• Home
  • News
  • Pemkab Tapsel Tanam Pohon Peringati Hari Lingkungan Hidup Sedunia
KSP Makmur Mandiri
Sabtu, 05 Juni 2021 18:26:00

Pemkab Tapsel Tanam Pohon Peringati Hari Lingkungan Hidup Sedunia

BAGIKAN:
Saut Togi Ritonga | Pelita Batak
Pemkab Tapsel Tanam Pohon Peringati Hari Lingkungan Hidup Sedunia

Tapanuli Selatan (Pelita Batak) : 

Pemerintah Kabupaten Tapanuli Selatan  melalukan penanaman ribuan bibit pohon di Lingkungan IX Paraupan dan Binasari, Kelurahan Pardomuan, Kecamatan Angkola Selatan dalam rangka memperingati Hari Lingkungan Hidup Sedunia 5 Juni 2021.

Bupati Tapsel Dolly Pasaribu sangat mendukung aksi tanam pohon yang bertujuan menjaga ekosistem serta bangga inisiatif masyarakat yang konsisten menjaga lingkungannya."Kiranya kegiatan seperti ini bisa terus berlanjut serta tidak hanya sebatas menanam akan tetapi merawat dan menjaganya teemasuk anggota PPL pro aktif melakukan pengawasan bibit yang telah ditanam."ujarnya.

Sementara Kadis Pertanian Tapsel Bismark Maratua  mengatakan bibit pohon yang ditanam lebih 2 ribu batang seperti bibit durian unggul, montong, musang king, kani dan bawor, di kebun masyarakat masuk areal penggunaan lain (APL) yang berbatas langsung dengan hutan lindung Angkola Selatan.

"Kegiatan ini juga upaya melindungi hutan disamping mendukung pemberdayaan dan perekonomian masyarakat serta menambah daerah resapan air juga memperkaya habitat satwa," tambahnya. 

Kepala KPH X Padang Sidempuan, Kamaluzzaman Nasution berpesan kepada masyarakat agar dapat menjaga hutan dan tidak menebangi apalagi membakar. " KPH bersama Masyarakat Mitra Polhut (MMP) yang dibentuk di desa itu sama sama melakukan patroli hutan."ungkapnya.

Lebih jauh disampaikan bahwa kilas balik kesepakatan masyarakat kegiatan konservasi dan pemberdayaan masyarakat di Lingkungan IX Paraupan Napa dan Binasari sudah dimulai sejak 2016 silam.

Kepala Lingkungan IX Paraupan Napa, Erwin Nasution, menyambut baik kegiatan konservasi ini dengan harapan bibit-bibit durian yang ditanam di atas areal sekitar 20 hektare milik 48 anggota masyarakat bahkan yang sudah ditanam sebelumnya berdampak positif terhadap perekonomian masyarakat setempat.

Masyarakat lingkungan itu juga diungkapkan menerima kompensasi pembangunan dan dukungan material rumah kompos dari PT.ANJ Agri, pemasangan kamera perangkap memantau hutan oleh BKSDA Wilayah III Padang Sidempuan - KPH X Padang Sidempuan juga pelatihan meningkatkan pengetahuan tentang lingkungan.

Turut terlibat dalam kegiatan konservasi dan pemberdayaan masyarakat ini diantaranya Dinas Lingkungan Hidup, BPBD, Kelurahan Pardomuan, Conservation International Indonesia (CII) dan PT ANJ Agri Siais.(STR)

  BeritaTerkait
  • Hasil Gandum & Anggur Makmurkan Bangso Batak Seperti Dinikmati Bangso Yahudi, Eropa dan Amerika

    tahun lalu

    Oleh: Maruba SihalohoSelama di rumah sudah lebih dari sebulan karena wabah Covid19 yang kutonton adalah NHK TV dan YouTube mengenai kesempurnaan karya budaya tani, jenis dan rasa makanan  dan min

  • Gubsu : Menanam Pohon Upaya Mencegah Banjir Dan Longsor

    4 tahun lalu

    Serdang Bedagai (Pelita Batak) :Gubernur Sumatera Utara (Gubsu) Tengku Erry Nuradi mengajak masyarakat menjaga lingkungan masing-masing agar senantiasa asri, sejuk, nyaman, indah dan aman."Mari galakk

  • Warga Medan Harus Peduli dan Jaga Kelestarian Lingkungan

    5 tahun lalu

    "Menjaga kelestarian dan keseimbangan lingkungan, dibutuhkan peran serta seluruh masyarakat dan stakeholder pembangunan. Buanglah jauh-jauh anggapan bahwa pengelolaan lingkungan hidup adalah sebuah beban. Justru mari tumbuhkan menjadi suatu inisiatif

  • DPW KMDT Sukses Gelar “Gerakan Bersih Danau Toba”, Enni Pasaribu Ajak Warga Galakkan Kebersihan Lingkungan

    satu bulan lalu

    Medan (Pelita Batak):Mendukung pengembangan pariwisata kawasan Danau Toba yang dilakukan pemerintah, Dewan Pimpinan Wilayah Komite Masyarakat Danau Toba (DPW KMDT) Provinsi Sumut mengagendakan “

  • ASN Pemkab Tapsel Gelar Jalan Sehat dan Sepeda Santai

    4 tahun lalu

    Tapsel (Pelita Batak)  Memeriahkan peringatan Hari Jadi Kabupaten Tapanuli Selatan ke-67 digelar Perlombaan Jalan Sehat dan sepeda santai yang dimulai dari Kantor Badan Lingkungan Hidup Daer

  •   komentar Pembaca
    Copyright © 2021 Pelita Batak Online. All Rights Reserved. Design by. heriweb