• Home
  • News
  • Ini Kondisi Tenaga Kesehatan di Medan
KSP Makmur Mandiri
Senin, 28 November 2016 11:40:00

Ini Kondisi Tenaga Kesehatan di Medan

BAGIKAN:
Ist|PelitaBatak

Medan (Pelita Batak) :
Wali Kota Medan, Drs HT Dzulmi Eldin S MSi meminta seluruh tenaga kesehatan mulai dari tingkat posyandu, puskesmas pembantu, puskesmas, klinik dan rumah sakit memberikan pelayanan kesehatan yang komprehensif. Jangan hanya menunggu masyarakat datang berobat, tetapi turun langsung ke masyarakat untuk melakukan pelayanan yang cepat dan efektif.

"Selain itu, puskesmas maupun puskesmas pembantu harus mampu menjadi tempat pelayanan kesehatan dasar yang memberikan solusi terhadap segala permasalahan kesehatan yang dialami warga Medan,” kata Wali Kota saat memberi sambutan pada puncak Peringatan Hari Kesehatan Nasional ke-52 Tingkat Kota Medan di Lapangan Merdeka, Sabtu (26/11).

Peringatan yang berlangsung meriah itu ditandai dengan pemberian penghargaan kepada tenaga kesehatan. Di samping itu, Wali Kota Medan juga menyematkan Pin Bunda Penggerak Kesehatan kepada Ketua TP PKK Kota Medan, Hj Rita Maharani. Pin ini diberikan karena Hj Rita selama ini dinilai cukup aktif dalam mendukung pelayanan kesehatan bersama dengan TP PKK Kota Medan.

Dalam peringatan yang dihadiri Wakil Ketua DPRD Medan Iswanda Ramli, Wakapoltabes Mahedi Suhindra, Kapolres Belawan AKBP Tri Setyadi Hartono, Dandenpom I/5 Mayor CPM David Medison SIP, Kasdim 02/01 Letkol Inf Edison S Sidabutar, Kadis Kesehatan Kota Medan drg Usma Polita, Wali Kota  juga mengajak masyarakat bersyukur.

Soalnya pemerintah telah mengeluarkan program Jaminan Kesehatan Nasional yang dikelola oleh Badan Penyelenggara Jaminan Kesehatan (BPJS) yang didukung juga dengan APBB, sehingga akses masyarakat kepada layanan kesehatan menjadi semakin baik.

Namun, lanjutnya, program ini juga cukup membenani APBN maupun APBD. Karena itu, sebelum sakit lebih baik dilakukan pencegahan.“ Jadi marilah sama-sama jaga pola hidup bersih dan sehat, terutama di lingkungan keluarga dan tempat tinggal. Tularkan pola hidup bersih dan sehat ini kepada masyarakat luas melalui upaya-upaya yang terkoordinasi dan terintegrasi agar berdampak pada terjaganya kesehatan dan terciptanya lingkungan yang bersih,” ucapnya.

Eldin selanjutnya mengungkapkan, Peringatan Hari Kesehatan ini harus menjadi momentum menyuarakan kepada masyarakat agar bangkit dan mulai meninggalkan upaya kesehatan yang bersifat kuratif menuju upaya kesehatan yang didominasi semangat preventif dan promotif.

Kemudian Wali Kota menyatakan, pembangunan kesehatan merupakan salah satu prioritas Pemko Medan. Selama lima tahun terakhir, Pemko Medan mengalokasikan kurang lebih 11-14 persen APBD Medan untuk urusan kesehatan, lebih dari yang diamanatkan undang-undang yakni 10 persen.

Di samping peningkatan kualitas pelayanan kesehatan dan ketersediaan obat, lanjut Wali Kota, kapasitas sumber daya manusia kesehatan juga terus dibenahi. Di samping itu pada 2016 dan terus berlanjut pada 2017, Pemko juga fokus pada program peningkatan sarana dan prasarana pelayanan kesehatan, baik fasilitas di tingkat dasar, antara lain perbaikan puskesmas dan relokasi puskesmas. Selain itu, pembenahan sarana dan prasarana pelayanan kesehatan rujukan terus didorong agar sarana seperti di RS Pirngadi  semakin memadai dan pelayanan kesehatan terstandarisasi.

