• Home
  • News
  • PTMBB Kota Medan Gelar Seminar Kewirausahaan untuk GEMMA
KSP Makmur Mandiri
Sabtu, 10 Juni 2017 17:48:00

PTMBB Kota Medan Gelar Seminar Kewirausahaan untuk GEMMA

BAGIKAN:
TAp|PelitaBatak
Ketua PTMBB Kota Medan Romein Manalu ST, bersama Sekretaris Umum Edy Manalu, Dr Pater Chrysostomos P Manalu memberikan cinderamata berupa ulos kepada pemateri dari Dinas Koperasi Provinsi Sumut.
Medan (Pelita Batak) :
Badan Pengurus Harian Punguan Toga Manalu Boru dohot Bere (PTMBB) Kota Medan dan sekitarnya menggelar seminar sehari untuk Generasi Muda Manalu (GEMMA) tentang kewirausahaan dengan tema 'How Starting To Your Bisnis dan Peluang-peluang Usaha', di Mes GKPS Jl Ngumban Surbakti Medan, Sabtu (10/6/2017). Generasi muda Manalu didorong untuk memiliki mindset sebagai wirausahawan.

Sebagaimana menurut sosiolog McClelland, kemakmuran suatu negara bisa tercapai bila minimal mempunyai 2 % dari penduduknya berperan sebagai entrepreneur. Hal itu dikutip pembicara Romein Manalu ST yang juga Ketua PTMBB Kota Medan. Dijelaskannya, sementara saat ini posisi wirausahawan Indonesia masih sekitar 1,3 % dari jumlah penduduk yang ada.

"Mari ambil kesempatan itu. Jadikan negara berharap kepada Anda untuk turut memenuhi target 2% bahkan lebih," ujarnya dalam seminar yang dipandu moderator Edy Manalu (Sekretaris PTMMB Kota Medan) juga hadir Osman Manalu, MP, Jauli Manalu SH, RL Manalu, Jamuntal Manalu SH, Drs Maju Manalu,  Rudyanto Manalu (Ketua GEMMA), Mitha Manalu (Sekretaris GEMMA), para ketua sektor PTMBB, dan para peserta lainnya. Juga hadir pemateri dari Dinas Koperasi Provinsi Sumut yang menjelaskan tentang prosedur pendirian dan pengelolaan sebuah koperasi.



Romein juga menjelaskan, bahwa sebagai pengusaha tidak bertentangan dengan alkitab atau ajaran kristen. Dimana, prinsip Alkitab dalam berbisnis adalah untuk kemuliaan Tuhan dan menjadi berkat bagi orang lain. Di sisi lain, entrepreneur adalah usaha terbaik untuk mengatasi kemiskinan.

"Mendapatkan bantuan dalam bentuk makanan atau kebutuhan sehari-hari tidak akan menghapus garis kemiskinan. Lebih baik memberikan pancing daripada memebrikan ikan, yang akan habis sekali dimakan," ujarnya.

Dikisahkan juga, bagaimana dalam Alkitab ada kisah Ishak yang memiliki dua anak yaitu Yakub dan Esau. Kedua anaknya saling berusaha untuk mendapatkan keberhasilannya, meski salah satu diantaranya telah dikutuk oleh ayahnya.

Untuk itu, dijelaskan Romein, menurut Hunter Gunes ada karakter dominan yang dimiliki seorang yang berjiwa entrepreneur. Diantaranya, secara terus menerus mengamati lingkungan (melihat peluang dan menciptakan peluang); flexible, bisa merubah strategi dengan cepat; mempunyai daya juang tinggi dan pantang menyerah (tetap semangat); berorientasi pada hasil, mampu mengukur dan memperkirakan pencapaian tujuan; selalu berfikir konkrit/bisa dnegan jelas menggambarkan pencapaian target; mandiri dan mampu berkreasi; tidak senang dengan pekerjaan rutin (duduk di belakang meja); menyukai ide baru dan tatangan baru; dan, mau mengambil resiko dan kuat menghadapi tantangan.

Dari sembilan karakter tersebut, enam saja dimiliki oleh seseorang, maka dia layak disebut sebagai sosok yang berkarakter wirausaha.

Untuk itu, kedepan, PTMBB Kota Medan akan terus memberikan support kepada GEMMA sebagai generasi penerus PTMBB. Pelatihan akan diupayakan untuk tetap bergulir, sehingga masing-masing generasi muda akan menentukan pilihan kegiatan usaha yang akan digeluti.

Seminar diawali dengan ibadah singkat yang dipimpin oleh Dr Pater Chrysostomos P Manalu. (TAp)

  BeritaTerkait
  • PTMBB Kota Medan Gelar Seminar Adat di Sibolangit

    4 tahun lalu

    Parsadaan Toga Manalu Boru Bere (PTMBB) Kota Medan Sekitarnya, menyelanggarakan Seminar Adat Batak, di Wisma GBKP Suka Makmur Sibolangit, Deli Sedang, Sabtu hingga Minggu (16-17/7/2016).

  • Panitia Natal PTMBB Kota Medan Gelar Rapat Persiapan

    2 tahun lalu

    Medan (Pelita Batak):Panitia Natal Parsadaan Toga Manalu Boru Bere (PTMBB) Kota Medan 2017 menggelar rapat persiapan di Mess GKPS Jl Ngumban Surbakti Medan, Sabtu (30/9/2017).Perayaan Natal PTMBB Kota

  • Drs Maju Manalu Ketua Umum Perayaan Natal PTMBB Kota Medan Sekitarnya Tahun 2017

    3 tahun lalu

    Medan (Pelita Batak) :Ketua Umum Parsadaan Toga Manalu Boru dohot Bere (PTMBB) Kota Medan Romein Manalu,ST didampingi Sekretaris Umum Eddi Manalu, bersama para penasehat melantik dan mengukuhkan susun

  • Keluarga Besar RSU Royal Prima, UNPRI, RSGM Prima Gelar Buka Puasa Bersama Anak Yatim se-Kota Medan

    2 tahun lalu

    Medan (Pelita Batak):Keluarga besar Rumah Sakit Umum (RSU) Royal Prima, Universitas Prima Indonesia (UNPRI) dan Rumah Sakit Gigi Mulut (RSGM) Prima menggelar acara buka puasa bersama daan menyantuni a

  • Seminar Marga Manalu Kota Medan di Siboloangit Berjalan Sukses

    4 tahun lalu

    Ratusan peserta yang mewakili 27 Sektor PTMBB Medan Sekitarnya serius mengikuti seminar yang digelar selama dua hari tersebut. Masing-masing peserta juga sangat antusias dalam menanggapi nara sumber dan memberi masukan, bagaimana penyelenggaraan adat da

  •   komentar Pembaca
    Copyright © 2020 Pelita Batak Online. All Rights Reserved. Design by. heriweb