• Home
  • News
  • Panitia Natal Nasional Gelar Aksi Sosial Bersama YSKI di Sicanang Belawan
KSP Makmur Mandiri
Jumat, 11 November 2016 16:58:00

Panitia Natal Nasional Gelar Aksi Sosial Bersama YSKI di Sicanang Belawan

400 KK Dilayani Fasilitas Air Minum
BAGIKAN:
Ist|PelitaBatak
Wakil Ketua Panitia Nasional Baginda P Lumbangaol SH (7-kiri) foto bersama dengan Pembina YSKI Dr RE Nainggolan MM (6-kanan), Rajamin Sirait, Sekretaris Panitia Lokal Jadi Pane Spd, serta panitia lainnya, Romein Manalu, Jhon Eron L Gaol, Adolf Frian Rumai

Medan (Pelita Batak) :
Serangkaian dengan kegiatan sosial Perayaan Natal Nasional di Sumatera Utara, Wakil Ketua Umum Panitia Natal Nasional 2016 Baginda Lumbagaol SH, MH bersama Pembina Yayasan Surya Kebenaran Internasional (YSKI) Dr RE Nainggolan meresmikan penggunaan fasilitas air minum di Kelurahan Sicanang Kecamatan Medan Belawan, Kamis (10/11/2016) di komplek Gereja HKBP Bethania Sicanang.



Fasilitas air bersih tersebut mampu memenuhi kebutuhan air minum 400 KK masyarakat Sicanang. Meski berada di kompleks gereja,  penggunaannya untuk seluruh masyarakat sekitar tanpa membedakan suku, agama dan ras. Fasilitas air bersih yang dibangun tersebut terdiri dari tempat penampungan air dan dua unit kamar mandi. Demikian disampaikan Baginda Lumbangaol yang juga Wakil Kepala Kejaksaan Tinggi Sumatera Utara ini.

Kegiatan ini merupakan aksi sosial pertama Panitia Natal Nasional menjelang perayaan di Dolok Sanggul 26 Desember mendatang.

Daerah Sicanang kata Baginda adalah satu pulau yang dulunya hutan bakau dan menjadi pemukiman yang sangat dekat dengan laut. Sangat sulit memperoleh air bersih karena airnya payau dan tidak layak untuk dikonsumsi. Sehingga  warga harus membeli air pakai jerigen yang dibawa penjual pakai truk atau mobil pick up untuk kebutuhan air minum, memasak dan mencuci.


 

"Sekarang masyarakat di sekitar gereja HKBP Bethania Sicanang ini sudah bisa menikmati air bersih tanpa membeli lagi. Ini wujud keperdulian Panitia Natal Nasional bersama YSKI kepada masyarakat yang  kondisi daerahnya sangat membutuhkan fasilitas air bersih. Air ini sudah layak minum karena sudah diuji di laboratorium PDAM Tirtanadi," ucap Baginda.

Turut hadir dalam peresmian tersebut Ketua Panitia Sarasehan Natal Nasional Bishop GPP Emeritus Pdt Dr JH Manurung M.Div, Sekretaris Jadi Pane SPd, Bendahara Romein Manalu ST, Penasehat: Jhon Eron Lumbangaol SE, St Drs Gandhi Tambunan, Dr Edward Simanjuntak, Drg Annita pengurus YSKI bersama Indra Hutauruk, Rajamin Sirait, SE, Pendeta HKBP Bethania Resort Belawan II Pdt M Sihombing M.Div, Sahat Pasaribu dan sejumlah masyarakat Sicanang dan jemaat HKBP Bethania.

Dr RE Nainggolan mengemukakan, air tersebut dibor sangat dalam sehingga ditemukan air jernih dan benar-benar layak diminum. Kenapa air fasilitas air minum yang dibangun? Karena masyarakat Sicanang sangat membutuhkan air bersih, setetes saja air sangat berharga bagi mereka demi kehidupan.


Untuk itu dia berpesan agar masyarakat menjaga fasilitas air minum tersebut sehingga terawat selamanya. Semua pihak harus peduli, karena itu untuk kebutuhan bersama, jangan nanti setahun dua tahun fasilitas air minum itu rusak dan tinggal kenangan karena tidak dirawat.  RE Nainggolan menyarankan kepada pihak Gereja, jemaat dan masyarakat, harus ada manajemen pemeliharaannya.

"Harus ada badan pengelolanya agar air bisa terus mengalir, jangan air sampai padam atau mati dan tidak mengalir lagi karena rusak tanpa pemeliharaan sehingga tidak bisa lagi dinikmati. Kita buat aja secara sederhana seperti gerakan Rp 1000 kepada masyarakat sekitar agar ada dana pemeliharaanya," tuturnya. (TAp)

  BeritaTerkait
  • Gubsu Edy : Perayaan Harus Menarik dan Sukses

    tahun lalu

    Medan (Pelita Batak):Gubernur Sumatera Utara (Sumut) Edy Rahmayadi mendukung perayaan Natal Nasional di Sumut, khususnya di Kota Medan. Perayaan harus dibuat menarik dan sukses, apalagi akan dihadiri

  • Diisi Berbagai Kegiatan, GubernurApresiasi Natal Bersama PWI dan KPID

    3 tahun lalu

    Medan (Pelita Batak) :Gubernur Sumatera Utara (Gubsu) HT Erry Nuradi mengapresiasi kegiatan perayaan Natal Bersama Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) dan Komisi Penyiaran Indonesia Daerah (KPID) Sumatera Utara yang dirangkaikan

  • Kamis 28 Desember, Perayaan Natal Oikumene Sumut di Rumah Persembahan GBI

    2 tahun lalu

    Medan (Pelita Batak):Perayaan Natal Oikumene Sumut tahun 2017 akan dilaksanakan di gedung rumah persembahan Sumatera Resort Jalan Jamin Ginting Medan, Kamis (28/12/2017). Ibadah perayaan natal yang ak

  • Panitia Natal Nasional Beri Bantuan Ke Sejumlah Ponpes di Sumut

    3 tahun lalu

    TAPANULITENGAH (Pelita Batak) :Panitia Natal Nasional tahun 2016 mengadakan kegiatan aksi sosial dengan memberikan bantuan ke sejumlah Pondok Pesantren di Sumatera Utara, diantaranya MTs Persiapan Negeri Bintang Sembilan, di Kelurahan Sibabangun, Kec. Sib

  • Ini Dia Kegiatan Pengurus Daerah FBBI Selama 2016

    3 tahun lalu

    Jakarta(Pelita Batak): Forum Bangso Batak Indonesia (FBBI) merilis kegiatan pengurus daerah yang telah dilaksanakan sebagai berikut di bawah ini.   a. DPD FBBI Provinsi Riau.

  •   komentar Pembaca
    Copyright © 2020 Pelita Batak Online. All Rights Reserved. Design by. heriweb