"Kita juga segera membangun RS Tipe C di kecamatan Medan Labuhan yang Insya Allah dapat beroperasional di tahun 2018,” paparnya.

Sebelumnya Kadis Kesehatan Kota Medan, drg Usma Politan melaporkan, peringatan yang bertemakan 'Masyarakat Kota Medan Hidup Sehat, Indonesia Kuat' ini bertujuan meningktkan semangat kepedulian, komitmen dan gerakan nyata untuk pembangunan kesehatan di Medan.

"Di samping itu, kita juga ingin menyampaikan pesan, bahwa sehat itu harus dijaga dengan bergaya hidup sehat, berpartisipasi aktif dalam jaminan kesehatan nasional, sehingga nantinya akan terbangun kemandirian masyarakat Medan yang sadar kesehatan,” jelas Usma.

Dia menyebutkan, berbagai rangkaian kegiatan telah digelar untuk memeriahkan Peringatan Hari Kesehatan ke-52 Kota Medan ini. Di antaranya dengan menggelar Pemilihan Tenaga Medis dan Paramedis Teladan, lomba dokter kecil,  cerdas cermat petugas kesehatan, bakti social donor darah di berbagai kecamatan, serta seminar ilmiah maupun umum.(TAp)

 

  BeritaTerkait
  • Keluarga Besar RSU Royal Prima, UNPRI, RSGM Prima Gelar Buka Puasa Bersama Anak Yatim se-Kota Medan

    2 tahun lalu

    Medan (Pelita Batak):Keluarga besar Rumah Sakit Umum (RSU) Royal Prima, Universitas Prima Indonesia (UNPRI) dan Rumah Sakit Gigi Mulut (RSGM) Prima menggelar acara buka puasa bersama daan menyantuni a

  • 2020, Gubsu Harus Lebih Fokus Pada Pembangunan Yang Pro Rakyat

    4 minggu lalu

    Medan (Pelita Batak):DPD Partai Demokrat Sumatera Utara (Sumut)  meminta Gubernur Sumut (Gubsu), Edy Rahmayadi  harus lebih fokus dalam  pembangunan Sumut yang pro rakyat pada tahun ang

  • Putri Indonesia 2004 Ajak Warga Peduli Kesehatan Gigi Anak

    3 tahun lalu

    Medan (Pelita Batak) :Pepsodent, pasta gigi keluarga produksi Unilever Indonesia, kembali berkolaborasi dengan Persatuan Dokter Gigi Indonesia (PDGI) dan Asosiasi Fakultas Kedokteran Gigi Indonesia (AFDOKGI) untuk menyelenggarakan Bulan Kesehatan Gigi Nas

  • Wali Kota Tinjau Lokasi Banjir Medan Selayang

    3 tahun lalu

    Medan (Pelita Batak) :Wali Kota Medan, Drs H T Dzulmi Eldin S MSi meninjau lokasi banjir di tiga kelurahan di Kecamatan Medan Selayang, Kamis (29/9/2016). Ketiga kelurahan itu, masing-masing Kelurahan Sempakata, Kelurahan Beringin dan Kelurahan PB Selayan

  • Bulan Kesehatan Gigi Nasional 2016 Kembali Hadir di FKG Universitas Prima, Medan

    3 tahun lalu

    Medan(Pelita Batak): Pepsodent, pasta gigi keluarga produksi Unilever Indonesia, kembali berkolaborasi dengan Persatuan Dokter Gigi Indonesia (PDGI) dan Asosiasi Fakultas Kedokteran Gigi Indonesia

  •   komentar Pembaca
    Copyright © 2020 Pelita Batak Online. All Rights Reserved. Design by. heriweb