• Home
  • News
  • NU Sumut Himbau Umat untuk Tidak Sholat di Jalan Pada 212
KSP Makmur Mandiri
Selasa, 29 November 2016 10:50:00

NU Sumut Himbau Umat untuk Tidak Sholat di Jalan Pada 212

BAGIKAN:
Ist|PelitaBatak
Sekretaris Tanfidizyah PWNU Sumut Drs. Misran Sihaloho, MSi

Medan (Pelita Batak) :
Sekretaris Tanfidizyah PWNU Sumut Drs. Misran Sihaloho, MSi mengimbau umat Islam di Sumatera Utara yang akan mengikuti aksi bela Islam 2 Desember 2016 (212), untuk tidak melaksanakan salat Jumat di jalan Diponegoro sekitarnya. Karena jalan raya bukan tempat yang tepat dan pantas untuk ibadah salat Jumat.

“Jalan Diponegoro adalah fasilitas umum untuk semua masyarakat kota Medan. Lebih baik kita bersama-sama memakmurkan masjid yang ada, sebagaimana sunnah Rasulullah,” kata Misran Sihaloho, melalui sambungan telepon di Medan, Selasa pagi (29/11/2016).

Menurutnya, tidak ada alasan yang tepat untuk salat Jumat di jalan raya, karena masjid-masjid yang ada masih sangat cukup dan layak menampung umat melaksanakan salat Jumat, halaman Masjid Agung sangat lebar, bahkan bisa digelar hingga ke halaman kantor Gubernur Sumut.

“Kita kan tidak dalam situasi darurat atau perang, kenapa harus shalat di jalan? Artinya jangan sampai niat ibadah disusupi niatan di luar konteks ibadah, misalnya untuk membuat kemacetan yang niatnya untuk membuat orang lain susah. Mari lah bersama-sama menjaga ketertiban,” kata Misran.

NU Sumut berharap, masyarakat dapat lebih menahan diri, cerdas dalam membaca kepentingan siapa dan untuk apa salat di jalan raya.

“Jangan sampai mau diboncengi sesuatu yang dapat merugikan kita sendiri dan keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI). Kita patut mencurigai motivasi dan tujuan lain dari pelaksanan salat pada 2 Desember di jalan raya,” kata mantan aktivis mahasiswa ini.

Berkaitan dengan kasus penistaan agama yang dituduhkan kepada Gubernur nonaktif DKI Jakarta Basuki Tjahaya Purnama alias Ahok, yang kini sudah masuk dalam ranah hukum, secara tegas NU menyatakan akan mengawal kasus tersebut sesuai dengan kaidah hukum dan perundang-undangan yang ada.

Kepada segenap anggota NU Sumatera Utara khususnya yang berdomisili di Kota Medan dan sekitarnya, Misran menghimbau untuk tidak ikut dalam aksi 212 dan tetap melaksanakan salat Jumat di masjid-masjid yang ada, serta mengedepankan prinsip saling menjaga dan menghormati sesama umat.

Sebelumnya, Gerakan Anti Penistaan Agama Islam (GAPAI) Sumut yang telah melakukan konsilidasi ormas Islam menjelang aksi 212 di Masjid Agung Medan, pada Jumat (25/11), mengeluarkan himbauan pada masyarakat.

“Kenakan pakaian putih-putih. Jangan lupa bawa sajadah karena kita akan gelar Salat Jumat berjamaah, mungkin dengan kiblatnya di Masjid Agung, namun karena massa diperkirakan 1 juta orang, maka diperkirakan Salat Jumat berjamaah akan sampai ke Jalan Diponegoro, bahkan Jalan Sudirman, ” ujar Rabualam, juru bicara GAPAI Sumut.

(TAp/rel)

  BeritaTerkait
  • DPRD Medan: BKM Hendaknya Tidak Ikut Demo

    4 tahun lalu

    Medan (Pelita Batak) :DPRD Kota Medan mengapresiasi Maklumat Bersama yang dikeluarkan oleh Gubernur, Kapolda Sumut dan Pangdam I/BB dalam menyikapi maraknya penyampaian pendapat di muka umum belakangan ini.

  • MUI Sumut: Kegiatan Aksi Bela Islam 212 Berpusat di Masjid Agung

    4 tahun lalu

    Medan (Pelita Batak) : Majelis Ulama Islam (MUI) Sumut mengapresiasi terwujudnya kesepakatan bersama antara Kepala Kepolisian Republik Indonesia (Kapolri) dan Gerakan Nasional Pengawal Fatwa (GNPF) MUI

  • Ribuan Kaum Ibu Shalat Tasbih di Gubernuran

    4 tahun lalu

    Medan (Pelita Batak) :Ribuan ibu-ibu dari berbagai organisasi dan pengajian pada kegiatan shalat tasbih di rumah dinas Gubernur (Gubernuran) Jalan Jend Sudirman Medan, Senin (12/06/2017).Didampingi is

  • Selamat Ulang Tahun Pak Gubernur

    4 tahun lalu

    Medan (Pelita Batak) :Usai shalat Subuh, Jumat (30/06/2017), Gubernur Sumatera Utara (Gubsu) Tengku Erry Nuradi dikejutkan dengan kehadiran puluhan tamu di kediamannya di Jalan Teuku Daud Medan.Tamu i

  • Wali Kota Tinjau Operasi Pasar di Pasar Sei Sikambing

    3 tahun lalu

    Medan (Pelita Batak):Pemko Medan bekerjasama dengan Perum Divre Bulog Sumut menggelar operasi pasar di Pasar Tradisionil Sei Sikambing Medan Jalan Gatot Subroto Medan, Rabu (6/12). Operasi pasar digel

  •   komentar Pembaca
    Copyright © 2021 Pelita Batak Online. All Rights Reserved. Design by. heriweb