• Home
  • News
  • Ini Sambutan Ketua Umum PIKI Baktinendra Prawiro, MSc., MH pada Rakernas & KLB
KSP Makmur Mandiri
Jumat, 07 Juli 2017 16:12:00

Ini Sambutan Ketua Umum PIKI Baktinendra Prawiro, MSc., MH pada Rakernas & KLB

BAGIKAN:
Ist
Baktinendra Prawiro, MSc., MH.
Yang saya hormati bapak / ibu anggota Dewan Penasehat PIKI, Dewan Kehormatan PIKI, Dewan Pakar PIKI, yang saya hormati rekan2 pengurus PIKI se-tanah air, baik DPD maupun DPCang saya banggakan rekan2 anggota DPP PIKI, Komisi Etik, Komisi Verifikasi, Komisi Hukum, PBH PIKI dan anggota-anggota kelompok kerja, para senior PIKI, para mantan pengurus DPP PIKI. Terakhir, last but not least, rekan-rekan panitia yang telah bekerja keras untuk mensukseskan acara Rakernas & KLB ini. Tak lupa juga kami sampaikan salam kompak dan ucapan selamat datang kepada rekan-rekan dari lembaga-lembaga keumatan Kristiani
dan rekan-rekan dari sesama organisasi cendekiawan.

Marilah kita pertama-tama menaikkan puji syukur, sembah dan terima kasih ke hadirat Tuhan Yang Maha ESA, Allah Yang Mahakuasa, Bapa kita di dalam Kristus : Yang telah mempertemukan kita semua di tempat ini dalam keadaan sehat serta dalam suasana yang penuh kehangatan kasih dan persaudaraan. 

Syukur dan terima kasih juga kita naikkan atas perlindungan dan penyertaan Tuhan kepada bangsa Indonesia, gereja-gereja dan lembaga-lembaga pelayanan Kristen di Indonesia, terutama dan khususnya PIKI (Persatuan Inteligensia Kristen Indonesia), sehingga dengan segala kekurangan dan masalah yang harus dihadapi masih tetap eksis di Bumi Persada yang kita cintai. Karena apapun tantangan yang harus kita hadapi, termasuk adanya kumpulan-kumpulan "keji" yang ingin mengintimidasi umat Kristen, dan perkumpulan-perkumpulan atau lembaga-lembaga keumatan seperti PIKI, kita hanya punya satu jawaban: "Ini tanah air dan medan pengabdian kami ... kami tak akan kemana-mana, serta tetap akan bersaksi, bekerja dan berdoa untuk negara kami tercinta Indonesia dan seluruh rakyatnya."

Maka dengan semangat itu pula, selain sebagai agenda organisasi yang telah dijadwalkan sejak Kongres V PIKI pada tahun 2015 yang lalu, acara KLB pada tahun 2017 ini kami selenggarakan, didahului dengan Rakernas, berikut pembekalan melalui study meeting yang akan kita ikuti bersama. Rakernas adalah kesempatan bagi kita semua para pengurus PIKI di seluruh Indonesia untuk dapat berkumpul bersama. bukan hanya dalam rangka melepas rindu, dan saling mengakrabkan diri, akan tetapi juga bersama-sama mengevalusi perjalanan dan perkembangan PIKI pada tahun-tahun di antara kongres, membahas persoalan-persoalan yang menjadi pergumulan kita bersama dan menemukan solusi untuk mengatasi masalah,-masalah yang ada, dengan mengantisipasi perkembangan / perubahan di masa-masa yad. 

Khususnya untuk Rakernas tahun 2017 ini juga menjadi persiapan untuk kita bersama-sama memasuki Kongres Luar Biasa PIKI, membahas agenda2 khusus yg diamanatkan Kongres V PIKI 2015 terkait PERUBAHAN AD/ART dan Visi, Misi Organisasi.

