• Home
  • News
  • Pasca OTT KPK, Seleksi Pengganti Hakim MK akan Lebih Ketat
KSP Makmur Mandiri
Sabtu, 28 Januari 2017 12:28:00

Pasca OTT KPK, Seleksi Pengganti Hakim MK akan Lebih Ketat

BAGIKAN:
Humas/Jay
Seskab Pramono Anung menjawab pertanyaan wartawan usai menjadi pembicara di Diskusi Nasional Kerukunan Nasional dan Tantangan Kebangsaan, di Jakarta, Jumat (27/1).

Jakarta (Pelita Batak) :
Sekretaris Kabinet (Seskab) Pramono Anung mengemukakan, Operasi Tangkap Tangan (OTT) Hakim Mahkamah Konstitusi (MK) Patrialis Akbar oleh Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Rabu (25/1) lalu, seperti diungkapkan Presiden Joko Widodo, telah mengecewakan semua yang ada di negeri ini.

Tetapi yang tidak kalah pentingnya, menurut Seskab, adalah untuk segera terus bekerja, terutama karena Ketua MK telah mengirimkan surat agar segera mengirimkan nama penggantinya.

Tetapi yang paling penting, menurut Seskab, ini adalah pembelajaran yang luar biasa bagi bangsa Indonesia ketika 2 Hakim MK yang harus menjadi penjaga konstitusi malah terlibat kasus tindak pidana korupsi.

"Ini sangat disayangkan sekali. Sehingga dengan demikian, untuk ke depan maka proses rekrutmennya (Hakim MK) seyogyanya dilakukan lebih baik. Karena bagaimana pun mungkin rekrutmen ini menjadi penting," kata Pramono usai menjadi Keynote Speaker dalam acara Diskusi Kerukunan Nasional dan Tantangan Kebangsaan di Pempekita, Tebet, Jakarta (27/1/2017).

Pembelajaran berharga yang dimaksud Seskab adalah karena 2 Hakim MK yang pernah terkena OTT berlatar belakang politisi seperti dirinya juga.

"Saya tidak mendikotomikan politisi tetapi sekali lagi bahwa track record seseorang untuk melihat kemampuannya menjadi pentingnya untuk diperhatikan," ujar Pramono.

Diakui Seskab, jika dalam peraturan perundang-undangnya politisi diperbolehkan, tetapi prosesnya itu harus orang yang tidak punya cacat sedikitpun atau kondisi yang tidak baik dalam latar belakangnya. Sehingga dengan demikian kredibilitas, integritas, selain kemampuan intelektualitas menjadi penting.

Saat ditanya mengenai kemungkinan pembentukan tim independen untuk menyeleksi calon pengganti Hakim MK yang terkena OTT KPK, Seskab Pramono Anung mengatakan, jika nanti secara resmi surat dari MK sudah diterima oleh Presiden, tentunya pemerintah akan segera membentuk tim untuk menyeleksi calon hakim MK yang baru.

Menanggapi pertanyaan wartawan apakah seleksinya akan diperketat, Pramono Anung menjawab hal tersebut akan dilakukan agar kejadian ini tidak terulang lagi.

"Ya (akan diperketat), supaya tidak terulang kembali," tegas Pramono. (TAp/Setkab)

  BeritaTerkait
  • Urgensi Partisipasi elemen Organisasi Sosial dan Politik dalam Demokrasi

    2 tahun lalu

    A. PendahuluanManusia hidup dengan membangun peradaban dunia agar ia mampu mempertahankan kehidupannya di muka Bumi ini. Cara mempertahankan manusia tersebut berbeda-beda tergantung tingkat pemahaman

  • Russel Butarbutar, SH, ST, MH, MM : Penerbitan Sertifikat HPL BPODT Abaikan Prosedur dan Salah Objek

    7 bulan lalu

    Medan (Pelita Batak):Pasca dilaksanakannya pemeriksaan lapangan terkait sengketa lahan di zona pariwisata Kaldera Danau Toba antara masyarakat dari Keturunan Ompu Ondol Butarbutar Sigapiton selaku pen

  • Jargon Minoritas-Mayoritas Keagamaan Belum Hilang

    4 tahun lalu

    Jakarta (Pelita Batak) : Ketua Umum Dewan Pimpinan Pusat Persatuan Inteligensia Kristen Indonesia (PIKI) Masa Bakti 2015 – 2020, Baktinendra Prawiro,MSc,MH mengatakan persoalan politik di I

  • Osman Manalu Dilantik Bersama 11 Direksi BUMD Pemko Medan

    4 tahun lalu

    Medan (Pelita Batak) :Setelah sempat tertunda, Wali Kota Medan, Drs H T Dzulmi Eldin S MSi akhirnya melantik jajaran direksi di 3 Perusahaan Daerah (PD) milik Pemko Medan yakni PD Pasar, PD Pembangunan dan PD Rumah Potong Hewan (RPH)

  • STT HKBP Pematangsiantar Terima Mahasiswa Baru untuk S1,S2 dan S3

    4 tahun lalu

    Siantar (Pelita Batak):   Sekolah Tinggi Theologia (STT) HKBP Pematangsiantar menerima mahasiswa baru untuk S1,S2 dan S3. Pendaftaran sudah dimulai sejak 2 Mei 2016 lalu dan akan ditut

  •   komentar Pembaca
    Copyright © 2020 Pelita Batak Online. All Rights Reserved. Design by. heriweb