• Home
  • News
  • Kebijakan Bupati Zahir Lantik Pejabat Eselon di Batubara Diapresiasi Tokoh Masyarakat
KSP Makmur Mandiri
Selasa, 26 Mei 2020 22:37:00

Kebijakan Bupati Zahir Lantik Pejabat Eselon di Batubara Diapresiasi Tokoh Masyarakat

BAGIKAN:
IST|Pelita Batak
Ir Zahir MAP
Medan (Pelita Batak):
Kebijakan Bupati Batubara Ir Zahir MAP dalam menempatkan dan mengangkat pejabat eselon di lingkungan kerjanya mendapat apresiasi dari tokoh masyarakat Sumut. Sesuai Surat keputusan Bupati Batubara nomor 156/BKD/2020 tentang Pemberhentian Pemindahan, Pengukuhan Pegawai Negeri Sipil dari dalam Jabatan Administrator dan Pengawas di Lingkungan Pemerintahan Kabupaten Batubara Mengangkat Eselon III dan IV Bidang Administrator dan Pengawas Lingkungan Pemkab Batubara. Lewat keputusan tersebut, bupati telah mengambil kebijakan dengan mengakomodir berbagai keberagaman yang ada di daerah tersebut dan dilaksanakan berdasarkan kinerja.

Apresiasi disampaikan Dr RE Nainggolan MM selaku tokoh masyarakat Sumut atas  keputusan bupati tersebut, dimana Listen Samosir,SE diangkat sebagai Camat Sei Suka. "Ini untuk pertama kalinya,  camat yang berasal dari orang Batak yang beragama Kristen sejak mulai berdirinya Kabupaten Batubara. Kita sangat mengapresiasi kebijakan Bupati ini, dengan harapan kerukunan terjalin, kebersamaan tetap dipupuk dengan tetap berpegang kepada kemampuan, kompetensi, loyalitas dan kinerja para aparatur sipil negara dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat," ujarnya kepada media, Selasa (26/5/2020).

Suasana keberagaman yang diciptakan di Batubara hendaknya menjadi bagian yang menggambarkan kebhinekaan di negara ini. Mantan Sekdaprov Sumut ini berharap daerah-daerah lainnya pun melakukan hal sama, dengan mengutamakan peningkatan pelayanan kepada masyarakat.

Senada disampaikan tokoh agama lintas denominasi gereja dan lembaga keuamatan yaitu Ketua PGPI Batu Bara Pdt.S.Sitompul, Ketua Bamagnas Pdt.Aritonang, Anggota FKUB Jauruk Sinaga (Katolik), Pdt. Tumpal Tamba (Methodist) bersama Drs.Sahala Nainggolan,M.M sebagai Pembina Bamagnas dan PGPI Kabupaten Batubara. Pihaknya sepakat bahwa hingga saat ini, di kepemimpinan Bupati Ir Zahir,MAP tidak dipungkiri semakin terciptanya kerukunan dan jalinan kekeluargaan di daerah tersebut.

"Kami sangat mengapresiasi langkah tersebut. Selama ini kita juga merasakan Batubara yang rukun dan damai, semakin baik rasanya jika tercipta suasana yang semakin menghargai keberagaman seperti ini. Kita harapkan pelayanan kepada masyarakat akan semakin meningkat lewat kebijakan Bapak Bupati didukung oleh segenap lapisan masyarakat," ujarnya.

"Saya selaku tokoh agama kristen dan orang batak sangat bergembira atas kebijakan Bupati Batubara sebagai Bupati Batubara yang pertama kali mengangkat orang batak sebagai camat. Terjawab sudah segala kerinduan orang batak yang pada Natal Oikumene tahun lalu meminta kepada Bupati agar ada camat dari orang kristen batak.
Ini adalah hal yang patut dibanggakan oleh seluruh orang Batak dan untuk itu patutlah kita sebagai orang Batak untuk mendukung penuh program pemerintah kab. Batu Bara. Untuk itu saya berdoa agar segala program bupati Batu Bara dapat berjalan sukses selama periode ini dan kalau boleh tetap bersedia memimpin Batubara periode kedua," kata Pdt Tumpal Tamba yang juga anggota FKUB.

Untuk itu, diharapkan masyarakat mendukung setiap kebijakan pemerintahan kabupaten yang terus berupaya membangun harmoni di Batubara. "Bersama masyarakat, pasti pembangunan akan semakin maju di daerah kita ini," harapnya.

Ditambahkan Ketua PGPI Batubara Pdt. S. Sitompul, pihaknya selain berbangga juga berharap kiranya Batubara semakin jaya di kepemimpinan Bupati Ir Zahir MAP. "Di momentum yang indah ini kami warga PGPI mengucapkan minal Aidin walpaizin mohon maaf lahir dan batin," ujarnya.

Ditambahkan, Drs. Sahala Nainggolan,MM yang juga merupakan Asisten Ekonomi dan Pembangunan Kabupaten Batubara, patut diapresiasi juga peningkatan kualitas pengelolaan keuangan daerah yang dibuktikan Laporan Hasil Pemeriksaan (LHP) diperoleh predikat opini wajar tanpa pengecualian (WTP) dari BPK untuk penggunaan APBD tahun 2018 dan 2019, yang sebelumya belum pernah diraih. Saat ini, Bupati bersama-sama Gugus Tugas Covid-19 dan  Forkominda bekerja keras dalam melakukan Pencegahan dan Pelayanan terhadap Para TKI yang kembali ke Batubara.

