• Home
  • News
  • PKK Tanjung Balai Ingin Belajar Kesuksessan Batik Medan
KSP Makmur Mandiri
Jumat, 07 April 2017 21:06:00

PKK Tanjung Balai Ingin Belajar Kesuksessan Batik Medan

BAGIKAN:
Ist|PelitaBatak

Medan (Pelita Batak) :
Ketua TP PKK sekaligus Dekranasda Kota Medan, Hj Rita Maharani Dzulmi Eldin S MSi menerima kunjungan rombongan TP PKK Kota Tanjung Balai di Balai Kota Medan, Jumat  (7/4/2017). Selain bersilaturahmi, kunjungan ini dilakukan untuk  minta masukan sekaligus belajar dalam rangka memajukan UMKM, terutama para pengerajin batik yang kesejahteraannya kini mulai meningkat menyusul memboomingnya pemasaran Batik Medan.

Rombongan yang berjumlah 40 orang ini dipimpin langsung Ketua TP PKK Kota Tanjung Balai, Ny Sri Silvisa Novita Muhammad Syahrial.  Selain Ketua TP PKK Kota Medan, rombongan TP PKK Kota Tanjung Balai juga diterima Wakil Ketua TP PKK Kota Medan, Ny Nurul Khairani Lubis serta sejumlah pimpinan SKPD dan pengurus TP PPK Kota Medan beserta kecamatan.

Hj Rita Maharani sangat menyambut baik dan mengapresiasi kedatangan Ketua TP PKK Kota Tanjung Balai beserta rombongan ke Kota Medan, apalagi beliau yang sudah dianggap adik sendiri ini berkeinginan untuk mempelajari Batik Medan salah satunya cara mengembangkan dan mempromosikannya.

"Selamat datang ke Kota Medan, kami saat ini banyak membina produk UMKM, salah satunya yang kami fokuskan adalah pengembangan pengerajin dengan hasil kain Batik Medan dan Songket Deli. Hal ini kami lakukan agar Medan memiliki batik sendiri, apalagi Medan mempunyai potensi besar," kata Rita.

Diyakini Hj Rita, jika Kota Tanjung Balai juga memiliki potensi besar dalam hal mengembangkan kerajinan batik, sebab Ibu Wali Kota Termuda se Indonesia ini memiliki bakat karena beliau merupakan lulusan dari Singapura di bidang desainer, tentu ini akan lebih mempermudah untuk mewujudkan motif batik khas Tanjung Balai tersebut.

"Dalam membina para pelaku UMKM, kami memilih cara dengan merangkul para pengerajin. Diawali dengan melakukan kunjungan ke pengerajin batik, selain melihatnya, kami juga mengajak mereka untuk memproduksi Batik Medan. Sedangkan untuk mengembangkan dan mempromosikannya, selain berkoordinasi dengan SKPD terkait, kami memulai dari bawah yakni dengan menggelar fashion show,” kata Hj Rita.

Selain itu lanjut Hj Rita, dirinya juga memberi masukan kepada Wali Kota Medan, Drs H T Dzulmi Eldin, agar setiap pimpinan SKPD, camat menggunakan Batik Medan di acara - acara resmi Kota Medan. Selain itu juga mensosialisasikan kepada masyarakat agar mereka selalu mencintai dan menggunakan produk hasil lokal sendiri.

"Batik Medan bukan hanya dapat dipakai untuk baju kerja, tetapi dapat dikenakan pada busana sehari-hari karena desain dan motifnya disesuaikan dengan kondisi kekinian. Untuk lebih mempermudah masyarakat mendapatkan Batik Medan dan Songket Deli, kami telah mendirikan galeri yang dinamakan Maharani Galeri, selain Batik dan songket Deli di galeri tersebut juga dijual hasil produksi UMKM dan kuliner,” jelasnya.

