• Home
  • News
  • Investor Tiongkok Jajaki Investasi Pengolahan Sampah Jadi Listrik di Sumut
KSP Makmur Mandiri
Rabu, 14 September 2016 07:01:00

Investor Tiongkok Jajaki Investasi Pengolahan Sampah Jadi Listrik di Sumut

BAGIKAN:
Medan (Pelita Batak) :

Investor Tiongkok menjajaki kerjasama dengan Provinsi Sumatera Utara. Penjajakan itu disampaikan salah seorang investor asal Tiongkok kepada Gubernur Sumatera Utara (Gubsu) Ir H Tengku Erry Nuradi MSi,  Selasa (13/9/2016), di kantor Gubsu.

Pada kesempatan itu Gubsu Erry didampingi Sekdaprovsu Hasban Ritonga, SH n Asisten Perekonomian dan Pembangunan Setdaprovsu Binsar Situmorang. Utusan investor Republik Rakyat Tiongkok (RRT) yang hadir adalah Nixon Alex yang didampingi anggota DPR RI asal pemilihan Sumut DR Junimart Girsang, pengusaha dari Medan Richard Eddy M Lingga para investor seperti Johanes Siegfried, Martinus Tjipto dan Sutadi.

Pada kesempatan itu Erry sangat menyambut baik keinginan para investor Tiongkok yang ingin berinvestasi di Provinsi Sumatera Utara. Sumut saat ini membutuhkan energi Listrik. Ketersediaan listrik yang cukup akan membawa pembangunan Sumut lebih baik.  " Listrik sangat vital bagi investor. Investor akan banyak datang, sebab listrik tersedia. Apalagi kawasan Danau Toba, jalan tol, kereta api dan sarana lainnya sedang dan akan dibangun di Sumut. Ini butuh ketersediaan listrik yang besar,” ujar Erry.

Apalagi lanjutnya teknologi yang ditawarkan adalah pengolahan sampah yang menghasilkan energi listrik. Erry juga mengatakan untuk mempercepat pembangunan di Sumut perlu dukungan dari para investor baik dari dalam maupun luar negeri. Oleh karenanya keinginan para investor yang ingin berinvestasi di provinsi Sumut, Gubsu berjanji akan memfasilitasi ijin. "Untuk pengolahan sampah lintas kabupaten, Provinsi akan memfasilitasi untuk pengurusan ijinnya," sebut Erry.

Erry juga mengatakan bahwa untuk para investor tidak menutup kemungkinan untuk bekerjasama dengan provinsi Sumatera Utara di bidang lainnya. Saat ini yang sedang berjalan di Sumut adalah perluasan bandara udara, seperti di Silangit. Madina, Padanglawas dan Labuhan Batu Selatan Selatan yang sedang mengusulkan untuk dibangun bandar udara (bandara). "Sesuai dengan program pemerintah pusat, para investor bisa berinvestasi pada bidang infrastruktur perluasan bandar udara di Sumut," kata Erry.

Utusan Investor dari Tiongkok Nixon Alex mengatakan bahwa para investor dari Tiongkok ingin menjajaki kemungkinan peluang-peluang yang akan dikerjasamakan di Provinsi Sumatera Utara. Karena lanjutnya provinsi Sumatera Utara memiliki banyak potensi untuk dikerjasamakan.

Dikatakannya sesuai dengan yang disampaikan Gubsu Ir H T Erry Nuradi tentang kebutuhan listrik yang masih dibutuhkan di Sumut, pihaknya menawarkan pengolahan sampah untuk dijadikan energi listrik. Bila ini bisa dilakukan Nixon mengatakan untuk 1.000 ton sampah perhari akan menghasilkan 20 MW energi listrik. Untuk itu pihaknya akan mengadakan survei di beberapa kabupaten di Sumut untuk mencari data dimana kemungkinan pengolahan itu dapat dilakukan dan nantinya akan disampaikan kepada para investor yang ada di Tiongkok. "Kita minta ijin ke Pak Gubernur untuk meminta data dari Asisten yang nantinya akan kita bawa ke investor yang ada di Tiongkok dan juga BUMN yang ada di Tiongkok," kata Nixon yang hadir bersama Anggota DPR RI DR Junimart Girsang, pengusaha dari Medan Richard Eddy M Lingga para investor seperti Johanes Siegfried, Martinus Tjipto, Sutadi dan satu orang investor dari Tiongkok.

Dia juga mengatakan bahwa pengolahan sampah menjadi energi listrik ini akan membuat daerah-daerah yang ada di Sumut akan menjadi bersih. Karena untuk menghasilkan energi listrik harus tersedia sampah minimal 1000 ton perhari. "Untuk menghasilkan energi listrik harus tersedia sampah diatas 1000 ton perhari. Tentunya daerah-daerah yang ada di Sumut akan lebih bersih," sebutnya.

Dia juga mengatakan nantinya pihaknya juga akan menjajaki kemungkinan kerjasama yang ditawarkan Gubsu yakni perluasan bandar udara yang ada di daerah yang ada di Sumut. "Selanjutnya kita akan membicarakan kemungkinan kerjasama di bidang lainnya," katanya.(TAp)
  BeritaTerkait
  • Sumut Buka Peluang untuk Investor AS

    3 tahun lalu

    Medan (Pelita Batak) :Gubernur Sumatera Utara (Gubsu) Tengku Erry Nuradi mengajak investor dari negara Amerika Serikat (AS) untuk berinvestasi di Sumut. Sebab, hingga saat ini dari 20 perusahaan asing

  • Inisiasi Investment Forum Bahas Potensi Kepulauan Nias, DPD RI Yakin Investor Lirik Berbagai Sektor

    2 tahun lalu

    Nias (Pelita Batak):Pesta Ya'ahowu dan Nias Pro 2018 World Surf League Qualifying Series 2018 menjadi momentum yang tepat mengajak investor hadir di Nias. Untuk itu, Ketua Komite II DPD RI Parlin

  • Kadin Undang Investor Korea Jajagi Potensi Investasi di Sumut

    3 tahun lalu

    Medan (Pelita Batak):Ketua Umum Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Sumatera Utara (Sumut) Ivan Iskandar Batubara menerima kunjungan rombongan investor dan ahli air asal Korea di RM Jimbaran, Jl. Pattim

  • Gubsu Ajak Pengusaha Sumut Investasi di Bidang Energi Listrik

    4 tahun lalu

    "Dan yang lebih membuka peluang investasi di Sumut adalah pembangunan pembangkit listrik. Selama ini, Sumut terus mengalami krisis listrik. Suplay yang tersedia tidak mencukupi. Bahkan industry telah antre dalam daftar tunggu membutuhkan listrik,&

  • Tol Tebing Tinggi-Parapat Dilirik Investor Hubei

    4 tahun lalu

    Medan (Pelita Batak) :Gubernur Sumatera Utara (Gubsu) HT Erry Nuradi mengharapkan jajaran pemerintah provinsi maupun kabupaten/kota, terutama pihak BUMN-BUMN seperti Pelindo, PLN, PTPN dan lainnya yang ada di daerah ini serius menyambut kehadiran investor

  •   komentar Pembaca
    Copyright © 2020 Pelita Batak Online. All Rights Reserved. Design by. heriweb