Dimana diketahui, melalui keputusan bupati tersebut, pelantikan eselon III dan IV yang diwakili sekda Batu Bara Sakti Alam SH di Aula Kantor Bupati, Jumat (21/2/2020).

Bupati Batubara yang diwakili oleh Setdakab Kab. Batubara Sakti Alam SH mengatakan Pelantikan dan penguatan pengembangan dan pemberdayaan potensi diri adalah dalam upaya peningkatan kompetensi aparatur daerah ke arah tercapainya sumber daya yang handal dan profesional dalam menjalankan tugas pemerintahan dan aktivitas pembangunan serta pembinaan kemasyarakatan menuju pencapaian masyarakat kabupaten Batubara yang aman damai adil dan sejahtera saat ini dan masa mendatang.

Pada kesempatan itu disampaikan bahwa tanggung jawab dan beban tugas pemerintahan kedepan semakin berat khusus kepada para Camat. Kesuksesan seorang camat dalam memimpin tidak terlepas dari dukungan dan kerjasama seluruh perangkat yang ada di kecamatan seorang camat harus tanggap dan bertindak cepat terhadap isu atau fenomena yang berkembang di tengah-tengah masyarakat menjalin komunikasi dengan seluruh komponen masyarakat termasuk juga para ulama dan tokoh masyarakat.

Kemudian camat yang sudah diregistrasi menjalankan undang-undang juga mempunyai tugas untuk membina aparat desa dalam rangka meningkatkan kinerja mereka sesuai dengan tugas dan fungsinya maka Camat harus memberi bimbingan melakukan supervisi memfasilitasi pengakuan pejabat administrator dan pengawas di lingkungan pemerintah kabupaten Batubara.

Pejabat Eselon III dan IV Administrator dan Pengawas lingkungan Pemkab.Batubara diantara nya, Camat Laut Tarot Arif Hanafiah, S.STP menjadi Kabag Tata Pemerintah pada Sekretariat Daerah, Camat Sei Suka Adil Hasibuan SH ,Menjadi Camat Laut Tador. Sementara Camat Sei Suka di jabat oleh Listen Samosir, SE, Zamzamy Elwadiip .S.IP, M,Si Kepala Bagian Humas dan protokoler menjabat Kepala Bagian Protokol dan Komunikasi Pimpinan pada Sekretariat Daerah.

Kemudian, Sri Mahdani sebagai Kepala Bagian Umum di sekretariat menjabat sebagai Kepala Bagian Umum Sekretariat Daerah, Adenan Haris, S,Ag , M,Pd sebagai Kepala Bagian Kesejahteraan Rakyat, Rahmad Sirait, SH sebagai Kepala Bagian Hukum, dan Edwin Aldrin Sitorus S.sos,SE, M,Si sebagai Kepala Bagian Perekonomian dan SDA.(*)
  BeritaTerkait
  • Melalui Kedaulatan Pangan dan Ekonomi Kerakyatan Menuju Humbang Hasundutan Hebat dan Bermentalitas Unggul

    12 bulan lalu

    PendahuluanKITA patut bersyukur kepada Tuhan Yang Maha Esa. Kini Kabupaten Humbanghasundutan usianya mencapai 16 Tahun setelah terbentuk menjadi daerah pemekaran otonomi daerah baru salah satunya di I

  • Bupati Batu Bara : Silakan OPD Berkreasi Dalam Melayani Masyarakat

    satu bulan lalu

    Batu Bara (Pelita Batak):Silakan OPD berkreasi dalam membantu dan melayani masyarakat sepanjang punya dasar dan aturan yang memperbolehkannya. Hal tersebut selalu di ulang-ulang Bupati Batu Bara, Ir.

  • Bupati Tapsel Lantik 32 Pejabat

    3 tahun lalu

    Tapsel (Pelita Batak) : Sebanyak 32 pejabat eselon II, III dan IV di lingkungan Pemerintah Kabupaten Tapanuli Selatan dilantik dan diambil sumpahnya oleh Bupati Tapanuli Selatan Syahrul M.Pasaribu, di

  • Bupati Tapsel Salurkan Bantuan Pembangunan Masjid

    3 tahun lalu

    Tapsel (Pelita Batak): Bupati Tapanuli Selatan Syahrul M Pasaribu menyalurkan bantuan Pemerintah Kabupaten Tapanuli Selatan sebesar Rp 10 juta untuk pembangunan Masjid Nurul Imam, Desa Siuhom, Kecamat

  • ASN Tanam Jagung di Humbahas, Kebijakan Bupati yang Rentan Penyalahgunaan Kekuasaan

    2 tahun lalu

    Medan (Pelita Batak) :Tugas Aparatur Sipil Negara (ASN) adalah untuk memberikan pelayanan publik lewat satuan kerja masing-masing. Sebagaimana diamanatkan UU No 5/2014 tentang Aparatus Sipil Negara. D

  •   komentar Pembaca
    Copyright © 2020 Pelita Batak Online. All Rights Reserved. Design by. heriweb