• Home
  • News
  • Kepala BPSDM Provsu, Ir Bonar Sirait : Dana Desa Dorong Pembangunan
KSP Makmur Mandiri
Selasa, 07 November 2017 01:16:00

Kepala BPSDM Provsu, Ir Bonar Sirait : Dana Desa Dorong Pembangunan

BAGIKAN:
ist|Pelitabatak
Kepala BPSDM Ir Bonar Sirait foto bersama dengan para peserta dikklat
Medan (Pelita Batak):
Program pemerintahan Joko Widodo - Jusuf Kalla yang memberikan stimulus kepada setiap desa di sejumlah daerah telah mampu mendongkrak pembangunan desa ke arah yang lebih baik. Demikian halnya di Sumut, hendaknya penggunaan dana desa benar-benar tepat sasaran.

"Dana desa yang dimanfaatkan peruntukannya dan tepat sasaran, akan membawa kebaikan," ujar Kepala Badan Pemberdayaan Sumber Daya Manusia (BPSDM) Provinsi Sumut Ir Bonar Sirait saat membuka Diklat Teknis Pengelolaan Keuangan Desa Angkatan I dan II di Medan, Senin (6/11/2017).

Diklat yang diikuti 80 orang peserta yang berasal dari Kabupaten dan Kota se Sumatera Utara, diharapkan mampu membentuk peserta mampu membantu setiap desa untuk pengelolaan dana desa. "Saat ini dana desa cukup besar, yang sudah banyak mengubah wajah desa yang selama ini identik dengan ketertinggalan baik dari segi ekonomi, pendidikan, dan kesehatan. Namun saat dana desa digunakan dengan tepat sasaran, maka mindset maupun paradigma tentang desa sudah mulai berubah," ujar Bonar.

Dikatakannya, diklat yang akan berlangsung selama tujuh hari, dengan para widyaswara yang profesional di bidangnya baik dari BPSDM provinsi maupun dari BPKP Provinsi akan mampu membangun mindset PNS dalam pendampingan pengelolaan dana desa.

"Peserta diklat ini, nantinya akan mampu mendapingi aparatur desa untuk lebih teliti dalam pengelolaan dana desa," ujarnya.

Menurut Bonar, dana desa yang telah dialokasikan ke Sumut harus dipergunakan seoptimal mungkin. "Jika bisa, jangan sampai ada SiLPA, karena saat ada SiLPA, maka di tahun selanjutnya akan menjadi bahan evaluasi penyertaan sebagai penerima dana desa, maka harus benar-benar dimanfaatkan tepat sasaran," ujarnya.

Menurut Bonar, program nawacita tiga tahun terakhir sangat dirasakan dampak pembangunanya. Sumut terutama. Pembangunan infrastruktur yang begitu menggeliat-infrastruktur menjadi salah satu faktor pendorong pertumbuhan ekonomi- sudah memberikan dampak yang luar biasa.

Khususnya tentang program membangun dari pinggiran atau pedesaan, tentu menjadi harapan bersama akan terjadi perubahan yang lebih baik.

"Peran ASN yang loyal dalam konteks ini sangat dituntut, memberikan pendampingan bagi aparatur desa yang tidak mampu," ujarnya. Disinggung Bonar, bahwa tahun 2017 dana desa yang dipersiapkan pemerintah mencapai Rp 60 triliun, dan di tahun 2018 akan naik menjadi Rp 120 triliun. Jadi sangat disayangkan jika alokasi untuk Sumut justru menurun karena pengelolaan yang tidak tepat di tahun 2017.

Turut hadir Izwar Efendi SE MM selaku Widyaswara dari BPSDM, Kabid  Pengembangan Kompetensi Teknis Inti, Wasito SSos Msi selaku ketua panitia dan jajarannya. (TAp)

  BeritaTerkait
  • Pembangunan Gedung BPSDM Setara Hotel Bintang Tiga Dimulai

    2 tahun lalu

    Medan (Pelita Batak):Gubernur Sumatera Utara (Gubsu) Tengku Erry Nuradi meletakkan batu pertama, sebagai tanda dimulainya pembangunan tahap pertama gedung Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BPSDM

  • Dihadapan Jemaat HKBP Pearaja Tarutung, Ini Cerita Gubernur Tentang Kondisi Sumut

    3 tahun lalu

    Medan (Pelita Batak) :Gubernur Sumatera Utara (Gubsu) Tengku Erry Nuradi bercerita tentang kondisi Sumatera Utara kepada Ephorus HKBP  Pdt Dr Darwin Lumban Tobing dan para jemaat HKBP di kantor P

  • Wagub Sumut Dorong dan Upayakan Kawasan Danau Toba Menjadi Geopark Dunia

    3 tahun lalu

    Balige (Pelita Batak) :Wakil Gubernur Sumut (Wagubsu) Dr Nurhajizah Marpaung menyebutkan, dengan ditetapkannya kawasan Danau Toba sebagai salah satu dari 10 kawasan strategis nasional parawisata masya

  • BPSDM Sumut Didorong Menjadi Pusat Pengembangan ASN Regional

    3 tahun lalu

    Medan (Pelita Batak):Gubernur Sumatera Utara (Gubsu) Tengku Erry Nuradi mengharapkan Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BPSDM) Sumut dapat menjadi pusat pengembangan SDM bagi Aparatur Sipil Negar

  • KPK Harapkan Kabupaten Kota Bisa Ikuti Langkah Pemprov Sumut

    4 tahun lalu

    Medan (Pelita Batak) :Gubernur Sumatera Utara (Gubsu) HT Erry Nuradi melakukan soft launching Aplikasi Elektronik Sistem Usulan Musrenbang Terintergrasi Provinsi Sumut (E-Sumut) di Hotel Santika Medan Senin (28/11/2016).

  •   komentar Pembaca
    Copyright © 2020 Pelita Batak Online. All Rights Reserved. Design by. heriweb