• Home
  • News
  • Ketiadaan Anggaran Alasan Klasik Pemko Padangsimpuan Tidak Laksanakan Upacara Peringatan Harlah Pancasila
KSP Makmur Mandiri
Jumat, 02 Juni 2017 06:02:00

Ketiadaan Anggaran Alasan Klasik Pemko Padangsimpuan Tidak Laksanakan Upacara Peringatan Harlah Pancasila

BAGIKAN:
Ist
Lahirnya Pancasila
Padangsidimpuan (Pelita Batak) : Pemerintah Kota Padangsidimpuan kembali jadi sorotan masyarakat akibat tidak memperingati Hari lahirnya Pancasila yang jatuh pada tanggal  1 Juni yang sudah ditetapkan pemerintah. 

Ketidaktersediaan anggaran menjadi alasan klasik Pemko Padangsidempuan tidak menyelenggarakan kegiatan tersebut.

Kepala Bagian Humas Pemkot Padangsidimpuan, Rahmat Irmansyah mengatakan, Pemkot Padangsidimpuan tidak menggelar upacara akibat tidak tersedianya anggaran di APBD Kota Padangsidimpuan.

"Menurut keterangan dari Bagian Kesejahteraan Rakyat (Kesra), anggarannya tidak ada, sehingga pihaknya tidak dapat melaksanakan kegiatan itu," ujarnya kepada wartawan , ketika dihubungi melalui telepon selulernya, Kamis 1 Juni 2017.

Untuk melaksanakan kegiatan itu, pemerintah membutuhkan biaya yang besar, karena harus sewa sound system (pengeras suara), teratak, anggota paskibraka dan lainnya.

Menurutnya, pemerintah nasional menetapkan hari lahir Pancasila sangat mendadak, sehingga pemerintah tidak bisa menampung anggarannya.

Terpisah, Ketua DPRD Padangsidimpuan Taty Ariani Tambunan mengaku menyesalkan tindakan yang dilakukan oleh pemerintah karena tidak menggelar upacara peringatan hari lahir Pancasila.

"Sangat disayangkan sekali, karena Pemkot Padangsidimpuan, tidak menggelar upacara peringatan hari lahir Pancasila," ujarnya kepada wartawan 1 Juni 2017.

Menurutnya, alasan Pemkot Padangsidimpuan tersebut tidak rasional. Sebab, untuk pelaksanaan kegiatan itu tidak menghabiskan anggaran yang besar.

"Pemkot Padangsidimpuan memiliki anggota paskibraka sendiri, sehingga tidak butuh biaya untuk melibatkan orang itu dan juga memiliki fasilitas untuk penunjang kegiatan, sehingga tidak perlu biaya yang besar," timpalnya.

Lebih lanjut dia mengatakan, banyak makna yang terkandung dalam memperingati hari kelahiran Pancasila, salah satunya untuk mempererat rasa persaudaraan antar sesama ummat beragama, suku.

Di Padangsidimpuan, terdapat multi agama, agama, sehingga peringatan tersebut dapat menimbulkan dan meningkatkan rasa persatuan dan kesatuan. 

Sementara Aktivis Kota Padangsidimpuan  Sabar M Sitompul mengecam keras pemko  padangsidimpuan yang tidak peduli Hari kelahiran Pancasila sebagai lambang dasar negara.

"Dari sini kita bisa  melihat betapa Rapuhnya Moral dan Akhlak (wawasan kebangsaan) jajaran Pemko Padangsidimpuan sebab ketidaktersediaan anggaran bukanlah alasan untuk cuci tangan," ujarnya.

Selanjutnya, ia meminta  kepada DPRD Kota Padangsidimpuan harus tegas  dan  segera  memanggil Walikota Padangsidimpuan Andar Amin Harahap  atas insiden yang terjadi karena  tidak melaksanakan  upacara memperingati Hari Lahirnya Pancasila. Sebab menurut nya hal itu bentuk  penghianatan  kepada bangsa dan negara.(Saut Togi Ritonga)
  BeritaTerkait
  • DPRD Kota Padangsidimpuan Sesalkan Pemko Tak Gelar Upacara Harlah Pancasila

    4 tahun lalu

    Padangsidimpuan (Pelita Batak) : Pemerintah Kota Padangsidimpuan yang tidak melaksanakan upacara dalam rangka Peringatan Hari Lahir Pancasila menjadi pergunjingan dan ramai menjadi pemberitaan sejumla

  • Mak Jang, Pemko Padangsidempuan Tak Laksanakan Upacara Peringatan Harlah Pancasila

    4 tahun lalu

    Padangsidempuan (Pelita Batak) : Walau upacara peringatan hari lahir Pancasila sudah diinstruksikan Presiden RI Joko Widodo, namun ternyata masih ada pemerintah daerah yang dinilai melakukan pembangka

  • Pemko Padangsidimpuan Dinilai Abaikan Surat Edaran Mendagri dan Mensesneg Terkait Upacara Harlah Pancasila

    4 tahun lalu

    Padangsidimpuan (Pelita Batak) : Sikap Pemko Padangsidimpuan yang tidak menyelenggarakan upacara peringatan hari kelahiran pancasila pada 1 Juni yang lalu masih menjadi pergunjingan di masyarakat.Ketu

  • Wali Kota : Seluruh Program Kerja Dalam APBD 2019 Segera Laksanakan

    2 tahun lalu

    Medan (Pelita Batak):Wali Kota Medan Drs H T Dzulmi Eldin S MSi MH mengingatkan agar seluruh aparatur sipil negara (ASN) di lingkungan Pemko Medan untuk segera melaksanakan seluruh program kerja. Seba

  • Jadikan Hari Kemerdekaan Momentum Lakukan Perubahan

    4 tahun lalu

    Wali Kota Medan, Drs H T Dzulmi Eldin S MSi  mengajak seluruh masyarakat Kota Medan agar memaknai Hari Kemerdekaan ini sebagai momentum  untuk bisa mengembangkan diri sekaligus melakukan perubahan menuju ke arah yang lbs baik lagi dalam rangka m

  •   komentar Pembaca
    Copyright © 2020 Pelita Batak Online. All Rights Reserved. Design by. heriweb