• Home
  • News
  • Pemerintah Targetkan 30 Juta Pelaku UMKM Tergabung dalam Ekosistem Digital pada 2030
KSP Makmur Mandiri
Kamis, 10 Juni 2021 23:37:00

Pemerintah Targetkan 30 Juta Pelaku UMKM Tergabung dalam Ekosistem Digital pada 2030

BAGIKAN:
Ist|pelitabatak
Pemerintah Targetkan 30 Juta Pelaku UMKM Tergabung dalam Ekosistem Digital pada 2030

Jakarta (Pelita Batak):

Presiden Joko Widodo dalam rapat terbatas yang digelar pada Kamis, 10 Juni 2021, menginstruksikan percepatan digitalisasi usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) mengingat potensi ekonomi digital Indonesia yang amat besar.

Menteri Koperasi dan UKM, Teten Masduki, dalam keterangannya di Kantor Presiden, Jakarta, Kamis, 10 Januari 2021, menjelaskan bahwa berdasarkan data dari Indonesian E-Commerce Association (idEA) terdapat 13,7 juta pelaku UMKM Indonesia yang sudah tergabung ke dalam ekosistem digital hingga Mei 2021.

"Saat ini, kalau berdasarkan data dari Asosiasi E-commerce Indonesia (idEA) per Mei 2021 itu sudah mencapai 13,7 juta pelaku UMKM yang sudah _onboarding_ di ekosistem digital atau sekitar 21 persen," ujarnya selepas mengikuti rapat terbatas yang dipimpin langsung oleh Presiden Joko Widodo.

Pemerintah telah menargetkan agar pada tahun 2024 mendatang, jumlah pelaku UMKM yang tergabung ke dalam ekosistem digital dapat meningkat pesat hingga 30 juta pelaku. Strategi yang tepat tentunya sangat dibutuhkan untuk mewujudkan target tersebut.

"Harus ada strategi proaktif jemput bola untuk melakukan pendampingan, kurasi produk, SDM-nya, pembiayaan, sampai mereka bisa _onboarding_ di _e-commerce_," kata Teten.

Selain itu, Teten mengungkap bahwa nantinya akan dibentuk program _project management officer_ (PMO) lintas sektoral atau lintas kementerian yang nantinya akan mengonsolidasikan proses digitalisasi tersebut.(Biro Pers, Media, dan Informasi Sekretariat Presiden)

  BeritaTerkait
  • Menteri Perindustrian RI Kunjungi dan Kuliah Umum di UHN Medan

    3 tahun lalu

    Medan (Pelita Batak):Rektor UHN Medan Dr. Ir. Sabam Malau mengucapkan terima kasih kepada Menteri Perindustrian RI Ir. Airlangga Hartarto, MBA yang telah meluangkan waktunya memberikan kuliah umum di

  • Standarisasi QRIS Optimis Dorong Pertumbuhan Ekonomi Sumatera Utara

    tahun lalu

    OttoPay Dukung Himbauan Gubernur Sumatera Utara untuk Menerapkan Transaksi Digital

  • Presiden: ASEAN Harus Tumbuh Jadi Kekuatan Besar Ekonomi Digital

    7 bulan lalu

    Jakarta (Pelita Batak):Pandemi Covid-19 memang memberikan dampak hebat bagi perekonomian dunia di mana semua negara tanpa terkecuali menghadapi pertumbuhan ekonomi negatif. Di ASEAN, lebih dari 30 jut

  • Presiden: Sistem Pencegahan Kunci Utama Pemberantasan Korupsi

    6 bulan lalu

    Jakarta (Pelita Batak):Mengembangkan budaya antikorupsi dan menumbuhkan rasa malu menikmati hasil korupsi merupakan hulu yang penting dalam pencegahan tindak pidana korupsi. Pendidikan antikorupsi har

  • Kadisdik, Ilyas : PKW Mendidik dan Mencetak Wirausaha Muda

    6 bulan lalu

    Batu Bara (Pelita Batak):Program Kewirausahaan Pemuda, akan  menciptakan pemuda terampil, berkarakter, berjiwa wirausaha, mandiri dan punya berdaya saing. Hal tersebut di katakan Bupati Batu

  •   komentar Pembaca
    Copyright © 2021 Pelita Batak Online. All Rights Reserved. Design by. heriweb