• Home
  • News
  • Pamsimas Labusel Gelar Berbagai Pelatihan di Desa Asam Jawa
KSP Makmur Mandiri
Kamis, 17 September 2020 15:52:00

Pamsimas Labusel Gelar Berbagai Pelatihan di Desa Asam Jawa

BAGIKAN:
Ist| pelita Batak
Labusel (Pelita Batak):
Program Nasional Penyediaan Air Minum dan Sanitasi Berbasis Masyarakat (PAMSIMAS) III Kabupaten Labuhanbatu Selatan menggelar berbagai pelatihan yaitu pelatihan administrasi dan kepemimpinan, pelatihan teknis pembangunan sarana air minum dan sanitasi, pelatihan disabilitas dan pelatihan promosi kesehatan. Kamis (17/9/2020). 

Pelatihan yang dilaksanakan selama dua hari yakni Kamis dan Jumat di sekolah Yayasan Pendidikan Islamiyah Amal Ikhlas Madrasah Ibtidaiyah Swasta Amal Ikhlas Dusun Sumberjo IV, Desa Asam Jawa, Kecamatan Torgamba, Kabupaten Labuhanbatu Selatan sesuai dengan protokol kesehatan yaitu jumlah peserta sebanyak lima orang, kemudian peserta memakai masker dan sarung tangan, lalu sebelum masuk pelatihan dilakukan cek suhu. 

Turut hadir dalam pelatihan tersebut Kordinator Kelompok Keswadayaan Masyrakat (KKM) Asam Jawa Suparman, Satuan Pelaksana (Satlak) Yusuf Jalal, Kabid Kawasan Pemukiman Mayer Alfian Samosir, Fasilitator Teknik Obie Akbar, Fasilitator Pemberdayaan Masyarakat Frans Hot Siregar dan Saripuddin Siregar serta masyarakat. 

Kordinator Kelompok Keswadayaan Masyrakat (KKM) Asam Jawa Suparman berharap, program Pamsimas Labusel dapat berjalan dengan baik sehingga bisa bermanfaat bagi masyarakat khususnya di Dusun Sumberjo IV, Desa Asam Jawa. 

Kabid Kawasan Pemukiman Mayer Alfian Samosir menjelaskan, program Pamsimas merupakan penyediaan air minum dan sanitasi berbasis masyarakat. Dimana pelaksanaannya semuanya dilakukan oleh masyarakat secara swadaya. 
"Di Pamsimas ada Inkind yaitu swadaya masyarakat dalam bentuk material maupun tenaga atau gotong royong, juga  ada Incash yaitu swadaya masyarakat dalam uang yang akan digunakan untuk operasional kelompok masyarakat (KKM)," ujar Mayer Alfian Samosir.

Selanjutnya pemahaman teknik pembangunan dipaparkan oleh Fasilitator Teknik Obie Akbar dan untuk pemahaman tentang administrasi/laporan keuangan dibawakan oleh Fasilitator Pemberdayaan Masyarakat Frans Hot Siregar dan Saripuddin Siregar. (J|TAp)
  BeritaTerkait
  • JTP, Memang"GILA"

    3 tahun lalu

    Oleh: JJ. Tobing, SEPada saat acara "Syukuran & borhat borhat" di Desa Simatupang, Muara, beberapa waktu yang lalu;  Ibu Neny Purba atau Nyonya JTP didaulat memberi kata sambutan, dimana seba

  • Sipincur di Desa Pearung, Lokasi Perjuangan Melanchton Siregar

    2 tahun lalu

    Oleh: Ronald M. SihombingSipincur di Desa Pearung,  Kecamatan Humbang Hasundutan, lokasi Perayaan Natal Tingkat Nasional Partai Golkar, Sabtu,  26 Januari 2019, adalah salah satu jalur perju

  • Senggolan, Bus PMH Tabrak Masjid, Dua Penumpang Tewas

    4 tahun lalu

    Labusel (Pelita Batak) : Kecelakaan lalu lintas terjadi di Jalan Lintas Sumatera (Jalinsum) Dusun Asam Jawa, Desa Asam Jawa, Kecamatan Torgamba, Kabupaten Labuhan Batu Selatan (Labusel),  Kamis (8/9/2016).

  • Nilai Wali Kota Medan Giat Ajak Warga Berolahraga, Menpora Beri Penghargaan

    3 tahun lalu

    Magelang (Pelita Batak) :Wali Kota Medan, Drs H T Dzulmi Eldin S MSi menerima penghargaan dari Menteri Olahraga (Menpora) Republik Indonesia, Imam Nahrawi. Penghargaan  itu diberikan pada acara p

  • Gubernur Ajak Pendamping Desa Kreatif Bangun Desa Mandiri

    3 tahun lalu

    Medan (Pelita Batak):Gubernur Sumatera Utara (Gubsu) Tengku Erry Nuradi menyebutkan, peranan pendamping desa sangat strategis untuk memajukan dan mengembangkan desa. Oleh karena itu, dituntut kreativi

  •   komentar Pembaca
    Copyright © 2020 Pelita Batak Online. All Rights Reserved. Design by. heriweb