• Home
  • News
  • Pembukaan Pemberdayaan Masyarakat Desa dan Natal GMKI WILAYAH I resmi dilaksanakan di Humbahas
KSP Makmur Mandiri
Sabtu, 16 Desember 2017 13:08:00

Pembukaan Pemberdayaan Masyarakat Desa dan Natal GMKI WILAYAH I resmi dilaksanakan di Humbahas

BAGIKAN:
ist|Pelitabatak
Foto bersama dengan bupati Humbahas
Humbahas (Pelita Batak):
Ketua Umum PP GMKI Sahat MP Sinurat "Kesenjangan sosial dan ekonomi di Indonesia yang masih tinggi, terkhusus antara masyarakat kota dan desa, mengharuskan GMKI untuk mengambil posisi dengan keberpihakannya kepada 'si miskin' dengan hadir di tengah rakyat, terkhusus masyarakat desa. Masih banyaknya rakyat miskin di Indonesia, terkhusus di kawasan pedesaan mengindikasikan banyaknya tugas rumah yang harus segera dituntaskan".

Secara khusus dalam Natal 2017, GMKI menyoroti pembangunan di desa-desa tertinggal yang jumlahnya saat ini mencapai angka 63,82% dari 74.910 desa yang telah terverifikasi. Sebanyak 82% masyarakat desa masih hidup dari sektor pertanian, di dalamnya ada peternakan dan perikanan. Masyarakat desa hidup dengan hubungan yang kuat dengan alam, akan tetapi masih banyak terjadi penyerobotan hak yang dilakukan oleh "yang kuat" (powerfull) terhadap masyarakat desa yang lemah (powerless), beberapa kejadian, penyerobotan dilakukan dengan kekerasan dan didukung oleh negara melalui aparaturnya. Negara bukannya melindungi, malah turut memerangi rakyatnya. Kekerasan, ketidakadilan, dan diskiriminasi dihadapi oleh masyarakat desa, yang sebagian besar masih konsisten menjaga keutuhan budaya dan lingkungan, ucapnya.

Dalam kata sambutan Swangro Lumbanbatu selaku Koordinator Wilayah I PP GMKI mengatakan,  Bahwa GMKI harus juga menunjukkan sikapnya. GMKI menolak segala tindakan negara ataupun berbagai pihak lainnya yang melakukan ketidakadilan, diskriminasi, dan kekerasan terhadap masyarakat desa. Dari desa kita harus menunjukkan daya saing. Dari desa kita akan merasakan keadilan. Dari desa kita akan menikmati kesejahteraan. Dan dari desa kita akan mengalami perdamaian dan kemerdekaan yang hakiki. Dari desa kita menjadi manusia seutuhnya. 
Menjadi mahasiswa dan pemuda yang berperan bagi keberlanjutan desa.

Swangro Lumbanbatu, GMKI selama momen Natal harus menjalin komunikasi dengan masyarakat desa dan melakukan advokasi apabila terdapat persoalan yang dihadapi oleh masyarakat desa. GMKI harus berdiri bersama dengan masyarakat desa, sehingga desa dapat mengalami pembebasan, berdaulat, mengalami perdamaian dan kesejahteraan.

Ketua panitia PMD dan Natal GMKI, Rahmat P Marbun mengatakan bahwa PMD ini akan berjalan selama seminggu (11-16 Desember 2017) dan akan dilkukan beberapa metode kegiatan mengadvokasi masyarakat serta melakukan penyulusan. Diantara nya motode kegiatan penyuluhan kesehatan,  penyuluhan pendidikan, penyuluhan pertanian, dialog kebangsaan, kewirausahaan, pariwisata serta penaburan benih ikan dan penanaman pohon.  Puncaknya akan kita laksanaka Natal. 
Kegiatan ini juga dihadiri dari cabang se wilayah 1.

Dosmar banjarnahor bupati humbahas dalam sambutannya 
Bahwa pemuda harus berperan dan kreatif dalam mengembangkan potensi daerah, apalagi bandara silangit sudah menjadi bandara internasional sehingga akan lebih banyak wisataan berkunjung danautoba ini menjadi pasar bagi produkproduk dari hasil pertanian humbang hasundutan. 
Kami mendukung dan mengapresiasi program yang dilakukan oleh gmki. Harapannya GMKI tetap terdepan dalam memberi masukan pembangunan bagi masyarakat dan pemerintah. 

Pembukaan ini juga dihadiri dari beberapa  cabang GMKI yang ada di wilayah Sunatera utara.  Diantaranya cabang sibolga,  medan,  tarutung, sidikalang,  telukdalam,  rantauprapat, padangaidimpuan.(*)
  BeritaTerkait
  • Pemberdayaan Masyarakat Desa (PMD) dan Natal GMKI WILAYAH I dilaksanakan di Humbang Hasundutan

    3 tahun lalu

    Humbahas (Pelita Batak):GMKI Wilayah I NAD-SUMUT melaksanakan audiensi dengan Bupati Humbang Hasundutan. Audiensi yang dilaksanakan pada tanggal 28 November 2017 di Bukit Inspirasi, Humbang Hsundutan

  • Natal GMKI Wilayah I Dipusatkan di Humbang Hasundutan

    3 tahun lalu

    Jakarta(Pelita Batak): Dari hasil audiensi GMKI Wilayah I NAD-SUMUT  dengan Bupati Humbang Hasundutan tanggal 28 November 2017 lalu di Bukit Inspirasi, Humbang Hasundutan diputuskan perayaan Nata

  • Ribuan Masyarakat Hadiri Syukuran Tahun Baru 2018 di Bukit Inspirasi Doloksanggul

    3 tahun lalu

    Doloksanggul (Pelita Batak): Ribuan masyarakat dari berbagai elemen hadiri acara syukuran tahun baru 2018 yang dilaksanakan di Perkantoran Bupati Humbahas Bukit Inspirasi Doloksanggul, Jumat 12 Januar

  • Gubernur Sarankan IPHI Kembangkan Potensi Ekonomi Berbasis Syariah

    4 tahun lalu

    Medan (Pelita Batak) : Gubernur Sumatera Utara (Gubsu) Tengku Erry Nuradi menyebutkan, peran Ikatan Persaudaraan Haji Indonesia (IPHI) untuk membangun kekuatan ekonomi dan pemberdayaan ekonomi um

  • Pangdam I Bukit Barisan, Mayjen Cucu Soemantri Terima Audiensi GMKI Wilayah I NAD-SUMUT

    3 tahun lalu

    Medan (Pelita Batak):Pangdam I Bukit Barisan, Mayjen Cucu Soemantri menerima rombongan GMKI Wilayah I NAD-Sumut, Kamis (21/12/2017). Pertemuan yang merupakan rangkaian silaturahmi ini berlangsung deng

  •   komentar Pembaca
    Copyright © 2020 Pelita Batak Online. All Rights Reserved. Design by. heriweb