• Home
  • News
  • Nama Irjen Pol Karyoto Muncul Sebagai Kandidat Kabareskrim
KSP Makmur Mandiri
Rabu, 27 Januari 2021 21:49:00

Nama Irjen Pol Karyoto Muncul Sebagai Kandidat Kabareskrim

BAGIKAN:
IST | Pelita Batak
Nama Irjen Pol Karyoto Muncul Sebagai Kandidat Kabareskrim
Jakarta (Pelita Batak):
Setelah presiden melantik Kapolri Listyo Sigit Prabowo, Rabu (27/1/2021), jabatan Kabareskrim kini harus diisi pejabat yang baru. Irjen Pol Karyoto juga masuk ke dalam bursa pengisi posisi Kabareskrim. 

Meski awalnya tidak begitu mencuat, dilatarbelakangi  ruang tugasnya saat ini tak berada langsung di lingkungan Mabes Polri. 

Ya, meski berasal dari Korps Bhayangkara, Irjen Karyoto sebelumnya ditugaskan di lingkungan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). 

Disarikan Kompas.tv dari berbagai sumber, inilah profil dan rekam jejak Irjen Pol Karyoto.

Irjen Pol Karyoto dilahirkan di Pemalang, Jawa Tengah, pada Oktober 1968.

Dia tercatat sebagai lulusan Akpol 1990 yang berpengalaman dalam bidang reserse dengan ditandai penugasannya sebelum tahun 2008 sebagai perwira menengah di Bareskrim. 

Mentas dari Bareskrim, perjalanan karier Karyoto pun dimulai sejak tahun 2008 dengan menjadi Kapolres Ketapang.

Sejumlah posisi strategis juga sempat diembannya. Seperti Kapolres Barelang, Dirreskrimum Polda DIY, hingga dua kali memegang posisi Wakapolda yakni Wakapolda Sulawesi Utara dan Wakapolda DIY dengan pangkat Brigjen. 

Pada 14 April 2020, pangkatnya naik satu tingkat lebih tinggi seiring penunjukkan dirinya sebagai Direktur Penindakan KPK. 

Nama Karyoto sendiri sejatinya pernah muncul dalam dugaan kriminalisasi terhadap Komisioner KPK Abraham Samad dan Bambang Widjojanto alias BW pada 13 Januari 2015.

Momen tersebut terjadi tak lama setelah komisi antirasuah mengumumkan penetapan tersangka kepada Budi Gunawan, yang kala itu menjadi calon tunggal Kapolri dalam kasus rekening gendut. 

Saat konflik tersebut meruncing, Karyoto masih menjabat Direktur Reserse Umum Polda DIY berpangkat Komisaris Besar (Kombes).

Karyoto yang pernah bertugas di KPK itu juga sempat mendatangi bekas kantornya pada awal Februari  2015.

Ia mengantarkan surat dari Bareskrim Polri berisi panggilan pemeriksaan terhadap sejumlah pejabat struktural di KPK. Polisi juga meminta berkas sejumlah kasus korupsi yang tengah disidik KPK.

Kala itu, Bareskrim sedang menggarap perkara pemberian keterangan palsu di Mahkamah Konstitusi dengan tersangka Bambang Widjojanto. 

Di awal masa kepemimpinan Agus Rahardjo cs, Karyoto juga sempat mendaftar jadi Direktur Monitor KPK. Namun, pencalonan tersebut ditentang kalangan internal KPK.

Salah satu alasannya, Karyoto sempat masuk radar Kuningan (lokasi kantor KPK) dalam perseteruan KPK dan Polri dalam kasus Budi Gunawan.

Alhasil, Karyoto pun gagal dalam seleksi ini.

Di masa kepemimpinan Firli Bahuri cs sekarang, Karyoto yang telah menjabat Wakapolda DIY, kembali mencalonkan diri untuk posisi yang lebih tinggi, yakni Deputi Penindakan KPK. 

Posisi tersebut cenderung strategis karena akan membawahkan seluruh aspek penindakan komisi antikorupsi.

Mengikuti proses seleksi sejak awal Maret 2020, Karyoto akhirnya dipilih Ketua KPK Firli Bahuri dkk untuk posisi tersebut. 

Perjalanan Karier:

- Pamen Bareskrim Polri

- Kapolres Ketapang (2008)

- Kasubbid Infodata Kominter Set NCB Interpol (2009)

- Penyidik Utama Tk. II Dit III/Kor Dan WCC Bareskrim Polri (2010)

- Kasubdit III Dittipidkor Bareskrim Polri (2011)

- Kapolresta Barelang (2012)

- Dirreskrimum Polda DIY (2014)

- Analis Kebijakan Madya bidang Pideksus Bareskrim Polri (2015)

- Direktur Analis Pemutus Jaringan Internasional BNN (2016)

- Analis Kebijakan Utama bidang Pidkor Bareskrim Polri (2018)

- Wakapolda Sulawesi Utara (2018)

- Wakapolda DIY (2019)

- Deputi Penindakan KPK (2020) 

(Kompas.com)
  BeritaTerkait
  • Peta Sosiologi Kepemimpinan Polri dan Agenda Membangun Indonesia Maju

    3 bulan lalu

    PETA sosiologi kepemimpinan Polri semakin menunjukkan kaderisasi dan regenerasi berjalan terencana dan terorganisasi di institusi Polri. Ada formasi, mutasi, promosi bintang tiga, bintang dua, bintang

  • "Peta Sosiologi Kepemimpinan Polri dan Agenda Membangun Indonesia Maju"

    2 bulan lalu

    PETA sosiologi kepemimpinan Polri semakin menunjukkan kaderisasi dan regenerasi berjalan terencana dan terorganisasi di institusi Polri. Ada formasi, mutasi, promosi bintang tiga, bintang dua, bintang

  • Putera Karo, Irjen Pol Arman Depari Masuk Bursa Calon Kabareskrim Polri

    5 tahun lalu

    Jakarta (Pelita Batak): Nama-nama jenderal memasuki daftar bursa Calon Kabareskrim, kali ini Deputi Badan Narkotika Nasional (BNN), Irjen Pol Arman Depari, disebut-sebut masuk ke dalam bursa c

  • Ini Dia Irjen Pol. Arman Depari yang Berpengalaman di Reserse

    5 tahun lalu

    Jakarta (Pelita Batak): Sejumlah nama perwira tinggi kepolisian dikabarkan masuk dalam bursa calon Kabareskrim. Satu di antara yang disebut-sebut adalah Irjen Polisi Arman Depari. Setidak

  • Manfaatkan Hari Lebaran, Reuni 3 Dasawarsa Alumni SMARI '87 Penuh Keceriaan

    4 tahun lalu

    Deliserdang (Pelita Batak) :Libur hari Lebaran (Idul Fitri 1438 H), merupakan momen untuk berkumpul bersama keluarga dan teman. Karenanya, tak heran pasca Lebaran Tahun 2017 ini banyak berbagai kalang

  •   komentar Pembaca
    Copyright © 2021 Pelita Batak Online. All Rights Reserved. Design by. heriweb