• Home
  • News
  • Pemko Medan Dukung Penuh Polrestabes Medan Ciptakan Kekondusifan Kamtibmas
KSP Makmur Mandiri
Rabu, 25 Maret 2020 03:53:00

Pemko Medan Dukung Penuh Polrestabes Medan Ciptakan Kekondusifan Kamtibmas

BAGIKAN:
IST | Pelita Batak
Medan (Pelita Batak):
Pemko Medan siap mendukung penuh Polrestabes Medan dalam terciptanya situasi kamtibmas yang kondusif di Kota Medan, termasuk antisipasi gangguan yang terjadi terkait penyebaran virus Corona (Covid 19) serta antisipasi terjadinya perkelahian antar pelajar pasca selesainya Ujian Nasional (UN).

Dukungan ini disampaikan Pelaksana tugas (Plt) Wali Kota Medan Ir H Akhyar Nasution MSi diwakili Kasatpol PP Kota Medan M Sofyan dan Plt Kadis Pendidikan Masrul Badri ketika menghadiri rapat koordinasi bersama dengan Kapolrestabes Medan Kombes Pol Johnny Edizon Isir di Mapolrestabes Medan, Selasa (24/3).

Dalam rapat yang juga dihadiri perwakilan dari  Kodim 0201/BS, Dinas Pendidikan Sumut, Dinas Pendidikan Deli Serdang, Dinas Kominfo Kota Medan, Kapolrestabes menjelaskan, tujuan rapat koordinasi dilakukan untuk mensinkronkan sekaligus mencari pola dan metoda yang dilakukan, sehingga usai UN nanti para siswa tidak bergerombol maupun melakukan konvoi.

Apalagi saat ini, jelas Kapolrestabes, musibah virus Corona  tengah terjadi sehingga untuk memutus mata rantai penyebaran virus corona, maka masyarakat pun diminta untuk mengurangi aktifititas di luar rumah. Itu sebabnya aksi konvoi  maupun coret-coret baju yang selama ini selalu dilakukan pasca selesai UN harus dihentikan.

Oleh karenanya melalui rapat koordinasi ini, Kapolrestabes sangat mengharapkan masukan-masukan dari seluruh peserta rapat koordinasi sehingga dapat ditetapkan pola maupun metoda yang akan diterapkan untuk mengatasinya. Sebagai contoh, Kapolrestabes minta agar para siswa tidak diperkenankan langsung pulang selesai UN.

"Siap ujian diupayakan siswa tidak langsung pulang dan diberikan penjelasan tentang virus corona dan proses penyebaran. Dengan demikian para siswa akan memiliki pemahaman yang jelas, sehingga mereka tidak berkumpul maupun melakukan aksi konvoi. Selain mengganggu ketenangan dan kenyamanan masyarakat pengguna jalan, para pelajar juga dikhawatirkan tawuran," kata kapolrestabes.

Selanjutnya, Kapolrestabes juga berharap agar Kapolres Pelabuhan Belawan dan Kapolres Deli Serdang melarang siswa-siswa yang berada di wilayah hukumnya agar tidak memasuki Kota Medan. Hal itu penting dilakukan sebagai  antisipasi mencegah semakin banyaknya siswa yang berkumpul maupun berkonvoi.

Kasatpol PP Kota Medan M Sofyan mengusulkan, agar pihak sekolah tidak memperbolehkan para siswa langsung pulang usai UN sampai sore hari. Selama berada di sekolah, Sofyan minta pihak sekolah membuat sejumlah kegiatan untuk diikuti para siswa. Para siswa baru diperbolehkan pulang, jelasnya, setelah orang tua datang menjemput.

"Tanpa dijemput orang tua, siswa tidak diperkenankan  keluar dari sekolah. Alhamdulillah, upaya ini sangat efektif untuk mencegah siswa bergerombol dan melakukan konvoi untuk meluapkan euphoria setelah selesai ujian," jelas Sofyan.

Sedangkan Plt Kadis Pendidikan Kota Medan Masrul Badri, mengatakan Dinas Pendidikan Kota Medan sipa mendukung keinginan Kapolrestabes Medan. Namun untuk pelaksanaa UN siswa SD & SMP yang kini menjadi wewenang Dinas Pendidikan yang dijadwalkan  pada 20-23 April mendatang, kata Masrul,  masih menunggu kesepakatn Menteri Pendidikan dan DPR RI.

Kemungkinan UN yang akan diikuti sebanyak 43.682 siswa kemungkinan ditunda atau ditiadakan untuk mencegah penyebaran virus corona. Kita tinggal menunggu hasil rapat Menteri Pendidikan dengan DPR RI," kelas Masrul. (H|TAp)
  BeritaTerkait
  • Rakor Keamanan dan Ketertiban Umum Jelang Natal dan Tahun Baru 2020

    4 bulan lalu

    Medan (Pelita Batak):Seluruh unsur forum koordinasi pimpinan daerah (Forkopimda) dan komponen masyarakat diajak untuk meningkatkan sinergitas guna menciptakan rasa tentram, aman dan nyaman jelang Pera

  • Unsur Forkopimda Siap Dukung Pemko Medan Tertibkan Papan Reklame & Pedagang Kaki Lima

    3 tahun lalu

    Medan (Pelita Batak) : Pemko Medan  segera menertibkan kembali seluruh papan reklame  bermasalah di Kota Medan. Penertiban ini mendapat dukungan penuh seluruh unsur Forum Koordinasi&nbs

  • Mengenakan Busana Batik Medan Dengan Peserta Terbanyak

    3 tahun lalu

    Medan (Pelita Batak) :Karnaval  Budaya yang digelar Pemko Medan  melalui  Dinas Pariwisata Kota Medan dalam rangka memeriahkan Hari Jadi ke-424 Kota Medan berlangsung meriah, Minggu (16

  • Akhyar Nasution Ajak Semua Elemen Terus Jaga Kekondusifan Kota Medan

    3 tahun lalu

    Medan (Pelita Batak) :Meskipun Kota Medan hingga saat ini masih dalam kondisi kondusif namun Wakil Wali Kota Medan, Ir Akhyar Nasution MSi mengingatkan semua untuk selalu waspada dan jangan terlena. Sebab, tidak tertutup kemungkinan ada yang ingin merusak

  • Penyambutan Tahun Baru di Medan

    2 tahun lalu

    Medan (Pelita Batak):Wali Kota Medan Drs H T Dzulmi Eldin S MSi bersama ribuan warga Kota Medan menyambut detik-detik  malam pergantian tahun di Lapangan Merdeka, Minggu (31/12). Selain menggelar

  •   komentar Pembaca
    Copyright © 2020 Pelita Batak Online. All Rights Reserved. Design by. heriweb