Sementara itu Ketua TP PKK Kota Tanjung Balai, Ny Sri Silvisa Novita Muhammad Syahrial mengatakan, kunjungan ini dilakukan guna mempelajari bagaimana PKK Kota Medan membina dan mengembangkan UMKM khususnya pengrajin batik. Artinya saat ini Kota Medan terkenal dengan Batik Medan, tentunya ini yang akan dipelajari untuk mengembangkan Batik dengan khas asli dari Kota Tanjung Balai.

"Kami ingin belajar, bagaimana Batik Medan dapat terkenal, tidak hanya  nasional juga internasional. Apalagi saya seorang desainer, tentunya ini akan semakin mempermudah menciptakan desain batik, hanya saja kami belajar bagaimana mengembangkan , mempromosikan dan memasarinya,” ujar Ny Sri.

Menurut Ny Sri yang hadir didampingi Wakil Ketua TP PKK , Nurdiana Abdi Nusa, Asisten II Abdul Hayi dan Staf Ahli Zainul Arifin dengan kunjungan ini, PKK  Kota Tanjung Balai dapat menambah ilmu dan wawasan untuk membina dan mengembangkan serta mempromosikan UMKM. Artinya kami datang untuk belajar bukan untuk bersaing. Saat ini Batik Khas Tanjung Balai sudah didesain.

"Jika nanti terwujud Batik tanjung balai dengan motif Kerang dan Bunga Balai dan mulai dikenal, kami berencana akan berkolaborasi dengan Batik Medan melalui pagelaran fashion show agar membuat Batik Tanjung Balai semakin dikenal masyarakat," ungkapnya.

Selanjutnya, Hj Rita Maharani Dzulmi Eldin membawa Ketua TP PKK Kota Tanjung Balai dan rombongan dari kantor Wali Kota menuju Maharani Galeri yang terletak di Kantor TP PKK Kota Medan, Jalan Rotan. Ditempat tersebut Hj Rita memperkenalkan Batik Medan dan Songket Deli, serta hasil kerajinan UMKM lainnya. (TAp)

  BeritaTerkait
  • Masa Tugas Berakhir, Dubes Sampaikan Salam Perpisahan Konjen AS Juha P Salin

    tahun lalu

    Medan (Pelita Batak):Duta Besar (Dubes) Amerika Serikat (AS) untuk Indonesia Joseph R Donovan Jr mengunjungi Balai Kota Medan, Kamis (20/6). Selain bersilaturahmi, ada dua agenda yang dibawa dalam kun

  • Warga Medan Harus Pakai Batik Medan & Songket Deli

    4 tahun lalu

    Seluruh busana hasil rancangan Hj Rita ini bisa diperoleh di Maharani Galeri Batik Medan dan Songket Deli. Tidak hanya busana batik Medan dan songket Deli, galeri ini juga memajangkan hasil produk unggulan UMKM Kota Medan, seperti kursi rotan, tutup lampu

  • Kadin Undang Investor Korea Jajagi Potensi Investasi di Sumut

    3 tahun lalu

    Medan (Pelita Batak):Ketua Umum Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Sumatera Utara (Sumut) Ivan Iskandar Batubara menerima kunjungan rombongan investor dan ahli air asal Korea di RM Jimbaran, Jl. Pattim

  • Penanganan Harus Gunakan Pendekatan Konfrehensif

    4 tahun lalu

    Organisasi masyarakat Muhammadiyah meminta agar penanganan kerusuhan bernuansa SARA di Tanjung Balai, agar menggunakan pendekatan yang lebih komprehensif dibanding pendekatan "criminal justice system".

  • Eldin Libas 'Biang Kerok' di Amplas

    4 tahun lalu

    Medan (Pelita Batak) :Dinas Bina Marga Kota Medan kembali melanjutkan pengorekan parit, Selasa (30/8). Kali ini giliran parit Sulang-Saling di Jalan Garu III, Kelurahan Harjo Sari I, Kecamatan Medan Amplas yang dikorek. Pengorekan ini dilakukan untuk me

  •   komentar Pembaca
    Copyright © 2020 Pelita Batak Online. All Rights Reserved. Design by. heriweb