• Home
  • News
  • Kebakaran Hutan Dolok Tolong Berhasil Dipadamkan
KSP Makmur Mandiri
Jumat, 27 Juli 2018 20:02:00

Kebakaran Hutan Dolok Tolong Berhasil Dipadamkan

BAGIKAN:
Medan (Pelita Batak):
Kebakaran hutan yang terjadi di Dolok Tolong, tepatnya di Desa Sibodiala, Kecamatan Tampahan, Kabupaten Toba Samosir (Tobasa) sejak Rabu (25/7) sekitar pukul 11.00 Wib lalu akhirnya berhasil dipadamkan.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Tobasa Herbet Pasaribu menyampaikan, api yang menyebabkan sekitar 50 hektare hutan lindung tersebut berhasil dijinakkan sepenuhnya pada Jumat (27/7) pagi.

"Sejauh ini api sudah berhasil di jinakkan," ungkapnya kepada awak media.

Namun, Herbet menjelaskan sampai saat ini personil, khususnya dari BPBD masih standby dilokasi hutan. Hal ini kata dia dilakukan untuk mengantisipasi kemungkinan api kembali marak.

"Personil masih berjaga - jaga. Karena tadi pagi dibeberapa titik asap masih terlihat. Tapi saat ini sudah tidak ada lagi," jelasnya.

Herbet menerangkan pemadaman kebakaran hutan Dolok Tolong ini dapat lebih mudah dilakukan, karena hujan deras sempat terjadi dilokasi kebakaran, pada Kamis (26/7) malam hingga dini hari. Karenanya, rencana penyiraman hutan yang dilakukan dengan water bom oleh Kementrian tidak jadi dilakukan.

"Hujan deras tadi malam sangat membantu petugas untuk upaya pemadaman," tandasnya.

Sementara itu, Kabid Humas Polda Sumut Kombes Pol Tatan Dirsan Atmaja mengatakan untuk membantu pemadaman api, sebanyak 75 personil Polres Tobasa turut diturunkan. Pemadaman sempat sulit dilakukan, dikarenakan susahnya akses ke titik api serta keterbatasan mobil pemadam kebakaran.

Tatan menyebutkan berdasarkan informasi yang didapat dari masyarakat, kebakaran diduga berasal dari tanaman lalang pinggir Jalan Aspal Hitam (Jalinsum Tarutung - Balige) Dusun Sukarame.

Kemudian api dengan cepat menyebar naik ke atas bukit lalu ditiupan angin kencang hingga membakar tanaman lalang yang sudah mengering dan tanaman pinus yang tumbuh di sekitar hutan tersebut. Dimana iklim cuaca di Kecamatan Tampahan ini sedang kemarau dan tidak pernah hujan selama 21 hari,"tandasnya.(Aries)
  BeritaTerkait
  • Bimtek Kemenpar Pertegas Potensi Besar Djangga Dolok

    2 tahun lalu

    TOBA SAMOSIR (Pelita Batak):Beragam potensi Desa Wisata Djangga Dolok, Toba Samosir, pun terpetakan. Paket eksotis lengkapnya berupa alam, budaya, dan manmade. Pesonanya berhasil memikat wisatawan dar

  • Awas Api, Bukit Simanjalo Toba Samosir Kebakaran

    5 tahun lalu

    Hutan Pinus di perbukitan Simanjalo, Kecamatan Balige, Toba Samosir (Tobasa), kembali terbakar, Kamis (4/8/2016). Informasi dihimpun, hingga sore hari api belum padam. Kepulan asap masih terlihat di perbukitan yang biasa disebut bukit Marsanggul itu.

  • Polisi, Karyawan Kebun dan Masyarakat Padamkan Api di Labusel

    tahun lalu

    Labuhanbatu Selatan (Pelita Bata):Semua elemen turut berpartisipasi melakukan pemadaman kebakaran hutan, termasuk pihak Personel Polsek Kampung Rakyat bersama Karyawan PT Supra Matra Abadi (PT SMA), K

  • Kantor Bupati Labuhanbatu Terbakar

    7 bulan lalu

    Labuhanbatu (Pelita Batak):Kantor Bupati Labuhanbatu yang terletak dijalan SM Raja Rantauprapat, Minggu (9/8/2020) sekira pukul 18.30 WIB terbakar. Belum diketahui pasti penyebab terbakarnya kantor te

  • Seorang Balita Tewas Gosong Mengenaskan di Tanjung Pura Langkat

    5 tahun lalu

    Langkat  (Pelita Batak): Seorang balita bernama Fatia berusia  3 tahun tewas  mengenaskan didalam kamar  rumah milik neneknya  yang terbakar  di Lingk 11   J

  •   komentar Pembaca
    Copyright © 2021 Pelita Batak Online. All Rights Reserved. Design by. heriweb