• Home
  • News
  • Inovasi Blended Learning dan Kolaborasi, Percepat Kesiapan Generasi Emas Terjun ke Pasar Kerja
KSP Makmur Mandiri
Sabtu, 21 Maret 2020 08:25:00

Inovasi Blended Learning dan Kolaborasi, Percepat Kesiapan Generasi Emas Terjun ke Pasar Kerja

Sekolah.mu Kartu Prakerja untuk Kerja dan Karya Tak Terbatas
BAGIKAN:
IST | Pelita Batak
Head of Sekolah.mu, Najelaa Shihab (Kiri) bersama Direktur Eksekutif Manajemen Pelaksana Kartu Prakerja Denni Puspa Purbasari (Kanan) menandatangani Nota Kesepahaman (MoU) terkait Program Kartu Prakerja di Jakarta, Jumat (20/3/2020).
Jakarta (Pelita Batak):
Sekolah.mu Kartu Prakerja hari ini diresmikan sebagai mitra Pemerintah Republik Indonesia, sebagai salah satu penyedia layanan pendidikan dan keterampilan yang menjadi bagian dari manfaat penggunaan Kartu Prakerja.

Ketua Komite Cipta Kerja sekaligus Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Republik Indonesia, Airlangga Hartarto, dalam acara peluncuran Kartu Prakerja hari ini mengatakan, "Kartu Prakerja menjadi solusi alternatif bagi masyarakat yang terdampak COVID-19 untuk mendapatkan keterampilan baru (skilling), meningkatkan keterampilan di bidang yang telah ditekuni (upskilling), atau di bidang yang baru (reskilling)".

Sekolah.mu Kartu Prakerja adalah platform manajemen pengetahuan yang menggunakan pendekatan blended learning (online dan offline) dalam menyajikan program belajar sesuai minat dan kompetensi yang dituju oleh penggunanya. Platform ini mendukung program prioritas Pemerintah untuk mempercepat peningkatan kompetensi tenaga kerja, baik mereka yang berada dalam periode pasca masa pendidikan, mereka yang terputus masa kerjanya, maupun mereka yang sudah berada dalam dunia kerja. Terobosan ini dilakukan untuk mematangkan kesiapan dan meningkatkan daya saing kelompok produktif ini, sesuai dengan tuntutan dunia kerja.

Sekolah.mu Kartu Prakerja, dirancang untuk mendukung pelatihan dengan kurikulum aplikatif yang disusun secara kolaboratif bersama para pemimpin usaha dan industri, praktisi profesional dan ahli pendidikan. Kurikulum disusun secara dinamis dengan memperhatikan perkembangan tuntutan dunia kerja. Melalui Sekolah.mu Kartu Prakerja, pemuda Indonesia dapat memilih cara paling tepat dan cepat untuk bekerja dan berkarya.

"Sekolah.mu selalu percaya pentingnya kolaborasi pemangku kepentingan pendidikan untuk memastikan pemuda Indonesia siap bekerja dan berkarya demi masa depan. Sekolah.mu Kartu Prakerja menjadi bagian dari komitmen kami sebagai platform digital yang menjadi mitra resmi di www.sekolah.mu/kartuprakerja untuk terus berkontribusi melalui jaringan keahlian, komunitas dan teknologi belajar yang telah dibangun selama ini," jelas Head of Sekolah.mu, Najelaa Shihab.

Hingga saat ini Sekolah.mu Kartu Prakerja telah mengikat kerjasama dengan lebih dari 40 mitra resmi antara lain General Electric, Cakap, Cybertrend Data Academy, Rumah Sakit Brawijaya, Bogasari, Think.Web, QM Financial, Yayasan Bakti Barito, hingga institusi pendidikan seperti Institut Teknologi Sepuluh November, Kampus Guru Cikal, Perhimpunan Riset Pemasaran Indonesia, Sekolah Vokasi Universitas Gadjah Mada, dan masih banyak lagi.

"Kami menyoroti kekuatan kolaborasi yang ditawarkan oleh Sekolah.mu Kartu Prakerja. Ini adalah pendekatan khas generasi masa kini dalam belajar dan bekerja," tukas Co-Founder dan Co-CEO Think.Web, Ramya Prajna, "Platform ini juga menyajikan kurikulum unik seperti rekayasa piranti lunak, animasi, desain komunikasi multimedia, atau pemasaran digital yang menjadi keterampilan yang makin dibutuhkan di masa depan," imbuhnya.

Dekan Sekolah Vokasi Universitas Gadjah Mada Wikan Sakarinto, S.T., M.Sc., Ph.D menyebutkan, "Ini adalah titik tengah pertemuan antara komunitas akademik, kalangan praktisi profesional, dunia usaha dan dunia industri, kelompok masyarakat sipil dan pegiat, pembuat kebijakan serta pengelola negara. Inilah wujud 'Link & Match' yang dapat memperkecil gap antara apa yang dipelajari dan dilatih di bangku kuliah, dengan praktik yang sebenarnya di dunia kerja. Transfer pengetahuan, keterampilan, dan teknologi terjadi di Sekolah.mu Kartu Prakerja."

Sekolah.mu Kartu Prakerja dibangun oleh tim yang telah bergerak di dunia pendidikan selama lebih dari 20 tahun, didukung jaringan pegiat pendidikan di lebih dari 160 kabupaten/kota, dan berkolaborasi dengan lebih dari 15.000 guru.(*)
  BeritaTerkait
  • Persiapkan SDM Unggul Hadapi Isu Global, UHN Medan Target Capai World Class University

    11 bulan lalu

    Medan (Pelita Batak):Universitas HKBP Nommensen (UHN) merupakan Perguruan Tinggi Swasta yang dikelola oleh Yayasan Universitas HKBP Nommensen saat ini memiliki 10 Fakultas dan 1 Program Pascasarjana,

  • Bupati Batu Bara, Ir. H. Zahir, M. AP., : Terima Kasih Atas Dukungan Kemendikbud dan Tanoto Foundation Untuk Batu Bara

    2 minggu lalu

    Batu Bara (Pelita Batak):“Saya sangat mengapresiasi kepada Pemerintah Kabupaten Batu Bara, di bawah kepemimpinan Bupati Bapak Ir. H. Zahir, M. AP., dimana kegiatan ini menunjukan bahwa pemerinta

  • Pertumbuhan Bisnis Qlue Naik Pesat di Atas 50% Selama 2019

    10 bulan lalu

    Jakarta (Pelita Batak):Perusahaan ekosistem smart city terlengkap di Indonesia, Qlue, menutup tahun 2019 dengan pertumbuhan bisnis di atas 50% dibandingkan tahun 2018. Pencapaian positif Qlue didorong

  • Transformasi Digital Dorong Perkembangan Bisnis

    4 tahun lalu

    Barcelona(Pelita Batak): Huawei, penyedia solusi teknologi informasi dan komunikasi (TIK) global terkemuka, menjadi tuan rumah Forum Global Digital Transformation yang diadakan pada acara Mobile Wo

  • Kajian QBE : Banyak Perusahaan Indonesia yang Tidak Siap Menanggulangi Risiko Bisnis

    3 tahun lalu

    Jakarta (Pelita Batak) :Kajian terbaru dari QBE Insurance menunjukkan bahwa sebagian besar perusahaan Indonesia tidak memiliki kesiapan untuk menghadapi krisis. Hanya 54% dari perusahaan-perusahaan ya

  •   komentar Pembaca
    Copyright © 2020 Pelita Batak Online. All Rights Reserved. Design by. heriweb