• Home
  • News
  • PLN Padangsidimpuan Bangun Listrik Desa di Tapsel
KSP Makmur Mandiri
Rabu, 08 Agustus 2018 08:48:00

PLN Padangsidimpuan Bangun Listrik Desa di Tapsel

BAGIKAN:
Ist
Acara peresmian

Padangsidimpuan (Pelita Batak) : Dua program khusus tengah dijalankan Pemerintah melalui Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (SDM) guna mempercepat penyediaan listrik di seluruh wilayah Indonesia terutama desa 3T (Terluar, terdepan dan tertinggal). 

Salah satu yaitu listrik masuk desa (Ludes) yang menugaskan. PLN untuk membangun jaringan listrik.

Program listrik perdesaan akan menyasar ke 10.000 desa hingga 2019 yang selama ini penyediaan listriknya ala kadarnya atau limited services. 

Selain itu ada juga pembagian Lampu Tenaga Surya Hemat Energi (LTSHE) dan Ada lagi 2.519 desa tanpa jaringan listrik sama sekali. 

Bertitik tolak dari hal itu Perusahaan Listrik Negara terus berupaya menerangi sejumlah desa yang belum teraliri listrik dengan porgram Listrik Pedesaan (Lisdes) yang berada di Dusun Baringin Tua, Dusun Sitabo-Tabo dan Dusun Pinarik baru, Desa Parau Sorat Sitabo-Tabo, Kecamatan Saipar Dolok Hole, di Kabupaten Tapanuli Selatan.

Manager PLN Area Padangsidimpuan Ronny Afrianto, Senin 6 Agustus 2018 kepada wartawan menyampaikan  listrik pedesaan (Lisdes) ini merupakan Program PLN wilayah Sumut, dan bagian dari pogram nasional agar masyarakat dapat menikmati listrik hingga ke pelosok desa-desa. 

"Hingga kini kita terus terjun ke pelosok Desa guna menerangi desa dengan program indonesia terang, program nasional Lisdes tersebut harus kita sukseskan bersama hingga ke pelosok," ujarnya.

Disebutkan, Desa Parau Sorat Sitabo-Tabo memiliki jumlah penduduk sebanyak 150 KK (Kepala Keluarga) dan saat ini yang telah menjadi pelanggan Perusahaan Listrik Negara (PLN) sebanyak 42 pelanggan, dengan komposisi daya 2.200VA = 2 pelanggan, 1.300VA = 2 pelanggan, dan 900VA = 38 pelanggan.

" Dengan masuknya listrik hingga ke pelosok pedesaan, tentu diharapkan dapat  meningkatkan kesejahteraan masyarakat yang ada di desa tersebut. Seperti dapat difungsikan ke alat-alat rumah tangga maupun peralatan usaha yang memerlukan energi listrik. Selain itu anak-anak usia sekolah pun nyaman belajar di malam hari tidak perlu gelap-gelapan lagi," kata Ronny di Padangsidimpuan.
 
Realisasi Lisdes ini dijadikan sebagai momentum PLN menunjukan tekad dalam menerangi Indonesia di HUT RI yang ke-73. Arah Program layanan PLN saat ini yaitu memudahkan masyarakat mendapatkan listrik dan kesiapan dalam melayani listrik untuk masyarakat.
 
Sementara itu Amir (43), salah seorang warga dari Desa Sitabo-Tabo mengucapkan Alhamdulillah bahwa desa mereka kini sudah mendapat pasokan listrik dari PLN. Tentu hal ini dapat menunjang aktifitas kami dan akan berdampak pada perekonomian kami, ucap Ronny menirukannya.
 
Selain dihadiri masyarakat dan perangkat Desa Parau Sorat Sitabo-Tabo, peresmian ini juga dihadiri Manajemen PLN Area Padang Sidimpuan.(Saut Togi Ritonga)

  BeritaTerkait
  • Menelusuri Liku-liku Jalan di Bonapasogit dan Merajut Semangat Leluhur

    4 tahun lalu

    Pulang ke kampung saya, Sigolang di lereng pebukitan Bukit Barisan di deretan Tapanuli Selatan sangat berkesan. Keberangkatan kali ini, diawali dihari Kamis, tanggal 27 April 2017 dengan bangun san

  • PLTMH Dibangun di Silangkitang Tambiski SD Hole

    3 tahun lalu

    Tapsel (Pelita Batak) : Masyarakat Desa Silakkitang Tambiski, Kecamatan Saipar Dolok Hole (SDH), Kabupaten Tapsel pantas bersyukur, dengan hadirnya program pembangunan Pembangkit Listrik Tenaga Mikro

  • Resepsi Hari Jadi Tapsel di Padangsidimpuan Dihadiri Gus Irawan

    3 tahun lalu

    Padangsidimpuan (Pelita Batak) : Serangkaian kegiatan dalam rangka menyemarakkan Hari Jadi ke-67, Pemerintah Kabupaten Tapanuli Selatan menggelar malam resepsi di Halaman Rumah Dinas Kantor Bupati Lam

  • Ahmad Bangun Ritonga Ketua Karang Taruna Kab Tapsel

    2 tahun lalu

    Tapsel (Pelita Batak) : Bupati Tapanuli Selatan H. Syahrul M Pasaribu SH secara resmi melantik Karang Taruna Kabupaten Tapanuli Selatan Periode 2016 s/d 2021 dengan Ketua Ahmad Bangun Ritonga SE yang

  • Sutrisno Pangaribuan Gelar Reses di Tapsel Serap Aspirasi Rakyat

    2 tahun lalu

    Tapsel (Pelita Batak) : Memasuki Reses Masa Sidang I Tahun V,, Wakil Ketua Fraksi PDI Perjuangan DPRD Sumatera Utara Sutrisno Pangaribuan melaksanakan Reses di sejumlah daerah di Kabupaten Tapanuli Se

  •   komentar Pembaca
    Copyright © 2020 Pelita Batak Online. All Rights Reserved. Design by. heriweb