• Home
  • News
  • Pemkab Tapsel Gelar Upacara Hari Sumpah Pemuda
KSP Makmur Mandiri
Minggu, 29 Oktober 2017 07:04:00

Pemkab Tapsel Gelar Upacara Hari Sumpah Pemuda

BAGIKAN:
Saut Ritonga
Peringatan Hari Sumpah Pemuda
Tapsel (Pelita Batak) : Pemerintah Kabupaten Tapanuli Selatan (Tapsel), Sumatera Utara (Sumut) menggelar upacara peringatan Hari Sumpah Pemuda di pertapakan kantor Bupati Tapsel, Desa Dano Situmba, Sipirok, Sabtu (28/10/2017).

Sambutan Menteri Pemuda dan Olahraga yang dibacakan Bupati Tapsel Syahrul M Pasaribu mengajak seluruh masyarakat untuk meningkatkan rasa persatuan dan kesatuannya. 

Dalam amanatnya, Menpora mengatakan, seorang Muhammad Yamin dari Sawah Lunto, Sumatera Barat, bertemu dengan Johannes Leimena dari Ambon dan juga mengungkapkan, seorang Katjasungkana dari Madura, dapat bertemu dengan Lefran Senduk dari Sulawesi untuk berdiskusi, bertukar pikiran, mematangkan gagasan hingga akhirnya mengingat diri dalam komitmen ke Indonesiaan.

"Padahal jarak antara Sawah Lunto dengan Kota Ambon lebih dari 4.000 kilometer atau setara dengan Kota Jakarta dan Sanghai di China," ungkap Syahrul. 

Lebih lanjut dia mengatakan, saat itu sarana transportasi masih menghandalkan laut dan dibutuhkan waktu berminggu-minggu untuk sampai ke kota tujuan. 

Selain itu, alat komunikasi masih terbatas dan menghandalkan korespondensi melalui Kantor Pos.

Syahrul menegaskan, Muhammad Yamin beragama Islam dan berbahasa Melayu, sedangkan Johannes Leimena beragama Protestan dan berbahasa Ambon.

"Tapi perbedaan itu tidak menjadi halangan dan jarak bagi para pemuda untuk bersatu demi cita-cita besar Indonesia yang disebut dengan berani bersatu," tuturnya.

Pada kesempatan itu, Bupati mengajak kepada seluruh masyarakat untuk meningkatkan rasa persatuan, sehingga cita-cita pembangunan dapat secepatnya tercapai.

Hadir pada saat peringatan Hari Sumpah Pemuda, Ketua DPRD Tapsel Rahmat Nasution, Dandim 0212/TS Letkol Arm Azhari, Kapolres Tapsel AKBP M Iqbal, Ketua PN Padangsidimpuan Julius Panjaitan, Wakil Bupati Tapsel, Aswin Efendi Siregar, Sekda Tapsel, Parulian Nasution, OPD Lingkungan Pemkab Tapsel dan sejumlah organisasi kepemudaan. (Saut Togi Ritonga)

  BeritaTerkait
  • Pemkab Tapsel Ajak Masyarakat Gelorakan Gerakan Ayo Berolah Raga

    4 tahun lalu

    Tapsel (Pelita Batak) : Masyarakat di Kabupaten Tapanuli Selatan (Tapsel), harus ikut mendukung program nasional atau menggelorakan "ayo olah raga". Sebab, dengan berolah-raga maka semangat cinta

  • Wakil Bupati Tapsel Pimpin Upacara Hari Kesaktian Pancasila

    3 tahun lalu

    Tapsel ( Pelita Batak) : Pemerintah Kabupaten Tapanuli Selatan menggelar upacara memperingati Hari Kesaktian Pancasila 1 Oktober 2017, di lapangan halaman kantor Bupati, Dano Situmba - Sipirok, Minggu

  • Pemkab Tapsel Peringati Hari Pahlawan

    3 tahun lalu

    Tapsel (Pelita Batak) : Bertempat di halaman kantor Bupati Kabupaten Tapanuli Selatan, Dano Situmba Kilang Papan Sipirok di gelar upacara peringatan  hari pahlawan 10 November 2017. Bupati H. Sy

  • Memeriahkan HUT Ke 67, Pemkab Tapsel Gelar Perlombaan

    3 tahun lalu

    Tapsel (Pelita Batak) : Dalam rangka memperingati dan memeriahkan Hari Ulang Tahun Ke 67, Pemerintah Kabupaten Tapanuli Selatan menggelar sejumlah perlombaan. Pada Sabtu 18 November 2017 bertempat di

  • Pemkab Tapsel Gelar Upacara Hari Jadi Kabupaten Tapanuli Selatan Ke 67

    3 tahun lalu

    Tapsel (Pelita Batak) : Puncak peringatan hari jadi kabupaten Tapanuli Selatan ke 67 digelar dengan upacara yang berlangsung di halaman Kantor Bupati Dano Situmba Kilang Papan Sipirok, Jumat, 24

  •   komentar Pembaca
    Copyright © 2021 Pelita Batak Online. All Rights Reserved. Design by. heriweb