• Home
  • News
  • Pemkab Tapsel Peringati Hari Pahlawan
KSP Makmur Mandiri
Sabtu, 11 November 2017 14:28:00

Pemkab Tapsel Peringati Hari Pahlawan

BAGIKAN:
Saut Ritonga
Hari Pahlawan di Tapsel

Tapsel (Pelita Batak) : Bertempat di halaman kantor Bupati Kabupaten Tapanuli Selatan, Dano Situmba Kilang Papan Sipirok di gelar upacara peringatan  hari pahlawan 10 November 2017.

Bupati H. Syahrul M Pasaribu,SH bertindak sebagai Inspektur Upacara (Irup) sedangkan Komandan Upacara dipimpin oleh Kapten Inf MM. Napitupulu.

Dalam amanat Menteri Sosial RI Khofifah Indar Parawangsa yang dibacakan oleh Bupati Tapsel H. Syahrul M Pasaribu,SH menyampaikan bahwa Peringatan Hari Pahlawan 10 Nopember 2017 mengambil tema "Perkokoh Persatuan Membangun Negeri".

"Semoga dengan tema tersebut kita dapat memberikan kekuatan jasmani dan rohani untuk terus mengemban misi perjuangan dalam mewujudkan kehidupan bangsa yang merdeka, bersatu, berdaulat, adil dan makmur," ujarnya.

Lebih lanjut, Bupati mengatakan Peringatan Hari Pahlawan merupakan agenda Nasional yang diperingati setiap tanggal 10 Nopember, Bangsa Indonesia memperingati hari pahlawan sebagai momen reflektif untuk memberi makna atas pengorbanan para pahlawan kusuma bangsa, dengan menyalakan jiwa kepahlawanan dalam perjuangan mengisi kemerdekaan. 

Peringatan tersebut didasari pada peristiwa pertempuran 10 Nopember 1945 di Surabaya, sebagai pertempuran pertama dan terbesar antara pasukan Indonesia dengan pasukan asing dengan memakan korban jiwa yang sangat besar.

Diingatkan, bahwa Bung Karno juga pernah menegaskan bahwa bangsa yang besar adalah bangsa yang menghormati jasa pahlawannya. 

Kalimat singkat dari Bung Karno ini memiliki makna yang sangat mendalam bagi kita semua, tanpa pengorbanan dan perjuangan para pahlawan tidak akan ada gagasan besar untuk mendirikan sebuah negara yang bernama Republik Indonesia.

Dalam kerangka mewujudkan visi tersebut telah dirumuskan sembilan agenda prioritas pemerintahan ke depan yg disebut Nawacita. 

"Kesembilan agenda prioritas itu bisa dikategorisasikan ke dalam tiga ranah yaitu ranah mental-kultural, ranah material (ekonomi) dan ranah politik. Pada ketiga ranah tersebut, Pemerintah saat ini berusaha melakukan berbagai perubahan secara akseleratif, berlandaskan prinsip-prinsip Pancasila dan UUD RI 1945," ungkapnya.

Pada kesempatan yang baik itu bupati juga mengajak kepada seluruh lapisan masyarakat untuk terus berjuang, bekerja, berkarya menjadi pahlawan bagi diri sendiri, pahlawan bagi lingkungan, pahlawan bagi masyarakat maupun pahlawan bagi negeri ini, imbuhnya.

Usai upacara bendera, Bupati dan Fokopimda Tapanuli Selatan melakukan ziarah sekaligus tabur bunga ke Taman Makam Pahlawan Sahala Muda Pakpahan, di lembah bukit Tor Simagomago, Sipirok.(Saut Togi Ritonga)

  BeritaTerkait
  • Pemkab Tapsel Intensif Peringati Hari Besar Keagamaan

    4 tahun lalu

    Tapsel (Pelita Batak) : Sejak delapan tahun ke belakang Pemkab Tapsel sudah tetap intens dalam memperingati hari-hari kebesaran agama Islam.Hal itu diungkapkan Bupati Tapanuli Selatan H Syahrul M Pasa

  • Wakil Bupati Tapsel Pimpin Upacara Hari Kesaktian Pancasila

    3 tahun lalu

    Tapsel ( Pelita Batak) : Pemerintah Kabupaten Tapanuli Selatan menggelar upacara memperingati Hari Kesaktian Pancasila 1 Oktober 2017, di lapangan halaman kantor Bupati, Dano Situmba - Sipirok, Minggu

  • Pemkab Tapsel Gelar Upacara Hari Jadi Kabupaten Tapanuli Selatan Ke 67

    3 tahun lalu

    Tapsel (Pelita Batak) : Puncak peringatan hari jadi kabupaten Tapanuli Selatan ke 67 digelar dengan upacara yang berlangsung di halaman Kantor Bupati Dano Situmba Kilang Papan Sipirok, Jumat, 24

  • Peringati Hari Pahlawan Nasional ke-75, Pemkab Taput Gelar Upacara di Lapangan Tangsi

    4 bulan lalu

    Taput (Pelita Batak):Pelaksanaan Upacara Peringatan Hari Pahlawan ke-75 Tahun 2020 Kabupaten Tapanuli  Utara dilaksanakan secara hikmat dan sederhana serta dengan berbagai pembatasan sesuai 

  • Pemkab Tapsel Terima 1368 Buku Donasi MD KAHMI Medan

    4 minggu lalu

    Tapanuli Selatan (Pelita Batak) :Bupati Tapanuli Selatan (Tapsel) Syahrul M Pasaribu yang di wakili Sekretaris Daerah Parulian Nasution menerima donasi buku yang di berikan Majelis Daerah Korps Alumni

  •   komentar Pembaca
    Copyright © 2021 Pelita Batak Online. All Rights Reserved. Design by. heriweb