• Home
  • News
  • Kapal Listrik Dioperasikan, Optimis Masalah Listrik Sumut Teratasi
KSP Makmur Mandiri
Senin, 05 Juni 2017 13:35:00

Kapal Listrik Dioperasikan, Optimis Masalah Listrik Sumut Teratasi

BAGIKAN:
ist|PelitaBatak
Medan (Pelita Batak) :
Gubernur Sumatera Utara (Gubsu) Tengku Erry Nuradi meninjau dimulainya uji coba operasional Kapal Pembangkit Listrik Marine Vessel Power Plant (MVPP) di pusat pembangkit listrik PLN Sicanang, Belawan, Minggu (04/06/2017) sore.

Erry menyampaikan bahwa pembangunan menuju Sumut Paten merupakan satu hal yang optimis. "Secara bertahap, Sumatera Utara terus berbenah dan semakin maju. Dengan kehadiran Kapal Pembangkit Listrik MVPP dari Turki ini kita optimis masalah listrik di Sumut selama 30 tahun ini bisa teratasi," ujar Gubernur usai meninjau kapal pembangkit listrik berkapasitas 240 MW tersebut.

Erry menyebutkan, bahwa saat ini, pembangkit listrik di sejumlah lokasi seperti di Sarulla, Pangkalan Susu serta pembangkit mini juga sedang dalam tahap pembangunan sebelum beroperasi. Diharapkannya dalam waktu tiga tahun mendatang, pasokan listrik dari pembangkit yang ada nantinya, akan cukup mejamin kebutuhan listrik bagi Sumatera Utara.

"Insha Allah tidak ada lagi pemadaman (krisis listrik), dengan adanya cadangan dari Kapal MVPP 240 Megawatt yang bisa diambil extention hingga 480 MW. Jadi secara teknis listrik kita cukup," sebut Erry.

Erry juga berharap pada peresmian penggunaan Kapal MVPP nantinya dihadiri langsung Presiden RI Joko Widodo dalam beberapa waktu mendatang. Termasuk meresmikan penggunaan jalan tol yang pada momentum arus mudik nantinya akan bisa dilewati sebagai proses uji coba sebelum digunakan resmi dan berbayar.

Sementara, Direktur PLN Regional Sumatera Amir Rosidin dalam sambutan singkatnya mengapresiasi sekaligus berterimakasih atas perhatian yang besar dari Gubernur Tengku Erry Nuradi terhadap kondisi kelistrikan di Sumut. Pihaknya berharap dengan kemajuan yang ada sekarang ini, akan mampu menyelesaikan persoalan byarpet yang selama ini menjadi masalah di masyarakat.

Sementara anggota DPD RI Parlindungan Purba yang juga hadir pada acara tersebut, mengaku optimis dengan upaya pemerintah pusat dan provinsi dalam menyelesaikan persoalan pasokan listrik yang ada. Dirinya berharap ke depan, dengan adanya pembangunan pembangkit listrik oleh PLN dan pihak swasta, cadangan yang dimiliki menacapai 50 persen.

Hadir dalam kunjungan tersebut, Ketua TP PKK Sumut Evi Diana Erry, Kepala Dinas Lingkungan Hidup Hidayati, Dinas Perikanan dan Kelautan Zonny Waldi, Dinas Perhubungan Anthony Siahaan, Dinas Koperasi dan UMKM M Zein Siregar, Dinas Pendidikan Arsyad Lusbis, Badan Pengembangan SDM Bonar Sirait, Inspektur OK Hendry, Bappeda Imran Oemar, Dinas PMPPTSP Bondaharo Siregar, Biro Umum dan Perlengkapan, Biro Humas dan Protokoler Ilyas Sitorus, pihak pengelola Kapal Pembangkit MVPP dari Turki serta para alim ulama.(TAp)
  BeritaTerkait
  • Gubernur Lepas Kapal Listrik Dari Turki Menuju Belawan

    4 tahun lalu

    Istanbul (Pelita Batak) : Keseriusan Tengku Erry Nuradi mengawal masalah kelistrikan di Sumatera Utara agar lebih baik ditunjukkan dengan hadirnya beliau di Istanbul, Turki. "Saya berad

  • Turut Undang PB AMCI Berbuka Bersama, Gubernur : Kritik Media Jadikan Sumut Semakin Paten

    3 tahun lalu

    Medan (Pelita Batak) :Gubernur Sumatera Utara (Gubsu) Tengku Erry Nuradi mengapresiasi peran media massa dalam pembangunan. Kritik dan masukan yang membangun menjadi poin penting terhadap tujuan menja

  • Turki Minat Jalin Kerjasama Dengan Sumut

    3 tahun lalu

    Medan (Pelita Batak):Gubernur Sumatera Utara (Gubsu) Tengku Erry Nuradi menerima kunjungan Duta Besar (Dubes) Turki untuk Indonesia Mehmet Kadri Sander Gurbuz di ruang kerja Gubsu, lantai 10 kantor Gu

  • Atasi Krisis Listrik, PLN Pacu Pembangunan Transmisi 70KV dan Gardu Induk Nias

    4 tahun lalu

    Gunungsitoli(Pelita Batak): PLN dengan Proyek percepatan pembangunan PLN Nias terus upayakan genjot pembangunan jalur transmisi dan gardu induk di kepulauan Nias. Seperti diketahui masalah kelistri

  • PLN Operasikan Kapal Pembangkit Listrik Di Belawan Awal Juni

    4 tahun lalu

    Medan (Pelita Batak) : PT PLN (Persero) Regional Sumatera mengklaim kalau kelistrikan di Sumbagut sudah mulai membaik meskipun masih ada defisit sekitar 100 MW disaat beban puncak. Hal ini dikata

  •   komentar Pembaca
    Copyright © 2020 Pelita Batak Online. All Rights Reserved. Design by. heriweb