Para hadirin yang kami kasihi, PIKI adalah organisasi yang bisa dikatakan cukup lanjut usianya. Sejak didirikan pada tanggal 9 Desember 1963, hingga Desember tahun lalu PIKI sudah mencapai USIA 53 tahun. Sebuah usia yang boleh dikaitkan dengan ciri-ciri kematangan, kemapanan dan keberlanjutan (sustainable). Namun demikian pada kenyataannya ternyata cukup banyak yang harus kita bicarakan dan tetapkan pada forum KLB nanti. Di antara beberapa naskah AD / ART yang ada, menurut rekan-rekan DPP ada 8 versi, sehingga kalau tidak ditetapkan secara definitif akan berpotensi menciptakan masalah dari kongres ke kongres. Demikian pula KLB diharapkan dapat menyepakati visi dan misi organisasi yang lebih sesuai dengan perkembangan jaman. Bahkan bilamana memungkinkan menetapkan semacam Garis-garis Besar Halauan Organisasi yang selaras dgn AD/ART, Visi dan Misi serta dapat menjadi acuan kita bersama dalam berkarya dan bertumbuh, minimal hingga kongres berikutnya pada tahun 2020 yad. Hal ini semua memang telah diamanatkan oleh Kongres V PIKI pada tahun 2015 yll. 

DPP PIKI harus mengakui bahwa ada keterlambatan dalam penyelenggaraannya, yang seharusnya terjadi pada tahun 2015. Namun karena masalah-masalah internal dan eksternal baru dapat dilaksanakan pada tahun ini. Memang selama dua tahun terakhir ini konsentrasi mau tidak mau lebih diarahkan pada upaya konsolidasi organisasi, sehingga dari jumlah 5 DPD yang sah di tahun 2015, saat ini sudah terkonsolidasi 12 DPD yang telah melaksanakan Musda / Konperda dan 15 yang masih caretaker, beberapa di antaranya siap melaksanakan Musda / Konperda. Selain itu dapat dilaporkan juga bahwa sejak tahun lalu untuk pertama-kali dalam sejarah panjangnya PIKI telah diakte-notariskan dan terdaftar di DepHum & Ham. Selanjutnya dapat dilaporkan bahwa DPP PIKI juga telah membuat laporan keuangan tahunan yang sedang dalam proses di-audit. Bahkan PIKI saat ini juga telah punya NPWP, sesuai dengan ketetapan UU tentang perkumpulan, dan siap melaporkan SPT untuk tahun 2016 pada tahun ini.

Sebagai organisasi kecendekiawan PIKI juga telah melakukan jejaring dan kerjasama dengan UKI, SatuHarapan.com, Pewarna, BPK Gunung Mulia, PGI, GPI dll. Juga ambil bagian dalam pertemuan rutin dengan ISKA, ISNU, ICMI, ICHI dll. Tidak ketinggalan pula hadir dalam pertemuan dan acara bersama dengan lembaga-lembagan keumatan Kristiani, seperti GAMKI & GMKI, PARKINDO, terutama yang tersisa dari apa yang dulu dikenal dengan istilah Wali Songo. Bahkan bersama GMKI dan GAMKI sejak tahun 2015 telah ikut mendorong diaktifkannya kembali DPP GSKI lewat KLB GERAKAN SISWA KRISTEN INDONESIA; sehingga besok kiranya usaha tersebut akan dapat terwujud. 

Dalam aktivitas-nya sebagai DPP telah ditetapkan acara rutin rapat bulanan, dies natalies, Refleksi Awal Tahun dan FGD (Focus Group Discussion) dari waktu ke waktu. Beberapa fgd yang telah diselenggarakan PIKI adalah tentang Tolikara, Tax Amnesty dan Ideologi Pancasila. Sedangkan yang melalui kerjasama dengan pihak lain-lain tentang Masyarakat Ekonomi ASEAN, 500 Tahun Reformasi dan Membangun Habitus Pancasila. Hal yang serupa juga dilaksanakan pada tingkat DPD (misalnya DIY), bahkan DPC (misalnya, Bitung, Sulut dan dalam persiapan Karanganyar, Jawa Tengah). Khususnya tentang FGD Tolikara hasilnya juga telah dibukukan dalam bentuk monograph. Kalau tidak ada halangan untuk Monograph tentang Tolikara tersebut akan diselenggarakan soft-launching pada tanggal 8 besok sore / malam.

