• Home
  • News
  • Malam Pegelaran Budaya Kabupaten Dairi di PRSU Tahun 2017; Tampilkan Drama Kolosal "Pertaki II"
KSP Makmur Mandiri
Jumat, 24 Maret 2017 20:46:00

Malam Pegelaran Budaya Kabupaten Dairi di PRSU Tahun 2017; Tampilkan Drama Kolosal "Pertaki II"

BAGIKAN:
ist|PelitaBatak
Sidikalang (Pelita Batak) :
Drama kolosal “Pertaki”, Sebuah deskripsi drama yang dimainkan dengan sejumlah pemain untuk menggambarkan suasana perebutan kekuasaan dari seorang anak bernama Mahangga kepada ayahnya, dengan cara yang tidak baik dan melakukan pemaksaan bahkan dengan cara berupaya untuk meracuni bahkan harus berakhir dengan membunuhnya.
 
“Saudara perempuan Mahangga bernama Karina, turut diajak dengan trik pribadinya tipu daya untuk melemahkan kemampuan sang ayah, sementara ibunda mereka sedang mengandung,alhasil ayah dibunuh oleh Mahangga, sementara Karina sadar diri telah diperdaya untuk membantu membunuh sang ayah, lanjutnya Karina pun membunuh Mahangga putra mahkota,” ujar Siswati Solin, selaku jajaran panitia pementasan drama kolosal dimaksud.
 
Siswati Solin, lebih lanjut menjelaskan, Pertaki merupakan julukan pimpinan kesatuan marga, lebbuh atau satu kampung. Untuk itu, dalam cerita yang disampaikan, setelah Pertaki dan Mahangga meninggal selanjutnya khalayak ramai, masyarakat, pengikut serta saudara berharap jabang bayi yang sedang dikandung istri Pertaki bernama “Tiur” menjadi pengganti Pertaki.
 
Sementara itu, dalam rapat  Senin (20/3) di Kantor Disbudpar Dairi, persiapan malam pegelaran budaya dan seni Kabupaten Dairi pada Pekan Raya Sumatera Utara (PRSU) tahun 2017 di tapian Daya yang akan dilaksanakan Senin malam (3/4), akan juga ditampilkan pementasan seni dari perkumpulan mahasiswa pakpak di Medan, juga persembahan tarian dari ibu ibu PKK dan dharma Wanita Pemkab Dairi.
 
Untuk itu, baik panitia dinas kebudayaan dan pariwisata kabupaten Dairi maupun warga segenap Kabupaten Dairi serta pemerhati seni dan pementasan drama kolosal berharap warga Kabupaten Dairi, baik yang berdiam di Medan maupun dari kabupaten Dairi untuk beramai ramai menyaksikan pegelaran kebudayaan dimaksud.
 
Kabag Humas & Protokol kabupaten Dairi, Erika Hasugian berharap antusiasme warga untuk menyaksikan pegelaran dimaksud tanggal 3 April mendatang dengan mengunjungi PRSU di Tapian Daya, Jl. Gatot Subroto Medan.
 
“Pertunjukan Drama Kolosal Pertaki II yang akan dipentaskan setidaknya melibatkan pemain yang direkrut langsung oleh Dinas terkait, dan asli orang orang dari kabupaten Dairi, “ ujarnya. Jadi, menurutnya pementasan yang akan dilakukan pada malam pegelaran seni budaya Kabupaten Dairi adalah murni karya warga Kabupaten Dairi. Sebelum tampil pada PRSU juga akan dilaksanakan General Repetisi (GR) di Gedung Djauli Manik pada hari Rabu 29 Maret 2017.
 
Sebelumnya, pada pegelaran budaya beberapa tahun lalu kabupaten Dairi menampilkan drama kolosal Pertaki I, yang menceritakan tentang pembantain oleh penjajah ketika masa pemberontakan hingga menculik, bahkan membantai akhirnya membunuh istri Pertaki sehingga, Pertaki bersama pengikutnya selanjutnya melakukan perlawanan bahkan menyudahi kekuasaan penjajah dengan balas dendam dan menjadikan penggalan kepala penjajah sebagai ganjaran atas pembantaian istrinya. (TAp|Rel)
  BeritaTerkait
  • Pesta Budaya Njuah-Njuah Diharapkan Masuk Kalender Wisata Nasional

    3 tahun lalu

    Sidikalang (Pelita Batak):Pesta Budaya Njuah-Njuah yang setiap tahun digelar oleh masyarakat Kabupaten Dairi diharapkan dapat masuk menjadi salah satu kalender wisata nasional. Sebab, even ini diyakin

  • Pembukaan PRSU ke-46, Gubernur Janjikan Subsidi Rp 300 Juta di Tahun 2019

    3 tahun lalu

    Medan (Pelita Batak) : Pembukaan Pekan Raya Sumatera Utara (PRSU) ke-46 tahun 2017 oleh Gubernur Sumut H Tengku Erry Nuradi membawa kabar baik. Selain banyak mengapresiasi keberhasilan program, j

  • Pagelaran Songket Medan Meriahkan Pembukaan Gemes 2017

    3 tahun lalu

    Medan (Pelita Batak):Meski sempat diguyur hujan deras sejak petang hingga malam hari namun pembukaan Gelar Melayu Serumpun (Gemes)  2017 berlangsung sangat meriah di Lapangan Merdeka Medan, Jumat

  • Malam Ini Tokoh Sumut Bareng Menpar Arief Yahya Launching Calendar of Event Pariwisata Danau Toba 2017

    3 tahun lalu

    Jakarta(Pelita Batak): Bagi yang kangen musik tradisional Batak? Kangen dengan suasana kampung halaman di Sumatera Utara? Ada baiknya menyimak acara di Balairung Soesilo Soedarman, Gedung Sapta Pes

  • Kini Pemkab Humbahas Miliki Paviliun di PRSU

    3 tahun lalu

    Medan (Pelita Batak) : Pemerintah Kabupaten Humbang Hasundutan (Humbahas) menjadi tuan rumah pelaksana Pekan Raya Sumatera Utara (PRSU) ke-46 tahun 2017. Pada kesempatan ini pula, Pemkab pemekara

  •   komentar Pembaca
    Copyright © 2020 Pelita Batak Online. All Rights Reserved. Design by. heriweb