• Home
  • News
  • Ikuti Lomba Penulisan dan Foto Iptek 2016
KSP Makmur Mandiri
Selasa, 12 Juli 2016 19:34:00

Ikuti Lomba Penulisan dan Foto Iptek 2016

BAGIKAN:
ILustrasi
Ilustrasi

Jakarta (Pelita Batak): Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi (Kemenristekdikti) bekerjasama dengan Masyarakat Penulis Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (Mapiptek) menggelar lomba penulisan dan foto iptek. Lomba dalam rangka peringatan Hari Kebangkitan Teknologi Nasional (Hakteknas) ke-21 ini bertema "Inovasi untuk Kemandirian dan Daya Saing Bangsa."

Peringatan Hakteknas ke-21 tahun 2016 diselenggarakan dalam rangka menunjukkan keberhasilan dan prestasi yang membanggakan di bidang iptek yang terlihat dari  produk produk inovasi yang memberikan kontribusi dalam peningkatan lapangan kerja, peningkatan kesejahteraan masyarakat serta kemandirian bangsa yang semakin berdaya saing.

Iptek dan inovasi memiliki nilai-nilai strategis dan urgensi dalam membangun peradaban dan kesejahteraan bangsa. Pengalaman dari bangsa-bangsa lain menunjukkan bahwa iptek dan inovasi selalu  menjadi tulang punggung utama dalam membangun peradaban. Oleh karena itu kita sebagai Bangsa Indonesia harus menunjukkan kemampuan dalam bidang iptek dan inovasi.

Rangkaian kegiatan dalam peringatan Hakteknas ke 21 diharapkan mampu memberikan inspirasi dan rasa bangga atas keberhasilan putra-putri bangsa Indonesia dengan karya baktinya yang tinggi dan inovatif di bidang iptek dan inovasi

Melalui lomba ini, diharapkan kalangan wartawan dan penulis di Indonesia terpacu mengangkat isu dan figur-figur yang berhasil dalam bidang invensi dan inovasi. Kompetisi ini diharapkan dapat menumbuhkan minat masyarakat untuk mengetahui, memanfaatkan hingga mengembangkan iptek dalam kehidupan sehari-hari, sehingga dapat tumbuh budaya iptek di Indonesia.

Penyelenggaraan Lomba ini merupakan kelanjutan dari lomba serupa yang diadakan sejak tahun 2005. Lomba tersebut bertujuan untuk memperebutkan piala bergilir Menristekdikti, khususnya untuk kategori lomba penulisan wartawan maupun penulis.

Lomba ini memperebutkan total hadiah puluhan juta rupiah. Penyerahan hadiah rencananya akan dilaksanakan bertepatan dengan puncak peringatan Hakteknas pada tanggal 10 Agustus 2016.

Persyaratan Umum lomba
1. Penerimaan naskah dan foto inovasi iptek paling akhir 25 Juli 2016.
2. Panitia berhak menggunakan karya tersebut untuk keperluan publikasi dan promosi pihak penyelenggara.
3. Keputusan dewan juri mutlak dan tidak dapat diganggu gugat.
4. Naskah dan Foto Iptek dikirim ke :
PANITIA LOMBA PENULISAN DAN FOTO INOVASI IPTEK
HAKTEKNAS 2016
SEKRETARIAT MAPIPTEK
Jl. Cikoko Timur Raya No. 12
Pancoran - Jakarta Selatan 12770
Email: [email protected], [email protected]

Persyaratan Khusus Lomba Penulisan Inovasi Iptek
1. Lomba Penulisan terbuka untuk wartawan dan penulis umum.
2. Naskah sudah harus dimuat di media massa cetak atau online mulai 1 Agustus 2015 – 24 Juli 2016 dan tidak sedang diikutsertakan dalam lomba lain.
3. Peserta dapat mengirimkan lebih dari satu naskah disertai bukti pemuatan tulisan dan fotokopi artikel rangkap tiga, beserta fotokopi identitas (Kartu Pers/KTP).

Persyaratan Khusus Lomba Foto Inovasi Iptek
1. Lomba Penulisan terbuka untuk pewarta foto dan masyarakat umum di seluruh Indonesia.
2. Untuk kategori pewarta foto, karya foto sudah harus dimuat di media massa cetak atau media online mulai 1 Agustus 2015 – 24 Juli 2016. Untuk kategori masyarakat umum/mahasiswa foto minimal sudah dimuat di blog/website pribadi mulai 1 Agustus 2015 – 24 Juli 2016.
3. Foto merupakan karya orisinil, dari kamera digital apa saja dan belum pernah diikutsertakan dalam lomba sejenis.
4. Foto yang diikutsertakan tidak diperkenankan menggunakan olah digital (digital imaging). Editing hanya diperbolehkan sebatas cropping, brightness contrast.
5. Foto yang diikutsertakan tidak mengandung unsur SARA dan pornografi.
6. Foto dicetak warna (colour) ukuran 10R dan dikirim beserta softcopy dalam CD/Flashdisk. Di belakang foto ditulis identitas pengirim beserta judul foto.
7. Peserta dapat mengirimkan lebih dari satu foto iptek disertai bukti pemuatan foto tersebut, beserta fotokopi identitas (Kartu Pers/KTP).(rel)

  BeritaTerkait
  • KPK Harapkan Kabupaten Kota Bisa Ikuti Langkah Pemprov Sumut

    4 tahun lalu

    Medan (Pelita Batak) :Gubernur Sumatera Utara (Gubsu) HT Erry Nuradi melakukan soft launching Aplikasi Elektronik Sistem Usulan Musrenbang Terintergrasi Provinsi Sumut (E-Sumut) di Hotel Santika Medan Senin (28/11/2016).

  • Pertama, Dispen Humbahas Gelar Lomba Debat Bahasa Tingkat SMK

    5 tahun lalu

    Puluhan siswa siswi tingkat SMK Negeri dan swasta se-Humbanghasundutan ikuti lomba debat bahasa Indonesia dan bahasa asing yang digelar oleh Dinas Pendidikan Humbanghasundutan,di SMK Negeri 1 Dolok Sanggul, Rabu (24/8/2016).

  • AJI Boikot Lomba Foto & Video yang Diadakan Puspen TNI

    5 tahun lalu

    Medan(Pelita Batak): Penanganan kasus penganiayaan sejumlah jurnalis di Medan oleh prajurit TNI AU, saat melakukan peliputan bentrokan warga Kelurahan Sari Rejo, Kecamatan Medan Polonia pada Senin

  • Jurnalis se Indonesia Tolak Berpartisipasi Dalam Lomba Foto dan Video HUT TNI

    5 tahun lalu

    Medan (Pelita Batak) :<br></br> Jurnalis se-Indonesia yang tergabung dalam berbagai organisasi wartawan khususnya yang bergerak dibidang wartawan foto dan video menyatakan sikap menolak berpartisipasi untuk mengikuti lomba foto dan video deng

  • Pengda IJTI Sumut Ikut Boikot Lomba Video HUT TNI ke 71

    5 tahun lalu

    Medan (Pelita Batak) :<br></br> Pengurus Daerah (Pengda) Ikatan Jurnalis Televisi Indonesia (IJTI) Sumatera Utara (Sumut) mengimbau seluruh anggotanya untuk tidak berpartisipasi dalam Lomba Foto dan Video dalam rangka memperingati HUT TNI ke

  •   komentar Pembaca
    Copyright © 2021 Pelita Batak Online. All Rights Reserved. Design by. heriweb