• Home
  • News
  • Ketua TP.PKK Labuhanbatu Berikan Materi Penyuluhan Kesehatan Ibu, Bayi dan Anak
KSP Makmur Mandiri
Selasa, 11 Februari 2020 07:39:00

Ketua TP.PKK Labuhanbatu Berikan Materi Penyuluhan Kesehatan Ibu, Bayi dan Anak

BAGIKAN:
Rahmat Purba | Pelita Batak
Labuhanbatu (Pelita Batak):
Bertempat di lapangan dusun Sukaramai desa tebing linggahara kecamatan bilahbarat, Senin (10/2/2020) ketua tim penggerak PKK kabupaten labuhanbatu Hj.Rosmanidar hasibuan memberikan materi sekaligus membuka penyuluhan kesehatan ibu, bayi, dan anak.

"Hari ini dilaksanakan kegiatan penyuluhan kesehatan ibu, bayi, dan anak, yang bertujuan memberikan pemahaman kepada orang tua untuk mempersiapkan hal-hal berkaitan dengan perkawinan, pengasuhan anak dan tumbuh kembang anaknya, ucap Rosmanidar mengawali materinya.

Lebih lanjut dijelaskannya, Pada periode anak usia 0-5 tahun merupakan periode paling kritis dalam menentukan kwalitas hidup anak dimasa  yang akan datang, pada lima tahun pertama kehidupan, proses tumbuh kembang anak berjalan sangat pesat, para ahli mengatakan masa balita sebagai masa emas karena pada usia 0 sampai 2 tahun perkembangan otak anak mencapai 80%. Di masa ini merupakan kesempatan yang sangat baik untuk mengembangkan aspek-aspek dalam diri anak secara fisik, emosional, sosial dan pengetahuan intelektualnya,

Membangun keluarga merupakan awal lahirnya generasi mendatang. Keluarga merupakan tempat untuk mendidik dan membentuk watak, moral serta melatih kebersamaan antar kehidupan bermasyarakat, ujar Rosmanidar.

Rosmanidar juga menyampaikan keluarga berkualitas adalah dambaan semua orang tua. Akan tetapi dibutuhkan ketahanan keluarga di mana masing-masing anggota keluarga mampu dan dapat melaksanakan 8 fungsi keluarga yaitu fungsi agama, social, budaya, cinta, kasih, perlindungan reproduksi, sosialisasi dan pendidikan, ekonomi serta fungsi pembinaan lingkungan.delapan fungsi keluarga ini dijadikan dasar dalam pengembangan kampung KB melalui Pokja kampung KB, imbuhnya.

Rosmanidar juga berpesan anak adalah buah cinta dari ayah dan ibu, maka Sudah selayaknya keduanya bertanggung jawab dalam mendidik dan mengasuh mereka, anak yang lahir dengan belaian kasih sayang dari ayah dan ibunya akan tumbuh menjadi pribadi yang percaya diri dan selalu siap dalam menghadapi tantangan di masa depan.

Pengasuhan adalah proses mendidik, mengajarkan karakter, kontrol diri dan membentuk tingkah laku yang diinginkan, orang tua adalah pengasuh pertama dan utama bagi anak, tujuan pengasuhan adalah merawat, mengasuh dan mendidik anak agar dapat menjalankan peran sebagai pribadi yang mandiri dan anggota masyarakat. Dari itu marilah bersama-sama ciptakan lingkungan yang aman, dan nyaman sehingga tumbuh kembang anak akan optimal.berilah dan bekal anak dengan nilai-nilai agama dan akhlak yang baik sehingga bisa menghindari pengaruh lingkungan yang negatif, kata Rosmanidar.

Panitia pelaksana kegiatan tersebut Kepala dinas BP2KB labuhanbatu Hj.Lidiyawati Harahap, S,Psi,M.AP dalam laporannya menyampaikan terselenggaranya acara ini bentuk kerjasama lintas sektor yang terdiri dari dinas P2KB,dinas P3A, Kesehatan dan PKK.

