• Home
  • News
  • Natal Nasional di Humbahas, Enggartiasto Lukita : Tampakna Do Tajomna, Rim Ni Tahi Do Gogona
KSP Makmur Mandiri
Senin, 26 Desember 2016 14:32:00

Natal Nasional di Humbahas, Enggartiasto Lukita : Tampakna Do Tajomna, Rim Ni Tahi Do Gogona

BAGIKAN:
ennimartalena|ist|PelitaBatak
Doloksanggul (Pelita Batak) :
Menteri Perdagangan Enggartiasto Lukita selaku ketua umum panitia Natal Nasional mengutip umpasa Batak, 'Tampakna do Tajomna, Rim ni tahi do gogona', untuk menggambarkan bagaimana masyarakat Batak sudah sejak lama mengutamakan kebersamaan dan menjadikan perbedaan sebagai kekuatan. Hal itu disampaikannya saat menyampaikan laporan pada acara nasional Natal Nasional di Humbanghasundutan, Doloksanggul, Senin (26/12/2016).
 
Dia menjelaskan, bahwa sebelum pelaksaan natal bersama di Doloksanggul, panitia telah melakukan sejumlah kegiatan sosial, memberikan bantuan kepada masyarakat, bantuan ke pesantren di sejumlah kabupaten di Sumatera Utara, serta Sarasehan Nasional bertema kebhinnekaan di Parapat. Sarasehan yang dihadiri oleh tokoh nasional seperti Mahfud MD, tokoh gereja dan masyarakat.
 
Sarasehan yang terlaksana dengan menggambarkan betapa masyarakat Indonesia akan tetap bersatu dalam kebhinnekaan. Khususnya pada masyarakat Tapanuli, kebersamaan untuk mencapai suatu tujuan diutamakan. "Tampakna do tajomna, rim ni tahi do gogona," ujarnya di hadapan Menko Maritim Luhut B Padjaitan, Saut Situmorang (Pimpinan KPK), RE Nainggolan, Parlindungan Purba, Rooslinda Marpaung, Bupati Humbahas Dosma Banjarnahor, Bupati Tobasa Darwin Siagian, Aduhot Simamora, dan undangan lainnya. Kemudian dilanjutkan dengan ibadah natal dengan tema "Hari ini telah lahir bagimu Juruselamat, Yaitu Kristus, Tuhan, di Kota Daud (Lukas 2:11) dan sub tema 'Mmeperkuat Persaudaraan dan Cinta Anak Bangsa'. Sebagai liturgis, Pdt Bonar Hasudungan Lumbantobing (Dosen STT HKBP) dan Pdt Sunggul P Sirait (Praeses HKBP Distrik X Medan Aceh).
 
Suatu kebanggaan katanya, perayaan natal tingkat nasional bisa dilaksanakan bersama masyarakat Tapanuli. Ia mengajak agar lewat perayaan natal dimana kehadiran Yesus Kristus menjadi juruselamat manusia. "Sebagaimana Yesus telah memberikan dirinya, hendaknya kita juga bisa memberikan diri kita untuk orang lain tanpa membedakan satu sama lain," katanya sembari menegaskan pesan sub tema natal 'Memperkuat Persaudaraan dan Cinta Anak Bangsa'.
 
Menteri Kordinator Bidang Maritim Luhut B Pandjaitan mengatakan, terimakasih kepada panitia dan menyambut kehadiran masyarakat. Ia mengharapkan agar masyarakat menjadikan damai yang dari Kristus dalam kehidupannya sehari-hari. (TAp)
 
  BeritaTerkait
  • Perayaan Natal Nasional di Humbahas Berlangsung Khidmat

    4 tahun lalu

    Doloksanggul (Pelita Batak) :Puncak perayaan natal nasional 2016 yang dilaksanakan Komplek Kantor Bupati Humbang Hasundutan (Humbahas), Bukit Inspirasi, Dolok Sanggul, Senin (26/12/2016) berlangsung khidmat.

  • Tampak na do Tajom na Rim ni Tahi do Gogona.

    4 tahun lalu

    Saya tidak tahu siapa yang mengajari perumpamaan Batak itu kepada Ketua Panitia Natal Nasional, Enggartiasto Lukita, pada saat perayaan acara Natal Nasional 26 Desember 2016 di Dolok Sanggul. &

  • Mendag Enggartiasto Lukita Tinjau Rencana Lokasi Natal Nasional dan Pasar Tradisional Doloksanggul

    4 tahun lalu

    Humbahas (Pelita Batak): Menteri Perdagangan (Mendag) Enggartiasto Lukita didampingi Anggota DPR RI Anton Sihombing dan sejumlah anggota DPRD serta pengurus Partai NasDem dari Kabupaten Taput dan T

  • Natal Nasional 2016 Dipusatkan di Doloksanggul Humbahas

    4 tahun lalu

    Jakarta (Pelita Batak) : Untuk pertama kalinya Pemerintah melalui Menteri Agama RI memutuskan menggelar perayaan Natal Nasional 2016 yang dipusatkan di luar Jakarta, yakni di Doloksanggul Kabupaten Humbang Hasundutan. Puncak perayaan yang akan digelar 2

  • Enggartiasto Lukita Tinjau Persiapan Perayaan Natal Nasional di Humbahas

    4 tahun lalu

    DOLOKSANGGUL (Pelita Batak) :Intensitas kesibukan dan sejumlah persiapan terus dilakukan untuk mensukseskan acara perayaan natal nasional 2016 di Dolok Sanggul, Kabupaten Humbang Hasundutan (Humbahas) dalam memperingati kelahiran sang juru selamat, Yesus

  •   komentar Pembaca
    Copyright © 2020 Pelita Batak Online. All Rights Reserved. Design by. heriweb