• Home
  • News
  • Pemkab Taput, Dorong Poktan Melek Teknologi Pasca Panen
KSP Makmur Mandiri
Kamis, 02 Maret 2017 12:24:00

Pemkab Taput, Dorong Poktan Melek Teknologi Pasca Panen

BAGIKAN:
Ist|PelitaBatak
Bupati Tapanuli Utara Drs Nikson Nababan meninjau pelaksanaan gotongroyongmasyarakat Desa Bahal Batu I, II dan III. Foto : Ist|JurnalPemerintahan

Siborong-borong (Pelita Batak) :
Bupati Tapanuli Utara Drs. Nikson Nababan terus mendorong kelompom tani (Poktan), untuk melek dan mampu menerapkan teknologi dalam pertanian. Pemerintah kini telah menyediakan mesin pertanian (alsintan) untuk pembukaan lahan pertanian.

"Pemkab Taput telah menyediakan alat berat tanpa dipungut biaya untuk membuka lahan tidur bagi kelompok tani dan pemberian pupuk bayar pasca panen bagi kelompok tani serta kita juga sudah memulai IP2 dimana penanaman dan panen dengan menggunakan mesin," kata Nikson saat meninjau gotong royong masyarakat Desa Bahal Batu I, II dan III beberapa waktu lalu.

Ketua TP. PKK Ny. Satika Nikson Nababan Boru Simamora turut mendapingi Bupati. Pada kesempatan itu, Nikson juga mendengar aspirasi masyarakat didampingi Anggota Anggota DPRD Suhartono Sihombing, Asisten Pemerintahan dan Kesra Parsaoran Hutagalung bertempat di halaman Gereja HKBP Bahal Batu II, Siborong-borong.
 
Kesempatan itu dimanfaatkan Nikson merespon dan menjawab langsung permintaan para tokoh masyarakat dan para Kepala Desa. Permintaan terkait pembangunan gedung PAUD Bahal Batu II, proposal pembangunan beberapa gereja dan alat berat untuk membuka lahan pertanian.

"Pembukaan jalan interkoneksi dan pembangunan Bandara Silangit yang akan menjadi Bandara Internasional akan membuka peluang pertumbuhan ekonomi masyarakat, sedangkan di bidang Pendidikan Pemkab Taput menjamin tidak ada lagi generasi muda yang tidak tamat SMP," ujar Nikson.
 
Sementara itu, dijelaskannya, kondisi saat ini biaya pendidikan telah digratiskan, demikian juga Kesehatan masyarakat telah dijamin untuk berobat gratis dan akan diperjuangkan sampai seluruh keluarga kurang mampu bisa berobat gratis.

"Cita-cita saya Universitas Negeri harus berdiri di Taput sehingga dapat menunjang sektor lainnya. Saya mengharapkan peran serta masyarakat dalam mendukung pembangunan diantaranya memberikan lahan untuk dihibahkan kepada pemerintah. Mari membentuk pola pikir yang kreatif dan inovatif agar berguna untuk masyarakat kita," ujar Bupati Drs. Nikson Nababan mengakhiri sambutannya.
 
Sebelumnya Bupati Drs. Nikson Nababan bersama rombongan meninjau pembukaan jalan dari Desa Bahal Batu II menuju Parrongitan Desa Jambur Nauli Kec. Tarutung. Selanjutnya Drs. Nikson Nababan memberikan berbagai bantuan kepada masyarakat dan kelompok tani diantaranya pupuk organik cair, bibit tanaman, benih ikan, alat olah raga, kursi roda dan tongkat. Beberapa Organisasi Perangkat Daerah juga memberikan Pelayanan gratis seperti pelayanan kesehatan, KB, adm kependududukan, pelatihan pengolahan pakan ternak, pelatihan pembuatan bubur california. Turut hadir pada acara tersebut anggota DPRD, para Ka. Badan/Dinas/Bagian/BUMD, Camat/Uspika Siborong-borong.(TAp/hum)
 

  BeritaTerkait
  • Pemkab Galakkan Pertanian Tepat Sasaran di Hutaginjang Silando Kecamatan Muara

    4 tahun lalu

    Muara (Pelita Batak) :Bupati Tapanuli Utara Drs. Nikson Nababan didampingi Ketua DPRD Kabupaten Tapanuli Utara Ir. Ottoniyer Simanjuntak dan beberapa SKPD lakukan penanaman perdana kentang jenis Grafika.

  • Kejar Swasembada Beras, Gubernur Ikut Tanam Padi

    4 tahun lalu

    Simalungun (Pelita Batak) : Gubernur Sumatera Utara (Gubsu) H Tengku Erry Nuradi menanam padi di Kabupaten Simalungun dan Kabupaten Batubara secara serentak, Senin (06/02/2017). Gubsu mengajak se

  • Menjemput Asa Di Lahan Kering Bersama Tambang Emas Martabe

    tahun lalu

    BATANGTORU adalah salah satu Kecamatan dari 14 Kecamatan yang berada di Kabupaten Tapanuli Selatan. Kecamatan Batangtoru terdiri dari 19 Desa dan 4 Kelurahan dengan luas wilayah sebesar 35.149,43 Hekt

  • Mentan Optimis Sumut Kembali Lima Besar Produksi Padi

    4 tahun lalu

    Menteri Pertanian Andi Amran Sulaiman mendorong Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sumut untuk mengejar target produksi pertanian padi, jagung dan kedelai (Pajale) di tahun 2016. Dengan demikian, Sumut dapat kembali menempati urutan lima besar nasional sebagai

  • Jelang Bulan Puasa, Produksi Cabai Merah Tapanuli Utara Malah Menurun

    4 tahun lalu

    Tarutung (Pelita Batak):   Produksi cabai merah di Kabupaten Tapanuli Utara mulai mengalami penurunan akibat sejumlah faktor mendasar.   Menurut Kepala Badan Penyuluhan Pe

  •   komentar Pembaca
    Copyright © 2020 Pelita Batak Online. All Rights Reserved. Design by. heriweb