkat Provinsi Sumatera Utara di Aula Raja Inal Siregar, Kantor Gubsu Jalan Pangeran Diponegoro, Jumat (20/12).

Penyerahan penghargaan turut disaksikan Ketua Lembaga Perlindungan Saksi dan Korban (LPSK) RI Hasto Atmojo Suroyo yang turut hadir dalam kesempatan tersebut. Melalui PHI yang mengusung tema nasional "Perempuan Berdaya Indonesia Maju" ini diharapkan dapat menjadi serta memberi semangat para kaum ibu dalam mengemban peran, tugas dan tanggung jawab dalam keluarga, lingkungan sosial serta dalam mengisi perjuangan pembangunan bangsa.

Selain Plt Ketua TP PKK Kota Medan, Wakil Gubsu Musa Rajekshah, Ketua TP PKK Provsu Ny Nawal Edy Rahmayadi, Wakil Ketua TP PKK Provsu Ny Sri Ayu Mihari Musa Rajekshah, Bupati/ Wali Kota se-Sumut atau yang mewakili, unsur Forkopimda Sumut serta sejumlah organisasi wanita diantaranya Ikatan Adhyaksa Dharmakarini (IAD) (Persatuan istri Kejaksaan Negeri), Persit Kartika Chandra Kirana (Persatuan istri TNI AD), Jalasenastri (Persatuan istri TNI AL), Pia Ardhya Garini (Persatuan istri TNI AU), Bhayangkari (Persatuan istri Polri), akademisi, tokoh pemuda dan agama juga turut hadir dalam acara yang berlangsung meriah.

Sebelum dimulai, acara terlebih dahulu diawali dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya dan Mars Hari Ibu. Kemudian dilanjutkan dengan pembacaan Pancasila dan UUD Negara RI Tahun 1945 dan sejarah Hari Ibu. Di samping itu acara juga diisi berbagai hiburan di antaranya penampilan dari anak-anak penyandang disabilitas, fashion show dan hiburan lainnya.

Dalam sambutannya, Ketua TP PKK Provsu Ny Nawal Edi Rahmayadi mengatakan PHI ke 91 menunjukkan makna bahwa kaum wanita dan para ibu memiliki peranan besar dalam mengisi dan mendukung terwujudnya perjuangan dan cita-cita bangsa. Untuk itulah, PHI ini menjadi refleksi dan apresiasi kepada kaum ibu atas dedikasi yang telah diberikan.

"Peringatan ini hendaknya semakin memberi semangat bagi kita semua arti penting sosok seorang ibu terutama bagi kaum muda. Sebab, di zaman yang semakin maju perempuan dituntut semakin menunjukkan kualitas diri sehingga mampu mewujudkan Indonesia maju lewat pemberdayaan terutama di sektor ekonomi dan kewirausahaan guna menekan angka kemiskinan," kata Ny Nawal.

Usai acara, hal senada juga disampaikan Plt Ketua TP PKK Kota Medan Ny Hj Nurul Khairani Akhyar bahwa perempuan dan ibu masa kini harus jadi sosok tangguh yang berdidikasi dan menginspirasi. Terlebih dengan penghargaan yang diterima semakin menjadi magnet dan semangat untuk lebih memperjuangkan dan melindungi hak-hak perempuan dan anak di Kota Medan.

"Kini perempuan dan ibu dengan segudang talenta yang dimiliki mampu mengikis stigma perempuan sebagai makhluk yang lemah. Sekarang sudah saatnya kita maju, bangkit dan bergerak untuk memberi dan menjadi contoh bagi siapa saja lewat karya dan hal luar biasa yang dimiliki melalui bidang yang ditekuni sehingga memberi manfaat bagi banyak orang," bilang Ny Hj Nurul didampingi Kadis Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak & Pemberdayaan Masyarakat (P3A&PM) Kota Medan Chairunisa Mozasa. (KU|TAp)
  BeritaTerkait
  • 267 Tahun, Langkat Tetap Lestarikan Adat Budaya

    4 tahun lalu

    Stabat (Pelita Batak) : Gubernur Sumatera Utara (Gubsu) H T Erry Nuradi mengapresiasi Bupati Langkat karena terus melestarikan adat budaya Melayu ciri khas Kabupaten Langkat. "Apresiasi

  • Pemko Medan Terapkan Pengarusutamaan Gender Dalam Proses Pembangunan

    3 tahun lalu

    Medan (Pelita Batak):Pemko Medan terus terus meningkatkan kapasitas kemampuan Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) untuk menerapkan pengarusutamaan gender (PUG) ke dalam setiap tahap dan proses pemban

  • Wali Kota Medan Terima Anugerah Keterbukaan Infomasi

    2 tahun lalu

    Medan (Pelita Batak):Wali Kota Medan, Drs. H.T. Dzulmi Eldin S, M.Si. menerima Anugerah Pemeringkatan Keterbukaan Infomasi Badan Publik dari Komisi Informasi (KI), Rabu (17/10) di Hotel Madani Medan.P

  • Anugerah Keterbukaan Infomasi untuk Pemda di Sumut

    11 bulan lalu

    Medan (Pelita Batak):Pemko Medan kembali menerima Penganugerahan Keterbukaan Infomasi Badan Publik dari Komisi Informasi (KI). Pemberian anugerah ini sebagai bentuk penghargaan dan apresiasi Pemerinta

  • Pemkab Labuhanbatu Peroleh Penghargaan APE Tahun 2019

    9 bulan lalu

    Labuhanbatu (Pelita Batak):Pemerintah Kabupaten Labuhanbatu pada tanggal 20 Desember 2019 lalu telah menerima Penghargaan Anugrah Parahita Ekapraya (APE) Kategori Pratama Tingkat Provinsi Sumatera Uta

  •   komentar Pembaca
    Copyright © 2020 Pelita Batak Online. All Rights Reserved. Design by. heriweb