• Home
  • News
  • Kartu Pangan Terpadu Negeri (PATEN) Diluncurkan
KSP Makmur Mandiri
Kamis, 22 Desember 2016 16:56:00

Kartu Pangan Terpadu Negeri (PATEN) Diluncurkan

BAGIKAN:
Ist|PelitaBatak

Medan (Pelita Batak) :
Gubernur Sumatera Utara (Gubsu) HT Erry Nuradi mengharapkan Toko Tani Indonesia  (TTI) bisa dikelola lebih profesional dan jumlahnya kian menjamur sehingga dapat memutus mata rantai distribusi bahan pangan.

“Kita harapkan Toko Tani bisa menjamur sebagaimana jejaring swalayan yang menyebar di daerah perkotaan hingga ke pedesaan. Ini sangat membantu dan mempermudah petani menjual hasil kebun dan taninya serta membeli produk yang diperlukan,” tandas Erry dalam acara Finalisasi Grand Design Ketahanan Pangan Tahun 2016-2025 di Garuda Plaza Hotel, Medan, Kamis (22/12/2016). Dalam kesempatan itu turut diluncurkan Kartu Pangan Terpadu Negeri (PATEN) sebagai identitas diri pelanggan utama Toko Tani Indonesia.

"Ini hasil diskusi kami bersama Menteri Pertanian setahun lalu, alhamdulilah ternyata toko tani terus dikembangkan sampai hari ini, saya berharap tokotani bisa dikelola secara profesional," ujar Erry. Harapannya agar produk dari para petani juga mendapat tempat, sehingga petani tidak dimanfaatkan oleh mata rantai distribusi yabg panjang dan hanya menguntungkan sekelompok orang saja.

Dijelaskan Gubsu, Program Pengembangan Usaha Pangan Masyarakat (PUPM) melalui TTI merupakan terobosan baru yang dilakukan pemerintah pusat di seluruh Indonesia.  Oleh karena itu, Gubsu juga mengajak semua aparat Pembina baik di tingkat provinsi maupun kabupaten/kota untuk berperan aktif mengawal dan membina Gapoktan maupun TTI pelaksana. Tujuannya agar program ini benar-benar dapat dirasakan manfaatnya oleh masyarakat.

Mengingat sasaran utama TTI adalah masyarakat ekonomi menengah ke bawah, maka untuk pengendalian dan memudahkan masyarakat konsumen dalam mengakses bahan pangan murah dan berkualitas tersebut, perlu adanya identitas diri pelanggan utama TTI. “Untuk itu pada kesempatan peluncuran kartu Paten Toko Tani Indonesia kepada masyarakat penerima, manfaat dan saya berharap kepada masyarakat yang sudah memiliki kartu agar dibawa pada saat berbelanja di TTI,” ujar Erry.

Dengan demikian Kartu Paten yang diluncurkan berlaku selama program PUPM melalui TTI ini masih berlangsung. Pada saat ini ada 90 jumlah TTI sudah ada di Sumatera Utara  yang menjual beras produk TTI seharga Rp 7.900/kg yang tersebar  luas di Kota Medan sebanyak 32 toko, Deli Serdang 18 toko, Kabupaten Sergai 14 toko dan sebanyak 26 toko di Kabupaten Langkat. Dalam kesempatan itu Gubsu menghimbau masyarakat agar memanfaatkan keberadaan TTI.

Sementara itu Plt Kepala Badan Ketahanan Pangan Ir Dahler Lubis, M.MA menjelaskan Penyususnan Grand Design Ketahanan Pangan SUmut 2016-2025 merupakan inisiatif Komisi B DPRD Provsu pada Rapat Dengar Pendapat beberapa waktu lalu. Grand Design diharapkan dapat menjadi petunjuk arah pelaksanaan kegiatan di bidang ketahanan pangan melalui rencana aksi yang telah disusun.

Hadir dalam kesempatan Rektor UISU Prof DR Mhd Assad, M.Si, para dekan Pertanian, Kadis Pertanian kab/kota dan para tenaga ahli.(TAp)

  BeritaTerkait
  • Pemkab/Pemko di Sumut Segera Susul Binjai Terapkan e-Government

    4 tahun lalu

    Binjai (Pelita Batak) : Gubernur Sumatera Utara (Gubsu) Tengku Erry Nuradi meresmikan peluncuran lima aplikasi e-Government Binjai Smart City (BSC) dan meresmikan Binjai Command Center (BCC) di K

  • Selamat Datang Kejujuran di Dunia Media Sosial dan Kedamaian di Dunia Nyata

    3 tahun lalu

    Oleh: Ronsen LM Pasaribu Ibarat petir disiang bolong, ada rasa kaget dan suasana rasa tak nyaman bagi para hacker, para fitnawan, para provokator, pasca tanggal 28 Feberuari 2018 sebagai aturan b

  • Visa, Orico, dan LINE Pay Setuju untuk Mengeluarkan Kartu Kredit Visa

    tahun lalu

    Tokyo (Pelita Batak):Visa World Wide Japan Co. Ltd. ("Visa") telah mengumumkan bahwa perusahaan mereka telah menyetujui untuk mengeluarkan kartu kredit melalui kolaborasi dengan Orient Corporation ("O

  • Delapan Nama Baru di Kabinet Kerja Hasil Reshufle Jilid II

    4 tahun lalu

    Jakarta (Pelita Batak) Dalam perombakan atau reshufle kabinet jilid II yang diumumkan oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi), di Istana Merdeka, Jakarta, Rabu (27/7/2016) siang, terdapat 8 (delapan)

  • Ini Daftar Susunan Pejabat Pemprov Sumut Sejak 2017

    4 tahun lalu

    Nama-nama pejabat eselon II yang dikukuhkan dan diangkat sesuai dengan keputusan Gubernur Sumut Nomor 821.23/411/2017 dan Keputusan Gubernur Sumut Nomor 821.23/412/2017 yakni:

  •   komentar Pembaca
    Copyright © 2020 Pelita Batak Online. All Rights Reserved. Design by. heriweb