• Home
  • News
  • PDAM Tirtanadi Launching Program Sanitasi Layanan L2T2 dan L2T3 PDAM Tirtanadi
KSP Makmur Mandiri
Selasa, 18 Februari 2020 14:51:00

PDAM Tirtanadi Launching Program Sanitasi Layanan L2T2 dan L2T3 PDAM Tirtanadi

BAGIKAN:
ist|pelitabatak
Medan  (Pelita Batak):
Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Tirtanadi melakukan inovasi terbaru yakni Layanan Lumpur Tinja Terjadwal (L2TL) dan Layanan Limbah Tinja Tidak Terjadwal (L2T3) yang dilakukan PDAM Provinsi Sumut. Diharapkan melalui program ini dapat membersihkan limbah dari air rumah tangga dan air limbah perpipaan di wilayah Medan dan sekitarnya.

Grand Launching Layanan Lumpur Tinja Terjadwal (L2T2) dan program Layanan Lumpur Tinja Tidak Terjadwal (L2T3) PDAM Tirtanadi Provinsi Sumut di Rumah Dinas Gubernur Sumut, Selasa (18/2/2020).

Grand launching ini ditandai dengan simulasi Aplikasi Management Information System (MIS) dan Penyedotan Lumpur Tinja Oleh Petugas PDAM Tirtanadi Provinsi Sumut. Selain itu, acara tersebut juga diisi dengan santunan kepada anak yatim piatu Al Jamiatul Washliyah.

Gubernur Sumut Edy Rahmayadi saat membuka acara tersebut mengatakan Program L2T2 merupakan program layanan penyedotan lumpur tinja yang dilakukan terjadwal bagi seluruh rumah tangga di suatu kabupaten / kota. Sedangkan L2T3 yakni program layanan berdasarkan panggilan secara tiba-tiba ketika tanki septik penduduk mampet atau mengalami luapan akibat terlalu penuh.

"Hasil limbah ini nantinya akan dikelola, baik dari airnya ataupun ampasnya menjadi sesuatu yang dapat dimanfaatkan seperti salah satunya dikelola menjadi pupuk. Semoga ini semua dapat kita lakukan secara bersama-sama serta berkomitmen dalam melakukan pembenahan untjk mewujudkan Sumatera Utara yang bermartabat," tegas Edy.

Sebelumnya, Direktur Tirtanadi Trisno Sumantri dalam laporannya mengatakan bahwa PDAM Tirtanadi akan terus menguatkan komitmennya untuk melakukan pelayanan limbah, selain pelayanan air minum bagi pelanggannya. "Dan kami banyak berterima kasih kepada Kementerian PUPR dan Pemprov Sumut yang selama ini banyak membantu kami," kata Trisno.

Lebih lanjut Trisno mengungkapkan, dengan diluncurkannya L2T2 dan L2T3 tersebut, akan semakin mendorong pihaknya membersihkan air limbah rumah tangga maupun air limbah dari sistem perpipaan. "Tirtanadi memiliki fasilitas pengolahan air limbah di Cemara, yaitu Instalasi Pengolahan Air Limbah (IPAL) dan Instalasi Pengolahan Lumpur Tinja (IPLT). Semoga program ini nantinya akan berjalan dengan lancar dalam membersihkan air limbah rumah tangga maupun air limbah dari sistem perpipaan," ungkapnya.

Turut hadir dalam acara tersebut, Ketua TP PKK Provinsi Sumut Hj Nawal Edy Rahmayadi, Kejaksaan Tinggi Sumatera Utara (Kejatisu) Amir Yanto, DPRD Sumut Baskami Ginting, Direktorat Pengembangan Penyehatan Lingkungan Permukiman (PPLP) Direktorat Jenderal Cipta Karya Kemeterian Pekerjaan Umum dan Permukiman Rakyat (PUPR) Ir Prasetyo, Konsul Negara Sahabat, Ketua Dewan Pengawas PDAM Tirtanadi sekaligus Sekda Sumut Sabrina, Camat dan Lurah se Kota Medan serta Unsur Forkopimda lainnya.(KR|TAp)

  BeritaTerkait
  • Wujudkan Sanitasi Bersih dan Layak Lewat L2T2 dan L2T3

    7 bulan lalu

    Medan (Pelita Batak):Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Tirtanadi Medan mengatakan perlu melakukan koordinasi dengan Pemko Medan terkait pelaksanaan program Layanan Lumpur Tinja Terjadwal (L2T2) dan p

  • Dikelola Tirtanadi, Dua Menteri Resmikan IPLT, Sarana Dan Sambungan Air Minum

    3 tahun lalu

    Medan (Pelita Batak):Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK), Puan Maharani didampingi oleh Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), Basuki Hadimuldjono me

  • Wali Kota Apresiasi Dibangunnya Tempat Penampungan & Pengolahan Limbah Tinja

    3 tahun lalu

    Medan  (Pelita Batak) :Wali Kota Medan Drs H T Dzulmi Eldin S MSi menerima kunjungan Dirut PDAM Tirtanadi Sumut Sutedi Raharjo dan United States Agency International Development Indonesia Urban W

  • Akhyar Nasution Sampaikan Nota Jawaban Wali Kota Atas Pemandangan Umum Fraksi DPRD Tentang RAPBD 2020

    12 bulan lalu

    Medan (Pelita Batak):Pemko Medan telah melakukan sejumlah langkah guna mengatasi permasalahan sanitasi dan air bersih di Kota Medan. Salah satunya dengan pembangunan sistem penyediaan air minum (SPAM)

  • Kadin Undang Investor Korea Jajagi Potensi Investasi di Sumut

    3 tahun lalu

    Medan (Pelita Batak):Ketua Umum Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Sumatera Utara (Sumut) Ivan Iskandar Batubara menerima kunjungan rombongan investor dan ahli air asal Korea di RM Jimbaran, Jl. Pattim

  •   komentar Pembaca
    Copyright © 2020 Pelita Batak Online. All Rights Reserved. Design by. heriweb