• Home
  • News
  • Jemaat HKBP Padang Bulan Demo, Minta Pendeta Gokma Simanungkalit Dipindah
KSP Makmur Mandiri
Senin, 10 Februari 2020 17:01:00

Jemaat HKBP Padang Bulan Demo, Minta Pendeta Gokma Simanungkalit Dipindah

BAGIKAN:
ist|pelitabatak
Medan (Pelita Batak):
Sejumlah jemaat Huria Kristen Batak Protestan (HKBP) Padang Bulan Medan menggela aksi demo di halaman gereja, Senin (10/2/2020). Jemaat menuding pendeta di tempat itu, Pdt Gokma Simanungkalit STh telah melakukan berbagai kebijakan yang membuat jemaat dan parhalado tidak nyaman.

Jemaat membawa sejumlah spanduk bertuliskan kekecewaan mereka dengan kebijakan Pendeta Gokma Simanungkalit. Salah satu tuntutan mereka adalah agar pucuk pimpinan HKBP memindahkan pendeta Gokma dari gereja mereka.

Selama kepemimpinan Pendeta Gokma kata pengunjukrasa, jemaat kini terpecah belah. Ia juga disebut berencana meniadakan rapat huria. Rapat huria adalah rapat tertinggi gereja.



Selain itu, jemaat juga mencium aroma korupsi dalam pembangunan rest room yang disebut memakan biaya Rp 300 juta.

"Kami merindukan kedamaian di gereja kami. Tuntutan kami, pindahkan Pendeta Gokma dari HKBP Padang Bulan," ungkap L Pasaribu, salah seorang pimpinan aksi.

Selain membentangkan panduk dan poster, massa aksi juga membagikan selebaran tuntutan mereka kepada peserta konven yang hendak pulang usai rapat mereka. Ada yang menerima, ada juga sebagian yang menolak.

Sepedti dikutip dari medanbisnisdaily.com, menjawab tudingan sebagian jemaat gereja HKBP, Pendeta Gokma Simanungkalit mempersilahkan pihak-pihak yang menilai dirinya melakukan korupsi pembangunan rest room untuk membuktikannya.

Pembuktian bisa dilakukan dengan menempuh jalur hukum. "Kalau ada kesalahan saya di Padang Bulan, laporkan saya ke polisi," kata Pendeta Gokma, Senin (10/2/2020).

Menurutnya, ia tak merasa tersinggung dengan aksi jemaat itu. Ia merasa tak berbuat salah dalam kepemimpinannya. "Tapi kalau mereka merasa saya salah, ya lapor aja ke polisi. Itu aja," ungkapnya.(TAp)
  BeritaTerkait
  • HKBP Petra Pematangsiantar Tentukan Utusan ke Sinode Godang untuk Pilih Ephorus

    4 tahun lalu

    Siantar (Pelita Batak): Empat utusan sinode HKBP Petra Pematangsiantar, Beslon Samosir MPd dan St Romauli br Manik (utusan sinode distrik Juni) St Kasan Purba MPdK dan Pendeta Mora Nahampun&nb

  • MBO HKBP Cinta Damai, Ephorus HKBP Ajak Jemaat Untuk Setia Dalam Firman Tuhan

    tahun lalu

    Stapal Balam (Pelita Batak): Ephorus HKBP Pdt. Dr. Darwin Lumbantobing melayani Ibadah Minggu yang dipadu dengan Ibadah Mameakhon Batu Ojahan (MBO) dan Pesta Perak 25 Tahun HKBP Cinta Damai Stapal Res

  • Selamat Jalan Praeses HKBP Distrik XIV Tebing Tinggi Deli Pdt Julasber G Silaban MTh

    3 tahun lalu

    Laporan Pdt. Alter Pernando Siahaan Sekretaris Khusus Ephorus HKBPOmpu i Ephorus HKBP Pdt Dr Darwin Lumbantobing, Ompu Boru, Kadep Marturia HKBP Pdt Dr Anna V. Pangaribuan, Praeses HKBP Distrik X Meda

  • Natal Oikumene Tobasa Meriah : Hiduplah Sebagai Sahabat Bagi Semua Orang

    2 bulan lalu

    Tobasa (Pelita Batak):Bertempat di Lapangan Sisingamangaraja Jl Mulia Raja Balige Pemerintah Kabupaten Toba Samosir adakan Perayaan Natal Oikumene, Minggu (29/12/2019).Forkopimda bersama para hamba Tu

  • HKBP Padangsidimpuan Adakan Malam Tali Kasih di HKBP Tebet

    4 tahun lalu

    Jakarta (Pelita Batak): Gereja HKBP Resort Padangsidimpuan mengadakan malam tali kasih dalam rangka penggalangan dana untuk pembangunan HKBP Padangsidimpuan yang dihadiri oleh Ephorus HKBP, Pd

  •   komentar Pembaca
    Copyright © 2020 Pelita Batak Online. All Rights Reserved. Design by. heriweb