• Home
  • News
  • PDP Meninggal Asal Padangsidimpuan Dimakamkan di Medan
KSP Makmur Mandiri
Minggu, 05 April 2020 07:35:00

PDP Meninggal Asal Padangsidimpuan Dimakamkan di Medan

BAGIKAN:
Saut Togi Ritonga | Pelita Batak
Padangsidimpuan (Pelita Batak) :
Seorang Perempuan PDP virus corona atau Covid 19 berinisial E warga Padangsidimpuan dinyatakan meninggal dunia ketika sedang dirujuk ke Rumah Sakit Umum Pusat (RSUP) Adam Malik Medan, Sabtu 4 April 2020.

Rujukan pasien ke RSUP Adam Malik tersebut didasari permintaan sendiri dan keluarganya setelah sempat dirawat di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Padangsidimpuan Kamis (2/4) malam.

Walikota Padangsidimpuan Irsan Efendi Nasution kepada wartawan, Sabtu 4 April 2020 mengatakan tidak dapat dipastikan meninggalnya pasien PDP itu pada saat masih di dalam perjalanan atau sudah sampai di RSUP Adam Malik Medan.

Namun demikian Irsan menjelaskan bahwa setelah mendapat kabar meninggalnya pasien itu, pihaknya langsung  berkordinasi dengan Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 Provinsi Sumatera Utara.

"Gugus Tugas Provinsi sudah memberikan kami arahan agar kami berkordinasi dengan Gugus Tugas Kota Medan. Saya bicara dengan Wali Kota Medan, Sekda sampai BPBD-nya akan melakukan fardu kifayah penatalaksanaan jenazah COVID-19 sesuai protap nasional dan memperhatikan fatwa MUI nomor 14 tahun 2020," jelasnya.

Gugus Tugas PP Covid 19 Kota Padangsidimpuan menyampaikan kabar meninggalnya pasien E tersebut kepada keluarganya dan akan dimakamkan di perkuburan khusus pasien COVID-19 di Simalingkar Medan dengan pembiayaan dari Pemerintah Kota Padangsidimpuan.

Sebagaimana diketahui, pasien PDP yang meninggal itu terdata sebagai pelaku perjalanan nomor 459 dan  masuk ruang isolasi Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Padangsidimpuan pada Kamis (2/4/2020) malam.

Berdasarkan keterangan dr Nina dari Tim Medis Covid 19 RSUD Kota Padangsidimpuan menerangkan bahwa PDP berjenis kelamin perempuan itu telah berulang kali datang ke IGD setelah melakukan  perjalananan keluar daerah dengan keluhan demam tinggi.

Karena pasien ditetapkan sebagai ODP maka dilakukan rontgen yang hasilnya pneumonia (Infeksi paru) dan diputuskan isolasi mandiri di rumah dan akan dievaluasi ulang foto rontgennya 3 hari kemudian.

Pada 30 Maret, pasien datang lagi dengan keluhan demam dan batuk selanjutnya yang kemudian dilakukan rontgen kedua yang hasilnya menemukan perburukan pneumonia dari hasil rontgen sebelumnya sehingga disarankan untuk dirujuk ke Medan karena statusnya sudah naik menjadi PDP, namun pasien dan keluarga belum bersedia sehingga dilanjutkan isolasi mandiri di rumah.

Kemudian pada 31 Maret pasien masih berhubungan dengan tim medis dan mengeluhkan sesak dan sudah dianjurkan lagi dirujuk ke Medan, namun pasien dan keluarga tetap menolak.

Tanggal 2 April pasien mengeluh semakin sesak dan selanjutnya diputus agar pasien dijemput untuk dirawat inapkan di ruang isolasi RSUD Padangsidimpuan.

Sampai dengan Jumat (3/4) pagi  pasien masih mengeluhkan sesak dan mencret, dan dihasil rontgen ulangnya ada lebih banyak perburukan pneumonia di kedua paru.(Saut Togi Ritonga)
  BeritaTerkait
  • Dirujuk ke RSUP Adam Malik, PDP Asal Padangsidimpuan Meninggal Dalam Perjalanan

    4 bulan lalu

    Padangsidimpuan (Pelita Batak) :Pasien Dalam Pengawasan (PDP) Corona Virus Deasese (Covid-19) asal Kota Padangsidimpuan, mengembuskan nafas terakhir saat dalam perjalanan ke Rumah Sakit Umum Pusat (RS

  • Update Penanganan Covid-19 Padangsidimpuan, 871 Pelaku Perjalanan Selesai Di Observasi

    4 bulan lalu

    Padangsidimpuan (Pelita Batak) :Gugus Tugas Percepatan Penanganan Corona Virus Disease 2019 (Covid-19) Kota Padangsidimpuan kembali merilis jumlah warga yang sudah dan sedang dipantau hingga Jumat 10

  • PDP Warga Asal Sidimpuan Meninggal, Sedang Berobat di Medan

    3 bulan lalu

    Padangsidimpuan (Pelita Batak) :Perempuan berusia 56 tahun asal Kota Padangsidimpuan meninggal dunia dengan status Pasien Dalam Pengawasan (PDP) di Kota Medan, merupakan warga Kel. Losung Batu, Kec.Pa

  • Sabtu, Jemaah Haji Asal Tapsel Tiba Di Tanah Air

    3 tahun lalu

    Tapsel (Pelita Batak) : Rombongan Haji asal Kabupaten Tapanuli Selatan  dijadwalkan akan tiba di tanah air melalui bandara Kuala namu Medan, Sabtu 23 September 2017 sekitar pukul 13.30 Wib. Romb

  • Keluarga Dan Masyarakat Sambut Jamaah Haji Kota Padangsidimpuan

    11 bulan lalu

    Padangsidimpuan (Pelita Batak) :Isak tangis haru keluarga mewarnai penyambutan kepulangan Jamaah Haji asal Kota Padangsidimpuan, tergabung dalam kloter 9 Embarkasih Medan, di Mesjid Raya Al-Abror Kota

  •   komentar Pembaca
    Copyright © 2020 Pelita Batak Online. All Rights Reserved. Design by. heriweb