• Home
  • News
  • Konsultasi Nasional (Konas) XII Jaringan Kerja Lembaga Pelayanan Kristen Indonesia (JKLPK Indonesia) Digelar di Samosir
KSP Makmur Mandiri
Jumat, 04 November 2016 08:03:00

Konsultasi Nasional (Konas) XII Jaringan Kerja Lembaga Pelayanan Kristen Indonesia (JKLPK Indonesia) Digelar di Samosir

BAGIKAN:
Ist
Konsultasi Nasional (Konas) XII Jaringan Kerja Lembaga Pelayanan Kristen Indonesia (JKLPK Indonesia) Digelar di Samosir
Samosir(Pelita Batak): Konsultasi Nasional (Konas) JKLPK XII, Kamis,3 November 2016, diawali dengan pawai budaya nusantara dengan peserta sekitar 300 orang. Peserta  terdiri dari utusan masing-masing lembaga partisipan JKLPK, anggota Serikat Tani Kabupaten Samosir dan masyarakat Sari Marihit-Sipitudai. Peserta mengenakan pakaian adat dan menampilkan indentitas budaya berdasarkan suku atau daerah masing masing.
 
Pawai dimulai sekitar pukul 10.00 pagi. Dengan berjalan kaki, peserta menyelusuri jalan-jalan utama di Pangururan, ibu kota kabupaten Samosir. Pawai dimulai dari simpang 4 pangururan menuju jalan Sisingamangaraja, FL. Tobing, dr Sugiyo Pranoto, Ronggurnihuta,  arah terminal Pangururan, jalan Liberti, Nahum Situmorang, Putri Lopian, Onan Tajur dan berakhir kembali di Simpang 4.
 
Jelang pukul 12.00 wib peserta kembali ke tempat kongres di Gereja Resort HKBP Limbong desa Sari Marrihit-Sipitudai, Sianjur Mulamula. Disana lembaga partisipan dari regional Sumatera yang merupakan tuan rumah sekaligus panitia lokal Konas XII menyambut peserta dengan tortor dan gondang Batak.
 
Acara selanjutnya adalah ibadah yang dipimpin oleh Pdt. Robert Setio.  Tema kotbah diambil diambil dari Markus 16:15, "memberitakan kabar baik bagi semua makhluk". Dalam kotbahnya, Dosen Universitas Kristen Duta Wacana ini menekankan pada pentingnya kontekstualisasi alkitab dengan kehidupan semua makhluk di bumi terutama konteks krisis lingkungan atau ekologi yang semakin parah. Pemulihan hubungan antara manusia dengan lingkungan menjadi sentral karena manusia tidak bisa hidup sendiri, tidak bisa hidup bersama dengan orang lain. Manusia selain butuh hidup dalam keadaan damai atau dalam hubungan yang baik dengan sesama, manusia juga perlu juga hubungan dengan alam. Dengan demikian, teologi tidak sekedar bahan refleksi tapi juga berupa aksi.
 
Dalam kata sambutannya, Ketua Pelaksana Konas XII, David Rajagugguk menyampaikan ucapan terimakasih atas dukungan yang telah diberikan oleh berbagai pihak terutama jajaran pemerintahan Kabupaten Samosir, gereja HKBP Resort Limbong, masyarakat desa Sari Marrihit, pihak kepolisian. Dengan agenda yang sudah ditetapkan, David berharap kegiatan ini menjadi wadah untuk lebih mendekatkan diri dan memahami persoalan masyatakat. 
 
Suryati Simanjuntak selaku ketua Kelompok Kerja (pokja) JKLPK mengatakan bahwa konas XII merupakan momentum untuk merefleksikan kehadiran JKLPK di tengah-tengah rakyat selama hampir 3 dekade. Dengan tantangan dan dinamika yang ada terutama di tengah orientasi pembangunan fisik dalam mengejar pertumbuhan ekonomi yang masih berlangsung, Suryati berharap JKLPK bisa menempatkan diri sebagai motor penggerak dalam mewujudkan perubahan menuju keadilan sosial. 
 
Bupati Samosir Rapidin Simbolon dalam pidato pembukaannya menyampaikan terimakasih dan menyambut baik pemilihan Samosir sebagai tempat berlangsungnya Konas XII. Setelah menjelaskan agenda kerja yang sedang ditempuh terutama dalam pengembangan pariwisata, beliau berharap dengan penyelenggaraan Konas, akan turut mendukung program tersebut. Selanjutnya Bupati membuka didaulat untuk membuka Konas ini secara resmi. 
 
Unsur pimpinan pemerintah daerah yang turut hadir antara lain Janter Sirait  dari Fraksi Golkar DPRD Sumut, Fatimah Hutabarat wakil Ketua DPRD Kabupaten Tapanuli Utara dan Robensen Simatupang (Staf Ahli Gubernur Sumut) dan ketua PGI wilayah Sumut. 
 
Konas XII merupakan mekanisme pengambilan keputusan tertinggi di tubuh JKLPK. Agenda pada hari berikutnya adalah pembahasan agenda kerja strategis terutama Laporan Pertanggung Jawaban (LPJ) periode 2013-2016, menetapkan program kerja periode 2016-2019, penetapan kelompok kerja (Pokja) periode 2016-2019 dan studi wisata akan berlangsung pada Jumat, 4 November 2016. Sementara Sabtu, 5 November 2016, Konas XII akan ditutup dengan ibadah.(R2) 
  BeritaTerkait
  • Danau Toba Siap Sambut Presiden Jokowi pada Perayaan Natal Nasional di Humbahas

    3 tahun lalu

    Medan(Pelita Batak): Menjadi salah satu destinasi prioritas yang ditetapkan Presiden Joko Widodo dan Kementerian Pariwisata (Kemenpar), membuat Danau Toba semakin banjir acara. Jumlah wisatawan yan

  • Jargon Minoritas-Mayoritas Keagamaan Belum Hilang

    3 tahun lalu

    Jakarta (Pelita Batak) : Ketua Umum Dewan Pimpinan Pusat Persatuan Inteligensia Kristen Indonesia (PIKI) Masa Bakti 2015 – 2020, Baktinendra Prawiro,MSc,MH mengatakan persoalan politik di I

  • Ini Sambutan Ketua Umum PIKI Baktinendra Prawiro, MSc., MH pada Rakernas & KLB

    3 tahun lalu

    Yang saya hormati bapak / ibu anggota Dewan Penasehat PIKI, Dewan Kehormatan PIKI, Dewan Pakar PIKI, yang saya hormati rekan2 pengurus PIKI se-tanah air, baik DPD maupun DPCang saya banggakan rekan2 a

  • Konsolidasi Kepemimpinan Polri dan Makna Reformasi Polri Terhadap Nawacita

    2 tahun lalu

    Oleh : Firman Jaya Daeli (Mantan Tim Perumus UU Polri Dan Anggota Komisi Politik & Hukum DPR-RI)Institusi Polri di bawah kepemimpinan Kapolri Jenderal Pol. Prof. Tito Karnavian, MA, Ph.D sudah sem

  • Melalui Kedaulatan Pangan dan Ekonomi Kerakyatan Menuju Humbang Hasundutan Hebat dan Bermentalitas Unggul

    7 bulan lalu

    PendahuluanKITA patut bersyukur kepada Tuhan Yang Maha Esa. Kini Kabupaten Humbanghasundutan usianya mencapai 16 Tahun setelah terbentuk menjadi daerah pemekaran otonomi daerah baru salah satunya di I

  •   komentar Pembaca
    Copyright © 2020 Pelita Batak Online. All Rights Reserved. Design by. heriweb