• Home
  • News
  • Pemerintah Tapsel Akan Koordinasi Terkait PETI
KSP Makmur Mandiri
Senin, 22 Februari 2021 22:32:00

Pemerintah Tapsel Akan Koordinasi Terkait PETI

BAGIKAN:
Saut Togi Ritonga | Pelita Batak
Pemerintah Tapsel Akan Koordinasi Terkait PETI
Tapanuli Selatan (Pelita Batak) :
Adanya temuan aktivitas penambangan emas diduga liar di kecamatan Angkola Selatan dipantau langsung Bupati Tapanuli Selatan Syahrul Pasaribu di hari terakhir masa jabatannya bakal berbuntut panjang.

Pasalnya, masalah ini akan menjadi PR buat Bupati Tapanuli Selatan yang baru apakah ini berhasil di hentikan atau justru sebaliknya terbiar begitu saja.

Kepala Dinas Penanaman Modal Perizinan Terpadu Satu Pintu (PMPTSP) Sofyan Adil mewacanakan rencana awal berkordinasi dengan pemerintah atasan terkait tambang-tambang diduga liar marak di Tapsel. "Jumlah pastinya belum kami ketahui berapa titik yang ada," ujar Sofyan Adil kepada wartawan, Senin 22 Februari 2021.

Dikatakan bahwa temuan ini baru diketahuinya setelah bersama Bupati Tapanuli Selatan Syahrul Pasaribu melakukan peninjauan lewat udara dengan menggunakan helikopter PT. Agincourt Resource Tambang Emas Martabe pada 17 Februari 2021 bertepatan hari terakhir Syahrul Pasaribu menjadi bupati Tapanuli Selatan.

"Saya pribadi mengetahui keberadaan tersebut setelah peninjauan bersama pak bupati yang difasilitasi PT.AR karena keberadaan Penambangan Emas Tanpa Izin (PETI)/Tambang Liar tersebut di dalam wilayah kontrak karya PT.AR," kata Sofyan Adil.

Dia juga mengakui bahwa sejauh ini pemerintah Kabupaten Tapanuli Selatan tidak mengetahui bahwa ada sejumlah titik kegiatan penambangan emas yang sama sekali daerah tidak ada mengeluarkan izin terkait.

"Pengurusan izin pertambangan itu kewenangan provinsi namun setelah UU No.3 tahun 2020 menjadi kewenangan pemerintah pusat," ujar Adil.

Keberadaan PETI ini disebut menjadi ancaman bagi lingkungan.(STR)
  BeritaTerkait
  • Gubernur Sumut: Jaminan Keamanan Dan Ketersediaan Sembako, Listrik, BBM Cukup

    4 tahun lalu

    Medan (Pelita Batak) :Gubernur Sumatera Utara (Gubsu) HT Erry Nuradi menyebutkan seluruh komponen masyarakat Sumatera Utara sangat menginginkan kondisi daerahnya senantiasa kondusif, aman dan terkendali.

  • Gubernur Terima Penghargaan Tertinggi dari Menteri Keuangan

    3 tahun lalu

    Medan (Pelita Batak):Gubernur Sumatera Utara (Gubsu) Tengku Erry Nuradi menerima penghargaan tertinggi dari Menteri Keuangan (Menkeu) RI Sri Mulyani. Penghargaan ini diberikan Menkeu melalui Kepala Ka

  • Terciduk Di FB, Diduga Bupati Tapsel Dampingi Cabub Tapsel No 2 Ikuti Pertemuan Dengan Warga

    4 bulan lalu

    Padangsidimpuan (Pelita Batak) :Beredar foto di media sosial (facebook) yang diduga Bupati Tapanuli Selatan (Tapsel) Syahrul M Pasaribu mengikuti tatap muka Calon Bupati Tapsel Nomor urut 2  deng

  • Hindari Konflik, Bupati Tapsel Tinjau Tapal Batas Dengan Taput Dan Paluta

    2 minggu lalu

    Tapanuli Selatan (Pelita Batak) :Bupati Tapsel Syahrul M Pasaribu, beserta rombongan meninjau tapal batas antara Kabupaten Tapanuli Selatan (Tapsel) dengan Kabupaten Tapanuli Utara (Taput) dan Kabupat

  • Mentan Optimis Sumut Kembali Lima Besar Produksi Padi

    5 tahun lalu

    Menteri Pertanian Andi Amran Sulaiman mendorong Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sumut untuk mengejar target produksi pertanian padi, jagung dan kedelai (Pajale) di tahun 2016. Dengan demikian, Sumut dapat kembali menempati urutan lima besar nasional sebagai

  •   komentar Pembaca
    Copyright © 2021 Pelita Batak Online. All Rights Reserved. Design by. heriweb