• Home
  • News
  • PIKI Sumut Dukung Penegakan Hukum Terhadap Pelaku Teror Gereja di Surabaya dan Umat Kristen Tetap Tenang
KSP Makmur Mandiri
Senin, 14 Mei 2018 09:53:00

PIKI Sumut Dukung Penegakan Hukum Terhadap Pelaku Teror Gereja di Surabaya dan Umat Kristen Tetap Tenang

BAGIKAN:
IST|pelitabatak
John Eron L Gaol
Medan (Pelita Batak):
Keluarga besar PIKI SU, menyatakan bahwa aksi teror di 3 gereja di Surabaya sangat mencederai kemanusiaan kita, bangsa ini berduka, kita sangat prihatin dan mengtuk keras aksi teror yaANg dialami warga Gereja, bahwa ini terjadi adalah akibat akumulasi yg tidak maksimal memberantas teroris, disatu pihak polisi merasa dibelenggu oleh Unndng-Undang pemerintah hanya mengajak masyarakat jagnan takut menghadapi teror padahal katanya negara tidak boleh kalah tehadap teroris, tegas Ketua DPD PIKI Sumut John Eron Lumbangaol, SE didampingi oleh Sekretaris Jadi Pane, S.Pd dan Bendahara DPD PIKI Sumut Delphi Masdiana Ujung SH, M.Si di Kantor Sekretariat DPD PIKI Sumut, Senin (14/05/2018)

PIKI Sumut sangat mengharakan dan meminta kepada pihak keamanan dan pemerintah untuk bertindak tegas dan jelas menindak teroris yang sadah teridentifikasi jangan malah membuàt statement yg membingungkan, jelas teroris sudah berhasil meneror dan membunuh masyarakat, nah negara posisi nya dimana? "Dalam hal inilah negara harus hadir dalam meliondungi rakyatnya," tegas Ketua DPD PIKI Sumut John Eron Lumbangaol, SE didampingi oleh Sekretaris Jadi Pane, S.Pd dan Bendahara DPD PIKI Sumut Delphi Masdiana Ujung di Kantor Sekretariat DPD PIKI Sumut. John Eron dengan tegas mengatakan amanat UUD 1945 adalah melindungi seluruh tumpah darah negara Indonesia. Artinya, fungsi perlindungan secara khusus kepada rakyat harus dilakukan oleh pemerinmtah, kata John Eron lagi.  

John Eron menambahkan secara psikologis Pemerintah/ Polisi/Aparat keamanan dan kami rakyat ini sudah takut  sama teroris sebab kami rakyat tidak berdaya karena hanya warga sipil biasa. DPD PIKI Sumut juga mengajat umat Kristiani berdoa bagi keluarga korban agar warga gereja yang korban akibat korban teroris di surabaya yg meninggal sudah bersama Tuhan di sorga, yg luka2 agar disembuhkan Tuhan dan kel yg berduka diberi penghiburan dan ketabahan, tegas John Eron lagi. 

John Eron mantan anggota DPRD Sumut ini mengatakan, saat ini tantangan kita berbangsa dan bernegara sangat berat, berbagai ancaman silih berganti. Tetapi ancaman yang sangat membahayakan adalah ancaman dari teroris karena ini tidak mengenal perikemanusiaan. Untuk itu, dengan segala potensi dan kekuatan yang ada aparat keamanan kita harapkan melakukan yang terbaik untuk menciptakan keamanan dan kenyamanan di negara ini. Artinya, PIKI Sumut dengan tegas mengatakan kita tidak bolah kalah dengan teroris. 

Secara khusus John Eron dalam pernyatannya mengatakan kepada semua Kristen untuk memedomani dengan tegas  Ulangan 31:6 (TB)  Kuatkan dan teguhkanlah hatimu, janganlah takut dan jangan gemetar karena mereka, sebab TUHAN, Allahmu, Dialah yang berjalan menyertai engkau; Ia tidak akan membiarkan engkau dan tidak akan meninggalkan engkau. 

Hal yang sama juga dikatakan oleh Sekretaris DPD PIKI Sumut Jadi Pane, SPd bahwa negara tidak boleh kalah kepada teroris. Mari kita sebagai umat Kristen mendoakan dan menjaga ketenangan dan kita percayakan kepada sama aparat keamanan. "Prosedur hukum yang tegas harus dilakukan agar terjaga kepercayaan kepada aparat keamanan," tegas Jadi Pane lagi.  

Dia mengatakan bahwa akar masalah teroris harus dicari. Perlu juga studi khusus dilakukan mengapa ini bisa terjadi dengan melibatkan pihak pergruaun tinggi, sehingga pencegahan sejak dini bisa dilakukan dan jawabannya pun terintegrasi dan menyeluruh. Sehingga pemberantasan teroris tidak parsial. (TAp)
  BeritaTerkait
  • Wakil Ketua Komda Sumut Pemuda Katolik Kutuk Keras Aksi Bom Gereja Surabaya

    3 tahun lalu

    Medan (Pelita Batak):Wakil Ketua Komisariat Daerah Sumut Pemuda Katolik Binsar Simarmata, SS, MM mengutuk keras aksi pemboman Gereja di Surabaya oleh para kelompok teroris. Ini adalah hal yang sangat

  • Jargon Minoritas-Mayoritas Keagamaan Belum Hilang

    4 tahun lalu

    Jakarta (Pelita Batak) : Ketua Umum Dewan Pimpinan Pusat Persatuan Inteligensia Kristen Indonesia (PIKI) Masa Bakti 2015 – 2020, Baktinendra Prawiro,MSc,MH mengatakan persoalan politik di I

  • Khotbah Evangelium Minggu XXIII Dung Trinitatis 19 Nopember 2017 Teks: Zephania 1: 7, 12-18 "Bersiaplah Menyambut Hari Tuhan"

    3 tahun lalu

    Oleh: Pdt Dr Robinson Butarbutar, Parsamean STT-HKBP Pematangsiantar. 1.Bagi komunitas orang-orang yang percaya kepada Allah yang tidak hanya menciptakan umat manusia tetapi  juga menuntunny

  • Hentikan Isu SARA Dalam Pilkada dan Pilgubsu 2018, Akhiri Gerakan Intoleran, dan Dukung Pemekaran Sumut

    3 tahun lalu

    Medan (Pelita Batak) :Hentikan Isu SARA dalam kampanye pilkada dan pilgubsu 2017, semua bentuk gerakan intoleran (ekstrimis) harus diakhiri, dukung pemekaran Provinsi Sumatera Utara menjadi berbagai P

  • Suara Mahasiswa Kristen Indonesia Untuk Perdamaian: Hati-hati Bahaya Laten Intoleransi

    4 tahun lalu

    Jakarta (Pelita Batak): Pengurus Pusat Gerakan Mahasiswa Kristen Indonesia (GMKI), Rabu 7 Desember 2016, merilis pernyataan menyikapi berbagai dinamika di Tanah Air. Berikut isi pernyataan sikap ya

  •   komentar Pembaca
    Copyright © 2020 Pelita Batak Online. All Rights Reserved. Design by. heriweb