• Home
  • News
  • Pemkab Tapsel OptimisRaih Predikat Kabupaten Layak Anak
KSP Makmur Mandiri
Kamis, 10 Juni 2021 22:47:00

Pemkab Tapsel OptimisRaih Predikat Kabupaten Layak Anak

BAGIKAN:
Saut Togi Ritonga | Pelita Batak
Pemkab Tapsel OptimisRaih Predikat Kabupaten Layak Anak

Tapanuli Selatan (Pelita Batak) :

Bupati Tapanuli Selatan H Dolly Pasaribu, SPt MM, mengapresiasi Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Republik Indonesia, yang telah menetapkan Kabupaten Tapsel sebagai nominator ataupun penerima dari penghargaan Kabupaten Layak Anak (KLA) tahun 2021. 

“Meskipun masih nominator, saya merasa bangga dan terharu."Ujar Bupati disela pelaksanaan verifikasi lapangan hybrid (VLH) evaluasi KLA tahun 2021 secara virtual di Aula Sarasi, Lantai III, Kantor Bupati Tapsel, Rabu 9 Juni 2021.

Dolly mengaku memiliki tekad kuat dan didukung upaya yang baik untuk meraih KLA itu. " Upaya kita lakukan dalam rangka pemenuhan kriteria agar Tapanuli Selatan lolos verifikasi tersebut," pungkasnya.

Sesuai amanat UU No.35/2014, Kabupaten Tapsel berkewajiban dalam mengupayakan dan bertanggungjawab melaksanakan serta mendukung kebijakan nasional dalam hal penyelenggaraan perlindungan anak lewat KLA. Secara pribadi, Bupati mengaku miliki tanggungjawab moral terhadap anak-anak di Kabupaten Tapsel.

“Anak anak di Tapsel ini seperti anak anak saya. Keluarga saya terdiri remaja, balita bahkan batita. Ketika saya mendukung gerakan ini, sekaligus belajar untuk diaplikasikan ke keluarga saya pribadi.” imbuhnya.

Sebagai wujud komitmen terhadap amanat UU No.35/2014 tersebut, Bupati juga telah mengintegrasikannya dalam rencana pembangunan jangka menengah daerah (RPJMD). Kabupaten Tapsel merupakan bagian 5 klaster/kelompok pemenuhan hak anak serta 1 klaster kelembagaan yang menjadi bagian dari 24 indikator KLA. 

Komitmen bersinergi dalam KLA itu, kata Bupati, juga didukung pemerintah atasan melalui kesepakatan bersama antara Pemprov Sumut dan Kabupaten Tapsel ataupun kabupaten/kota lain yang tertuang dalam keputusan No : 415.4/8055/2019 dan No : 199/4746/2019 tentang pelaksanaan pengarusutamaan hak anak (PUHA) dalam mewujudkan Kabupaten Layak Anak (KLA) di Provinsi Sumut.

“Dan telah kami tindaklanjuti pula, melalui MoU atau dokumen yang kami sepakati bersama para Camat se-Kabupaten Tapsel, juga Camat terhadap aparat desa dan kelurahannya,” terangnya.

Bupati menyebut, pelaksanaan VLH adalah kegiatan tahap ketiga dari evaluasi KLA tahun 2021. Nantinya, hasil evaluasi itu akan dijadikan masukan dan harapannya bisa meningkatkan komitmen dan kinerja Pemkab Tapsel dalam menyelenggarakan perlindungan anak. 

Jika dilihat dari 24 indikator penerima KLA, di Kabupaten Tapsel saat ini telah alami kenaikan yang signifikan di antaranya ada peningkatan kepemilikan akte kelahiran, keberadaan sekolah, puskesmas, rumah ibadah, dan ruang bermain yang ramah anak. Kemudian, di Kabupaten Tapsel juga sudah terbentuk forum anak kabupaten, kecamatan dan desa/kelurahan.

“Lalu dibentuk juga perlindungan anak terpadu berbasis masyarakat (PATBM). Selanjutnya telah dibangun perpustakaan pusat pembelajaran keluarga (Puspaga) di seluruh kecamatan atau desa/kelurahan layak anak,” paparnya.

Semua capaian itu, tidak akan membuat Pemkab Tapsel berhenti dalam wujudkan penghargaan KLA. Justru pihaknya semakin termotivasi tingkatkan kinerja penyelenggaraan perlindungan anak di Kabupaten Tapsel. Namun, Bupati mengaku bahwa pihaknya tetap perlu masukan atau saran agar semua bisa terwujud.

“Dengan dukungan semangat sinergisme ini, semangat kesatuan ini, saya yakin mengantarkan anak-anak Tapsel lebih maju, berpikiran unggul dan berbasis sumber daya manusia membangun yang sehat, cerdas, sejahtera, dan berkualitas sesuai visi dan misi Tapanuli Selatan,” tandasnya. 

Pelaksanaan verifikasi lapangan hybrid (VLH) evaluasi KLA tahun 2021 secara virtual, diikuti Sekretaris Deputi Perlindungan Anak, mewakili Bappenas dan dihadiri tim verifikator evaluasi KLA 2021, tim verifikator Provsu, anggota DPRD Tapsel, BNNK Tapsel, Kemenag Tapsel, unsur Forkopimda, Ketua TP PKK Kab. Tapsel Ny. Rosalina Dolly Pasaribu, para pimpinan OPD, Camat se-Tapsel, Forum Anak Kabupaten Tapsel, kades/lurah, kepsek, pelaku usaha dan pihak perusahaan.(STR)

  BeritaTerkait
  • Forum Anak Kecamatan Se Tapsel Digelar

    4 tahun lalu

    Tapsel (Pelita Batak) : Forum anak merupakan wadah partisipasi anak dalam pembangunan Forum anak sendiri dibentuk untuk menjembatani anak-anak dengan pemerintah. Karena itu peran forum anak sangatlah

  • Dua Priode Bupati Syahrul M Pasaribu, Luat Harangan Tapsel Masih "Harangan"

    2 tahun lalu

    Tapanuli Selatan (Pelita Batak) : Pembangunan perkantoran Pemerintah Kabupaten Tapanuli Selatan di Kecamatan Sipirok, dari gedung kantor yang megah, pembuatan taman yang habiskan dana bermilyar milya

  • YSKI dan Pengurus Kebaktian Wanita Debora Kunjungi Korban Banjir Aceh Tenggara

    4 tahun lalu

    Agara (Pelita Batak) : Banjir bandang yang menimpa warga di Kabupaten Aceh Tenggara, Provinsi Aceh pada Selasa sore, 11 April 2017 lalu menyisakan beban bagi warga. Bencana yang disebut sebagai

  • Dinilai Berprestasi, Dokter Makson Purba Terima Penghargaan

    3 tahun lalu

    Jakarta(Pelita Batak): Dinilai berprestasi, dr. Makson Parulian Purba, MARS, Direktur Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Sekayu, Musi Banyuasin (Muba), Sumatera Selatan terima penghargaan.Dalam kepemimpin

  • Bekerja Sama dengan YSKI, N4J Serahkan Bantuan untuk Korban Bencana Madina

    3 tahun lalu

    Panyabungan (Pelita Batak):Ketua Umum Nusantara Untuk Jokowi (N4J) Dr RE Nainggolan MM memimpin langsung rombongan bersama Yayasan Surya Kebenaran Internasional (YSKI) menyerahkan bantuan kepada masya

  •   komentar Pembaca
    Copyright © 2021 Pelita Batak Online. All Rights Reserved. Design by. heriweb