• Home
  • News
  • Lakukan Penyuluhan Hukum, Kajari Medan Olopan Nainggolan Pimpin Road Show di 17 Kecamatan
KSP Makmur Mandiri
Selasa, 31 Januari 2017 05:46:00

Lakukan Penyuluhan Hukum, Kajari Medan Olopan Nainggolan Pimpin Road Show di 17 Kecamatan

BAGIKAN:
Ist|PelitaBatak
Wakil Wali Kota Akhyar Nasution menerima kunjungan Kajari Medan Olopan Nainggolan dan rombongan

Medan (Pelita Batak) :
Kejari Medan akan menggelar road show untuk memberikan penyuluhan hukum kepada seluruh apratur sipil negara (ASN) di kecamatan. Direncanakan, road show ini akan dimulai Februasi sampai akhir Nopember 2017. Tercatat, 17 kecamatan yang masuk wilayah kerja Kejari Medan akan menjadi target dalam penyuluhan hukum tersebut.

Demikian terungkap dalam pertemuan Wakil Wali Kota Medan, Ir Akhyar Nasution MSi dengan Kajari Medan, Olopan Nainggolan SH MH yang datang berkunjung didampingi Kasi Intel, Rudi Hermawan SH dan Kasi Perdata dan Tata Usaha Negara (Datun), Firdaus SH di Balai Kota Medan, Senin (30/1/2017).

Olopan menjelaskan, penyuluhan hukum yang dilakukan ini terkait kinerja yang akan dilakukan Kejari Medan tahun 2017. Kegiatan ini merupakan salah satu bentuk reformasi birokrasi yang dilakukan Kejari Medan. Selain kecamatan, penyuluhan hukum juga akan mereka laksanakan di sekolah-sekolah untuk tingkat SLTA serta dinas-dinas.

"Kejari Medan saat ini membuat program penyuluhan hukum bagi aparatur di tingkat Kecamatan, tujuannya agar memberikan edukasi bagi aparatur kecamatan mengenai pengetahuan hukum yang berkaitan dengan tugas-tugas Pemerintahan ditingkat kecamatan seperti bidang perdata dan  tata usaha negara (datun) dan korupsi," kata Olopan.

Dengan penyuluhan yang kita lakukan ini, Olopan berharap agar ASN di tingkat kecamatan semakin mengetahui lebih jauh tentang hukum. Dengan demikian mereka tidak akan melakukan tindakan yang melanggar hukum.

"Pelaksanaan program ini nantinya akan disampaikan langsung ke Kejaksaan Agung dan Presiden. Untuk itulah sebelum melaksanakan penyuluhan hukum ini, kita lebih dahulu sowan dengan Wali Kota maupun Wakil Wali Kota agar mengistruksikan kepada para camat agar menghadirkan seluruh jajarannya guna menghadiri penyuluhan hukum yang akan dilakukan,” ungkapnya.

Olopan selanjutya menegaskan, penyuluhan hukum yang mereka lakukan gratis. Di samping itu pihak kecamatan pun tidak perlu membuat persiapan yang macam-macam. “Kedatangan kita hanya untuk memberikan penyuluhan hukum saja. Rencananya kita awali dari Kecamatan Medan Amplas, lalu kecamatan lainnya yang masuk di wilayah kerja Kejari Medan. Penyuluhan ini akan kita laksanakan dua kali dalam sebulan di setiap kecamatan,” jelasnya.

Selain program penyuluhan hukum, Olopan juga menjelaskan mengenai rencana MoU antara Pemko Medan dengan Kejari Medan di bidang pendampingan hukum. Menurut Olopan, MoU ini sangat penting sebagai pintu masuk bagi Kejari Medan dalam memberikan pendampingan dan bantuan hukum kepada Pemko Medan.

"Setelah adanya MoU ini, bila nanti Pemko Medan digugat oleh perusahaan ataupun instansi lainya, maka kejari dapat memberikan pendampingan dan bantuan hukum bagi Pemko Medan baik berupa konsultasi hukum maupun litigasinya,"kata Olopan.

Wakil Walikota Medan Ir Akhyar Nasution MSi didampingi Asisten Pemerintahan dan Sosial Setda Kota Medan Drs Musaddad, Kabag Hukum Kota Medan, Sulaiman Harahap SH M.SP dan Kabag Administrasi Pemerintahan, Zain Noval, SSTP, menyambut baik program penyuluhan hukum bagi aparatur Kecamatan yang digelar Kejaksaan Negeri Medan tersebut.

"Kita sangat mendukung dan mengapresiasi dilakukannya penyuluhan hukum kepada apratur di kecamatan. Program ini tentunya sangat berguna bagi aparatur kecamatan dalam menunjang pemahaman hukum, sehingga mereka diharapkan dapat memberikan kinerja pelayanan yang lebih baik lagi dan menjalankan tugas sesuai dengan ketentuan hukum, sehingga terwujudnya good govermance,"kata Wakil Wali Kota.

Selanjutnya terkait dengan tawaran MoU mengenai pendampingan hukum yang akan diberikan Kejari Medan, mantan anggota DPRD Medan itu pun menyambut positif. “Kita akan segera sampaikan kepada Pak Wali. Insya Allah Pak Wali pasti mendukungnya, sehingga MoU ini secepatnya kita laksanakan,” ungkapnya. (H/TAp)

 

  BeritaTerkait
  • FKPD Medan Tanda Tangani Fakta Integritas Sapu Bersih Pungli

    3 tahun lalu

    Medan (Pelita Batak) : Seluruh unsur pimpinan Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (FKPD) Kota Medan telah bulat tekad memberantas pemungutan liar (pungli) di ibukota Provionsi Sumatera Utara ini.

  • Olopan Nainggolan SH MH : ....Kami Tidak Meminta Bayaran

    3 tahun lalu

    Medan  (Pelita Batak) : Pemko Medan, Kejari Medan dan Kejari Belawan menandatangani Memorandum of Standing (MoU) di bidang perdata dan tata usaha negara (Datun) di Balai Kota Medan, Senin (6

  • Akhyar Ingin Program Jaksa Pengacara Negara Road To Kecamatan Terus Berlanjut

    2 tahun lalu

    Medan (Pelita Batak):Atas nama seluruh jajaran Pemko Medan, Wakil Wali Kota Medan Ir H Akhyar Nasution MSi mengucapkan terima kasih kepada kejari Medan atas program Jaksa Pengacara Negara Road To Keca

  • Unsur Forkopimda Siap Dukung Pemko Medan Tertibkan Papan Reklame & Pedagang Kaki Lima

    3 tahun lalu

    Medan (Pelita Batak) : Pemko Medan  segera menertibkan kembali seluruh papan reklame  bermasalah di Kota Medan. Penertiban ini mendapat dukungan penuh seluruh unsur Forum Koordinasi&nbs

  • Ini Cerita Tersembunyi Malam Pisah Sambut Dandim 0201/BS

    3 tahun lalu

    Medan (Pelita Batak) : Suasana haru dan penuh kekeluargaan mewarnai malam pisah sambut Dandim 0201/BS dari Kolonel Infantri Maulana Ridwan kepada Kolonel Infantri Bambang Herqutanto di Hotel Sant

  •   komentar Pembaca
    Copyright © 2020 Pelita Batak Online. All Rights Reserved. Design by. heriweb