• Home
  • News
  • Kurir Ditembak, BNN Sita 32 Kg Sabu
KSP Makmur Mandiri
Selasa, 21 Februari 2017 11:49:00

Kurir Ditembak, BNN Sita 32 Kg Sabu

BAGIKAN:
Ist|PelitaBatak

Medan (Pelita Batak) :
Badan Narkotika Nasional (BNN) menggagalkan peredaran 32 Kg sabu asal Malaysia. Satu orang kurirnya  tewas ditembak.

Kurir yang tewas diketahui bernama Ananda Bagus (29), warga Dusun Titi Belanga, Desa Sei Bamban, Kecamatan Batang Serangan, Langkat, Sumut. Dia ditembak saat mencoba kabur dari sergapan petugas.

Satu orang lainnya bernama Benny Erwin Pasaribu (37), warga Kelambir V, Sunggal, Deli Serdang ditangkap hidup- hidup.

Deputi Pemberantasan dan Penindakan BNN Pusat, Irjen Arman Depari mengatakan, pengungkapan kasus ini berawal dari informasi Polis Diraja Malaysia akan ada penyelundupan Narkotika dari Malaysia.

"Sabu itu dibawa melalui laut menggunakan kapal-kapal kecil menuju daerah pesisir pantai timur Sumatera dengan tujuan Medan sebagai gudangnya," katanya, Senin (20/2/2017).

Informasi itu ditindaklanjuti Satgas gabungan BNN dan Ditjen Bea Cukai dengan melakukan penyelidikan. "Pada Minggu 19 Februari 2017 pagi kita mencurigai satu unit mobil pick up yang membawa narkoba dan satu sepeda motor," ujarnya.

Mobil pick up BK 9699 DD  diketahui bergerak dari Aceh menuju Medan. Saat di sekitar traffic light daerah Pondok Kelapa Medan, sabu yang berada di dalam tas diberikan kepada seorang pengendara sepeda motor.

Petugas lalu melakukan pengejaran. Saat di Jalan Gagak Hitam, pengemudi mobil pick up yang diduga menyadari telah diikuti petugas. Ia kemudian menambah laju kendaraannya dan mencoba meloloskan diri.

"Petugas kita memberikan peringatan  tembakan ke udara.
Karena tidak diindahkan akhirnya petugas menembak ke arah badan kendaraan. Pick up itu akhirnya berhenti karena menabrak pohon pembatas jalan. Satu orang di dalam  ditemukan mengalami luka tembak," ungkapnya.

Ananda tertembak di bagian dada dan di bawah ketiak. "Saat dibawa ke Rumah Sakit Bhayangkara Medan, dokter menyatakan pelaku sudah tewas," akunya.

Dari dalam mobil pick up petugas menemukan 26 Kg sabu yang dibungkus dengan plastik dan kemasan warna kuning keemasan yang dimasukan dalam 2  tas  hitam.

"Petugas juga membuntuti Benny hingga ke rumah kosnya di Jalan Merpati, Gang Mushola, Sei Kambing, Medan. Benny ditangkap bersama barang bukti 6 Kg sabu," tambahanya.

Dari pengungkapan itu, petugas menyita 32 Kg sabu, uang tunai Rp45 juta, HP, ATM, KTP, SIM dan kartu pers. "Pelaku sudah tiga kali melakukan aksinya dan dua kali berhasil. Sabu tersebut rencananya akan disebarkan di Medan dan daerah di Sumut," jelasnya.

Saat ini jasad Ananda masih berada di RS Bhayangkara Medan. Sementara  Benny kini diamankan dan menjalani pemeriksaan untuk pengembangan dan proses hukum.

"Atas perbuatannya dikenakan Pasal 114 ayat (2)  dan 112 ayat (2) UU Nomor 35 Tahun 2009 tentang Narkotika," pungkasnya.(TAp/Bt)

  BeritaTerkait
  • Satu Kritis, Polisi Tembak Dua Kurir Sabu 7 Kg di Asahan

    4 tahun lalu

    Asahan (Pelita Batak) : Empat kurir narkoba ditangkap Polres Asahan bersama Tim Gabungan Polres Metro Jakarta Barat saat melintas di depan Mapolres Asahan, Kamis 26 Januari 2017 sekitar pukul 21.

  • Polda Sumut Tembak Mati 3 Sindikat Narkoba Internasional

    2 tahun lalu

    Medan (Pelita Batak):Direktorat Reserse Narkoba Polda Sumut kembali berhasil mengungkap kasus Narkoba sindikat jaringan Internasional.Dalam upaya penangkapan yang dilakukan sejak Minggu (19/8) hingga

  • Polda Metro Jaya Sita 2 Kg Sabu dari Bandar Narkoba

    4 tahun lalu

    Jakarta (Pelita Batak): Unit I Subdit I Ditnarkoba Polda Metro Jaya dibawah pimpinanan AKBP Robert Sitinjak, Senin (11 Juli 2016) berhasil mengamankan seorang WNA inisial DH, yang merupakan anggota

  • Bawa Narkoba, Oknum TNI Dibekuk

    4 tahun lalu

    Keduanya diamankan di SPBU di Petatal, Kecamatan Talawi, Kabupaten Batu Bara, Rabu (20/7/2016) dinihari. "Praka S merupakan prajurit Yonif 113/Jaya Sakti dan R (32) warga Aceh," kata Kabid Humas Polda Sumut, Kombes Pol Rina Sari Ginting.

  • Seorang IRT Terancam Hukuman Mati di Medan

    4 tahun lalu

    Seorang ibu rumah tangga (IRT) diamankan karena menjadi kurir narkoba. Pelaku adalah Mahayati Marpaung alias Ati (50), warga Kecamatan Tanjung Balai, Kabupaten Asahan.

  •   komentar Pembaca
    Copyright © 2020 Pelita Batak Online. All Rights Reserved. Design by. heriweb