• Home
  • News
  • Medan Denai Pertahankan Gelar Juara Umum Porkot
KSP Makmur Mandiri
Senin, 07 November 2016 09:52:00

Medan Denai Pertahankan Gelar Juara Umum Porkot

BAGIKAN:
Ist|PelitaBatak

Medan (Pelita Batak) :
Untuk keempat kalinya Kecamatan Medan Denai berhasil keluar sebagai juara umum Pekan Olaharaga  Kota (Porkot). Catatan membanggakan ini  sukses diraih setelah Medan Denai kembali keluar sebagai juara umum Porkot  Medan ke-VIII tahun 2016. Keberhasilan ini diperoleh setelah para atletnya berhasil mendulang 51 medali emas, 33 perak dan 34 perunggu selama sepekan Porkot digelar. Selain mempertahankan piala bergilir, Medan Denai juga mendapatkan 1 unit sepeda motor sebagai hadiah utama. Suskes ini disempurnakan lagi atas keberuntungan salah seorang warga Medan Denai yang berhasil mendapatkan 1 unit sepeda motor melalui lucky draw.

Di poisis runner-up ditempati Kecamatan Medan Sunggal dengan torehan medali 27 emas, 21 perak, dan 23 perunggu. Sedangkan Kecamatan Medan Amplas menemapti posisi ketiga dengan perolehan 23 emas, 24 perak dan 26 perunggu. Medan Selayang berada di urutan empat dengan raihan 22 emas, 17 perak dan 26 perunggu, dan Medan Deli rangking kelima dengan hasil 22 emas, 15 perak dan 20 perunggu.

Dengan ditetapkannya Kecamatan Medan Denai sebagai juara Umum, maka Porkot Medan ke VIII  pun resmi ditutup. Wakil Wali Kota Medan, Ir Akhyar Nasution MSi menutup perhelatan olahraga  paling bergengsi di Kota Medan ini di Stadion Teladan, Medan, Sabtu (5/11). Selain penurunan bendera, penutupan juga ditandai dengan pemadamam api Porkot yang selama sepekan ini menyala di Satdion Teladan.

Dalam sambutan penutupan, Akhyar mengatakan prestasi yang diraih para atlet di Porkot ini merupakan langkah awal untuk mempersiapkan diri tampil diajang yang lebih prestisius lagi. Mengingat, masih banyak kejuaraan tingkat daerah, provinsi hingga nasional yang menanti. "Porkot sebagai upaya kita meningkatkan olahraga. Saya sangat bangga dengan raihan prestasi atlet. Pertahankan dan tingkatkan prestasi yang diraih di Porkot ini. Apa yang kita upayakan, dapat mendorong kemajuan Medan di bidang olahraga," kata Akhyar.

Selanjutnya Akhyar menilai, pelaksanaan Porkot terus menunjukkan prestasi yang baik bagi seluruh kecamatan. Karena hampir seluruh kecamatan masing – masing memilik cabor andalannya. Hal ini pula, yang menjadi pekerjaan rumah bagi KONI Medan untuk mengevaluasi pencapaian Porkot tahun ini. “Saya melihat, selama pelaksanaan Porkot, prestasi tiap kecamatan baik. Ini agar menjadi evaluasi bagi KONI Medan untuk memantau bakat-bakat atlet, yang dipersiapkan sebagai cikal bakal atlet masa depan Kota Medan dari Porkot ini," ungkapnya.

Kemudian Akhyar berharap moment Porkot ini dapat lebih memacu atlet untuk mengembalikan masa kejayaan Medan di bidang olahraga. Terakhir para era 90 – an, Medan mendominasi sebagian besar cabor yang menjadi tumpuan Indonesia di ajang internasional. "Mari Kembalikan masa kejayaan masa dulu, yang menjadi macan tiap olahraga. Kalianlah sebagai ujung tombak Kota Medan ditingkat provinsi, nasional bahkan dunia. Agar Medan tidak vakum dan miskin prestasi atlet. Sehingga Medan sebagai kota atlet dapat terwujud," jelasnya.

Sementara itu Ketua KONI Medan, Eddy H Sibarani mengatakan, cabang olahraga yang dipertandingkan di Porkot semuanya di pertandingkan di PON, yakni 33 cabor yang diikuti 21 kecamatan se-Kota Medan. Eddy menegaskan, prestasi yang diraih atlet akan dipantau secara berkesinambungan. Tidak khayal, dirinya pun mengimbau, atlet yang meraih prestasi untuk mempertahankan, bahkan meningkatkanya.

"Prestasi yang berhasil diraih sekiranya dapat dipertahankan dan ditingkatkan ke depan. Karena bukan sampai di sini yang akan dijalani atlet, masih banyak yang harus dilalui," tutur Eddy.

Eddy selanjutnya menyebutkan, selesainya Porkot ini akan menjadi pekerjaan baru bagi pihaknya. Atlet peraih medali akan diseleksi untuk masuk dalam program pembinaan atlet. "Setelah Porkot ini, KONI Medan akan melakukan penjaringan melalui tes fisik dan kesehatan bagi atlet, yang selanjutnya diproyeksikan menjadi atlet binaan KONI Medan 2017 mendatang," tegasnya.(TAp)

  BeritaTerkait
  • Medan Denai Pertahankan Juara Umum Porkot ke-X

    2 tahun lalu

    Medan (Pelita Batak):Wakil Wali Kota Medan  Ir  H  Akhyar Nasution MSi  menutup Pekan Olahraga Kota (PORKOT) Medan ke - X Tahun 2018 di Gelanggang Remaja Jalan Sutomo Medan, Sabtu

  • Kantongi 44 Medali Emas, Medan Denai Juara Umum Porkot Tahun 2017

    3 tahun lalu

    Medan (Pelita Batak):Pekan Olahraga kota Medan (Porkot) ke-IX Tahun 2017 melahirkan atlit-atlit baru di Kota Medan. Keluar sebagai Juara Umum Kecamatan Medan Denai  dengan meraih 44 medali emas,

  • Usung Terus Budaya Produktif dan Membangun

    3 tahun lalu

    Medan (Pelita Batak) :Hari pertama kerja  usai libur panjang Hari Raya Idul Fitri 1438 H di lingkungan Pemko Medan diisi dengan upacara bendera untuk memperingati Hari Jadi ke-427 Kota Medan tahu

  • KTI Gelar Tinju di Humbahas, Ramli Pasaribu Pertahankan Gelar Juara Nasional

    3 tahun lalu

    DOLOKSANGGUL(Pelita Batak): Ramli Pasaribu petinju dari BM Kosgoro 1957 BC Pematang Siantar nasional berhasil mempertahankan gelar juara tinju nasional kelas kelas ringan junior versi Komisi Tinju Ind

  • Porkot X 2018 Kota Medan Dibuka

    2 tahun lalu

    Medan (Pelita Batak):Wali Kota Medan Drs H T Dzulmi Eldin S MSi MH membuka  Pekan Olahraga Kota (Porkot) Medan ke-X tahun 2018 di Gelagang Remaja Jalan Sutomo Medan, Sabtu (24/11). Selain sebagai

  •   komentar Pembaca
    Copyright © 2020 Pelita Batak Online. All Rights Reserved. Design by. heriweb