• Home
  • News
  • Masyarakat Perkotaan Diajak Manfaatkan Rooftop Sebagai RTH
KSP Makmur Mandiri
Jumat, 18 September 2020 19:58:00

Masyarakat Perkotaan Diajak Manfaatkan Rooftop Sebagai RTH

BAGIKAN:
IST|Pelita Batak
Medan (Pelita Batak):
Masyarakat diajak untuk memanfaatkan rooftop (atap gedung) atau lahan untuk dijadikan sarana menanam berbagai jenis tanaman pangan. Dengan begitu, masyarakat turut serta ikut andil dalam mendukung ketahanan pangan di Kota Medan.

Hal ini disampaikan Plt Wali Kota Medan, Akhyar Nasution usai melakukan panen perdana kacang tanah di Kampung Millenium Agro Rooftop Plaza Millenium, Jalan Kapten Muslim Medan, Kamis (17/9). Selain melaksanakan panen raya, Akhyar juga sekaligus melakukan talk show bersama MNC Trijaya di lokasi yang sama.

"Dengan memanfaatkan lahan yang ada, seperti halnya rooftop ini, maka kita turut mendukung terwujudnya ketahanan pangan di Kota Medan. Selain itu juga, sebagai wujud kemandirian masyarakat untuk memenuhi sebagian kebutuhannya sehari-hari," kata Akhyar.

Atas inisiasi dan inovasi tersebut, Akhyar pun menyampaikan apresiasi dan ucapan terima kasih kepada pihak pengelola gedung karena telah menjadikan rooftop Plaza Millenium sebagai tempat yang nyaman dan asri layaknya sebuah ruang terbuka hijau (RTH). Apalagi lanjutnya, rooftop dihiasi berbagai tanaman pangan lain seperti umbi-umbian, jagung dan padi.

"Kami mengajak masyarakat Kota Medan agar dapat memanfaatkan rooftop rumah yang dimiliki sebagai RTH pribadi. Sebab, banyak manfaat yang bisa didapat salah satunya mampu mengurangi intensitas banjir di Kota Medan karena saat hujan turun, air tidak langsung ke parit, melainkan tertahan dulu di sini (rooftop)," ungkapnya.

Selain itu, mantan anggota DPRD Medan tersebut menuturkan akan mempertimbangkan adanya diskon pajak bumi dan bangunan (PBB) bagi masyarakat yang menjadikan rooftop sebagai RTH. "Nanti akan kita pertimbangkan untuk warga yang membuat RTH seperti diskon PBB permeter kubiknya. Pola seperti ini akan kita upayakan," jelasnya seraya mengaku optimis jika target 20% RTH dapat dilewati.(KU|TAp)
  BeritaTerkait
  • Proklamasi Naibaho Ajak Warga Turut Jaga Kebersihan Lingkungan

    2 tahun lalu

    Medan (Pelita Batak):Anggota DPRD kota Medan Proklamasi K Naibaho menggelar sosialisasi Peraturan Daerah Kota Medan No. 6 tahun 2015 tentang Pengelolaan Persampahan di Komplek Pemda, Kelurahan Sempaka

  • IM3 Unlimited Creative Sehatkan 12 Sekolah di Medan

    2 tahun lalu

    Medan (Pelita Batak):Digital Day merupakan salah satu kegiatan dari program Corporate Social Responsibility (CSR) Indosat Ooredoo pilar Edukasi dan Inovasi. Kegiatan ini sebagai wujud kepedulian perus

  • Pendidikan Harga Mati di Lanny Jaya Papua

    4 tahun lalu

    Papua (Pelita Batak) : Dalam sambutannya, Bupati Befa Yigibalom, SE, M,Si menyatakan bahwa pendidikan adalah harga mati untuk membangun di Kabupaten Lanny Jaya, Provinsi Papua. “Kami tidak

  • OJK dan Satgas Waspada Investasi Ungkap Dua kasus Investasi Ilegal dan Satu Penipuan Pelunasan Kredit

    4 tahun lalu

    Jakarta(Pelita Batak): Otoritas Jasa Keuangan dan Satuan Tugas Penanganan Dugaan Tindakan Melawan Hukum di Bidang Penghimpunan Dana Masyarakat dan Pengelolaan Investasi (Satgas Waspada Investasi) m

  • Mungkinkah Menistakan Agama?

    4 tahun lalu

    Demonstrasi dalam rangka membela Tuhan makin banyak. Hal ini membuat saya bertanya, "Mungkinkah membela agama?". Pertanyaan selanjutnya, "Sebegitu lemahkah Tuhan dan Agama sehingga memerlukan pembelaan dari umatnya?"

  •   komentar Pembaca
    Copyright © 2020 Pelita Batak Online. All Rights Reserved. Design by. heriweb