Kerjasama ini haruslah terus terjaga, peran dari ke empat elemen ini sangat di butuhkan untuk proses keberhasilan meningkatkan sumberdaya manusia dan laju pertumbuhan pembangunan daerah, ucap Lidyawati.

Di sisi yang sama kepala dinas P3A labuhanbatu Tinur bulan Harahap SKM.M.Kes melalui arahanya mengajak kepada guru orang tua dan remaja untuk menjaga kesehatan dengan menghindari pernikahan dini, karena anak secara biologis alat reproduksinya masih dalam proses menuju kematangan sehingga belum siap untuk melakukan hubungan seks dengan lawan jenisnya, apalagi sampai hamil dan melahirkan. Jika dipaksakan akan terjadi trauma, perobekan yang luas dan infeksi yang akan membahayakan organ reproduksi sampai membahayakan jiwa anak.

Kematangan fisik seorang anak tidak sama dengan kematangan fisiologis nya sehingga meskipun anak tersebut memiliki badan yang bongsor dan sudah menstruasi secara mental ia belum siap untuk melakukan hubungan suami istri.mari sepakat untuk menghindari pernikahan dini demi kesehatan ibu dan bayi, ucap tinur bulan.

Turut hadir pada acara tersebut, Bupati labuhanbatu H.Andi Suhaimi Dalimunthe ST.MT, Ketua TP.PKK Hj.Rosmanidar Hasibuan, beberapa OPD, Camat bilah barat, kepala desa, kader PKK, kelompok Pokja, dan ratusan masyarakat setempat, acara itu pun dirangkai dengan perlombaan kuis, pertunjukan pelopor dan pelapor dari forum anak daerah kabupaten Labuhanbatu dan di lanjut makan siang bersama. (Rahmat Purba)
  BeritaTerkait
  • Sumut Peringkat 5 Angka Kematian Ibu Dan Bayi di Indonesia

    4 tahun lalu

    Medan (Pelita Batak) :Gubernur Sumatera Utara (Gubsu) HT Erry Nuradi mengharapkan program kesehatan yang telah berjalan baik harus dilanjutkan dan ditingkatkan menjadi lebih baik, apalagi program penyelamatan ibu dan bayi baru lahir di Sumatera Utara.

  • Tekan Angka Kematian Ibu dan Bayi Baru Lahir, USAID Gandeng Pemuka Agama

    2 tahun lalu

    Medan (Pelita Batak):Provinsi Sumatera Utara menjadi daerah penyumbang angka kematian ibu dan bayi baru lahir tinggi di Indonesia. Data tahun 2016, menunjukkan bahwa setiap minggunya ada lima ibu dan

  • Idaham Pantau Pelayanan Posyandu Melati II

    8 bulan lalu

    Binjai (Pelita Batak):Walikota Binjai HM Idaham SH, M.Si bersama Ketua TP PKK Kota Binjai Hj. Lisa Andriani Idaham mengunjungi Posyandu Melati II di jalan Melinjau Kel. Jati Karya, Kec. Binjai Utara,

  • Cara Menangkal Virus Corona Jangan Menimbulkan Rasa Takut Berlebihan Terhadap Anak

    7 bulan lalu

    Jakarta (Pelita Batak):Bersesuaian dengan Hak anak atas jaminan  kesehatan dasar, berbagai serangan dan pelayanannya yang diatur dan ditetapkan Konvensi International PBB tentang Hak Anak tahun 1

  • Bupati Labuhanbatu Hadiri Peringatan IBI Ke- 69 Tahun 2020

    2 bulan lalu

    Labuhanbatu (Pelita Batak):Bupati Labuhanbatu H. Andi Suhaimi Dalimunthe ST, MT menghadiri peringatan Hari Ulang Tahun Ikatan Bidan Indonesia ke - 69 dengan mengusung tema "saatnya bidan dan perempuan

  •   komentar Pembaca
    Copyright © 2020 Pelita Batak Online. All Rights Reserved. Design by. heriweb