• Home
  • News
  • Mantan Komisioner Kompolnas Edy Hasibuan Raih Gelar Doktor Hukum
KSP Makmur Mandiri
Jumat, 03 November 2017 21:16:00

Mantan Komisioner Kompolnas Edy Hasibuan Raih Gelar Doktor Hukum

BAGIKAN:
Ist
Edy Hasibuan
Jakarta(Pelita Batak): Mantan Komisioner Kompolnas Edi Saputra Hasibuan Ssos, SH, MH, yang juga mantan wartawan Poskota, dan mantan Ketua Forum Wartawan Polisi dikukuhkan sebagai Doktor Ilmu Hukum Universitas Borobudur, Sabtu 28 Oktober 2017 siang. Disertasi yang diajukan dalam meraih gelar tersebut adalah Pengawasan terhadap Polri untuk Mewujudkan Polisi yang Lebih Profesional.

Bertindak selaku promotor yakni Prof Kuntoro SH MH dan co-promotor Dr Petrus Irwan Panjaitan SH MH.

Sedangkan ketua tim penguji adalah Prof Dr H Basir Barhtos (Rektor Universitas Borobudur) serta anggota Dr HM Faisal Amir (Direktur Program Pasca Sarjana Universitas Borobudur), Prof Dr Faisal Santiago SH, MH dan Prof Dr Irjen Pol (Purn) Teguh Sudarsono.

Edi Hasibuan dalam paparan distertasinya mengatakan, sejak reformasi bergulir tahun 1996 menjadi momentum bagi Kepolisian Republik Indonesia untuk membenahi dan memperbaiki diri. Harapan besarnya adalah Polri menjadi polisi yang profesional melalui berbagai inovasi, melakukan reformasi secara internal dalam aspek instrumental, struktural, dan pembaruan kultural.

Polisi, lanjut Edi, harus profesional dalam menjalankan tugasnya dengan tujuan yang murni hanya untuk kepentingan penegakan hukum sesuai tuntutan masyarakat. Karena itu, polisi jangan merekayasa kasus, tetapi sebaliknya polisi harus menunjukkan kinerja yang profesional sesuai dengan fakta hukum yang ada.

Artinya, siapa pun yang salah sesuai bukti yang ada harus ditindak. Sebaliknya, jika warga yang bertindak benar harus dihargai.

Edi selama ini mengawali karir sebagai wartawan dengan liputan utama masalah kriminal dan kepolisian. Selain itu, ia juga telah membuat sejumlah buku yang mengupas berbagai kasus kejahatan dan juga sketsa Kompolnas. Alumni IISIP jurusan komunikasi itu juga pernah menjabat komisioner Kompolnas selama empat tahun.

Saat ini, Edi Hasibuan aktif menjadi dosen Universitas Surya Darma Jakarta, Ketua Yayasan dan Kepala Sekolah SMA Plus Taruna Bangsa Padang Lawas, Sumatera Utara, dan Direktur Eksekutif Pusat Pengkajian Kepolisian.(R1)
  BeritaTerkait
  • Kapolri Tito Sebut Kalangan Pendidikan Tinggi Punya Peran Besar Jaga Keamanan

    2 tahun lalu

    Jakarta (Pelita Batak): Kapolri Jendral Pol Prof Tito Karnavian PhD mengatakan, untuk menciptakan rasa aman di tengah masyarakat, dibutuhkan peran serta lembaga pendidikan tinggi. Tito mengatakan, se

  • Mantan TKI Arab Saudi Jadi Doktor di FH Unpad

    4 tahun lalu

    Nuryati Solapari, mantan tenaga kerja Indonesia (TKI) di Arab Saudi, meraih gelar doktor hukum pada Sidang Promosi Doktor dengan disertasi "Penerapan Prinsip Keadilan Sosial Bagi Perlindungan Pekerja Migran Indonesia dalam Pemenuhan Hak Menurut Siste

  • Yasonna Laoly Ajak Politisi Belajar dari Sabam Sirait yang Tabah, Lentur dan Konsisten

    4 tahun lalu

    Jakarta(Pelita Batak): Menteri Hukum dan HAM Yasonna Laoly, mengajak para politisi untuk belajar dari pengalaman politisi senior Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan, Sabam Sirait.  

  • Lemkapi Minta Kasus Ahok-Buni Yani Sebaiknya Diselesaikan di Luar Jalur Hukum

    4 tahun lalu

    Jakarta(Pelita Batak): Penyelesaian kasus dugaan penistaan agama dengan terlapor  Ahok  dan kasus pengunggahan video dengan terlapor Buni Yani sebaiknya diselesaikan diluar jalur hukum al

  • HIMNI Sumut Gelar Kursus Memahami Tahapan Pemilu 2019

    3 tahun lalu

    Medan(Pelita Batak): HIMNI Sumut menggelar kursus bertajuk 'Memahami Tahapan Pemilu 2019', Sabtu, 28 Oktober 2017 di aula KPU Provinsi Sumatera Utara. Hadir Turunan B Gulo, SP, MP ketua DPW

  •   komentar Pembaca
    Copyright © 2020 Pelita Batak Online. All Rights Reserved. Design by. heriweb