Hadirin yang berbahagia dan saya muliakan, dalam melaksanakan berbagai aktivitas, sebagai DPP, DPD dan DPC PIKI kita semua mengemban amanat tema kongres: "Kebenaran meninggikan derajat bangsa" (Amsal 14:34) dan sub-tema: "Revitalisasi Wawasan Kebangsaan Demi Peningkatan Derajat Peradaban Bangsa dan Kesejahteraan Rakyat." Kita diingatkan untuk mencari dan menegakkan kebenaran di manapun kita berada dan dalam aktivitas apapun, khususnya sebagai organisasi kecendekiawanan. Seorang filsuf India pernah mengatakan "bahwa walaupun kebenaran itu adalah hal yang utama dalam hidup, melaksanakan kebenaran adalah hal yang jauh lebih utama" (Guru Nanak). Demikian kiranya dengan pengamalan Pancasila, kalau boleh dianggap sebagai refleksi kebenaran yang historis dan kontekstual bagi bangsa Indonesia, dan karena itu pada akhirnya menjadi ukuran jatuh bangunnya derajad bangsa. Kalau pelanggaran terhadap kebenarannya (Pancasila) terus menerus dibiarkan terjadi, pada berbagai aspek kehidupan berbangsa, bernegara, berpemerintahan dan bermasyarakat, bukankah seperti dikatakan oleh setengah ayat amsal berikutnya "tetapi dosa adalah noda bangsa." PIKI dan semua lembaga-lembaga pelayanan sejenis di Indonesia, apapun latar-belakang keumatan dan keimanannya, terpanggil untuk menegakkan kebenaran,  melalui pengamalan Pancasila, dalam rangka turut merevitalisasi wawasan kebangsaan yang berorientasi pada kesejahteraan rakyat melalui fgd, tulisan-tulisan, wacana-wacana dan karya-karya lainnya demi mengedepankan kebenaran yang filosofikal sebagai kebenaran yang aktual, faktual, moral dan etikal serta bersifat imperatif.

Maka dengan amanat tersebut marilah kita bersama-sama membuka acara Rakernas & KLB PIKI 2017 dan bagi kita semua: SELAMAT BER-RAPAT KERJA NASIONAL dan ber-KONGRES LUAR BIASA!

Ad Caritas Et Veritas
  BeritaTerkait
  • Jargon Minoritas-Mayoritas Keagamaan Belum Hilang

    4 tahun lalu

    Jakarta (Pelita Batak) : Ketua Umum Dewan Pimpinan Pusat Persatuan Inteligensia Kristen Indonesia (PIKI) Masa Bakti 2015 – 2020, Baktinendra Prawiro,MSc,MH mengatakan persoalan politik di I

  • Mewakili Gubsu, Hasiholan Silaen Buka Konferda DPD PIKI Sumut Tahun 2016

    4 tahun lalu

    Medan (Pelita Batak) : Konferensi Daerah Dewan Pimpinan Daerah Persatuan Intelegensia Kristen Indonesia Sumatera Utara (Konferda DPD PIKI Sumut) tahun 2016 secara resmi dibuka Gubernur Sumut diwakili asisten bidang pemerintahan

  • Lembaga-lembaga Keumatan Kristen Keluarkan Seruan Moral Atas Dinamika Politik Indonesia

    4 tahun lalu

    Jakarta(Pelita Batak): Segenap rakyat dan bangsa Indonesia mengikuti dan mencermati dinamika Sosial-Politik yang sedang "memanas" lebih dari biasanya, pasca Oktober 2016. Sebagai bagian d

  • Ketua DPD PIKI Sumut, John Eron Lumban Gaol : Perjuangan Kami di Sumut Memperjuangkan Provinsi Tapanuli

    4 tahun lalu

    Medan (Pelita Batak) : Ketua Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Persatuan Intelegensia Kristen Indonesia (PIKI) Sumatera Utara (Sumut), John Eron Lumban Gaol SE menyebutkan perjuangan pembentukan Provin

  • Ini Struktur Kepengurusan DPD Persatuan Intelegensia Kristen Indonesia Sumut 2016-2021

    4 tahun lalu

    Medan (Pelita Batak) : Kepengurusan Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Persatuan Intelegensia Kristen Indonesia (PIKI) Sumatera Utara (Sumut) periode 2016-2021 dilantik dan dikukuhkan oleh Ketua Umum PI

  •   komentar Pembaca
    Copyright © 2020 Pelita Batak Online. All Rights Reserved. Design by. heriweb