• Home
  • News
  • Orang Batak Memiliki Peran Besar Membangun Ke-Indonesia-an
KSP Makmur Mandiri
Senin, 23 Mei 2016 04:52:00

Prof Dr Hotman M Siahaan

Orang Batak Memiliki Peran Besar Membangun Ke-Indonesia-an

BAGIKAN:
Dok
Prof Hotman Siahaan

Medan (Pelita Batak):

Orang Batak dalam konteks hamajuon Indonesia adalah salah satu unsur yang memperkaya keberanekaragaman di negeri ini.Peran orang Batak senyatanya tidak kecil dalam membangun ke-Indonesia-an di berbagai aspek kehidupan, sosial, ekonomi, politik, dan budaya bangsa. Ini bermakna, orang-orang Batak punya kemampuan adaptif dalam menempatkan diri, sekaligus eksistensi kebudayaannya di tengah berbagai eksitensi kebudayaan berbagai suku bangsa lain di negeri ini.

Hal itu disampaikan Prof Dr Hotman M Siahaan, dalam Seminar Tahun Keluarga HKBP Distrik X Medan-Aceh, 21 Mei 2016 di Hotel Danau Toba, Medan. "Sebagai identitas, hubungan sosial, termasuk hubungan kekuasaan  masyarakatBatak, berada dalam konteks ginealogis, yang merupakan suatu kesatuan darah, baik karena ikatan marga atau keturunan (kinship relation) maupun ikatan perkawinan (affinity relation) dalam hubungannya dengan teritorial, mulai dari peringkat huta, horja, dan bius," ujarnya.

Menurutnya, orang Batak sesungguhnya punya kesadaran kuat mempertahankan identitasnya ditengah arus hamajuon, di tengah meluasnya interaksi sosial baik berskala nasional maupun global. Namun kuatnya kesadaran mempertahankan identitas hubungan sosial dalam konteks Dalihan Na Tolu ini lebih dipahami dalam pengambilan sikap budaya sebagai resipien daripada sebagai agen, lebih bersikap pasif daripada aktif, lebih memandang Dalihan Na Tolu sebagai kata benda daripada sebagai kata kerja.

Sikap budaya sedemikian ini bukan saja menimbulkan ambivalensi dalam menghadapi hamajuon --perubahan sosial--yang begitu intens dan luas di tengah kemajemukan masyarakat Indonesia, tapi juga dalam menghadapi arus globalisasi di era milenial.(**)

  BeritaTerkait
  • OJK Gelar ASEAN Insurance Regulators Meeting (AIRM) Ke-19 di Yogyakarta

    5 tahun lalu

    Yogyakarta(Pelita Batak): Otoritas Jasa Keuangan menjadi penyelenggara sekaligus pemimpin pertemuan ASEAN Insurance Regulators Meeting (AIRM) ke-19 yang digelar 21-25 November 2016 di Yogyakarta.

  • Bupati Humbahas:Jambore Kader PKK Harus Dapat Membawa Perubahan Bagi Masyarakat

    4 tahun lalu

    Doloksanggul(Pelita Batak): Bupati Humbahas Dosmar Banjarnahor SE diwakili Plt Asisten Administrasi dan Kesra Drs AP Marbun membuka kegiatan jambore kader PKK tahun 2017 yang diselenggarakan di Aula H

  • Mari Kuliah ke Taiwan: Banyak Beasiswa Ditawarkan

    4 tahun lalu

    Laporan: Flemming Panggabean, TaiwanSumatera Utara merupakan suatu wilayah provinsi di Pulau Sumatera yang memiliki banyak sekali potensi sumber daya manusia yang cemerlang. Tentunya hal ini tidak lep

  • Peran Politik Warga dan Pelayan HKBP Tinjauan Perspektif Alkitabiah (1)

    2 tahun lalu

    Oleh Pdt Dr. Robinson Butarbutar, Ketua Rapat Pendeta HKBPI. PengantarSebagai Gereja Protestan yang berakar pada ajaran reformator Martin Luther dan para reformator lainnya maupun dari para penge

  • Budiman Amin Tanjung dan Ahmad Zulfikar Sagala Pimpin IJTI Sumut Periode 2016-2019

    5 tahun lalu

    Medan (Pelita Batak) :Musyawarah Daerah (Musda) Pengurus Daerah (Pengda) Ikatan Jurnalis Televisi Indonesia (IJTI) Sumatera Utara (Sumut) berlangsung sukses di Hotel Grand Sultan, Jl. Darussalam Medan, Sabtu (12/11/2016) sore.

  •   komentar Pembaca
    Copyright © 2021 Pelita Batak Online. All Rights Reserved. Design by. heriweb