• Home
  • News
  • HKBP Jalin Kerjasama Dengan PT. Bank Tabungan Negara (BTN)
KSP Makmur Mandiri
Kamis, 03 Oktober 2019 18:04:00

HKBP Jalin Kerjasama Dengan PT. Bank Tabungan Negara (BTN)

BAGIKAN:
ist|pelitabatak
Siantar (Pelita Batak):
Huria Kristen Batak Protestan (HKBP) jalin kerjasama dengan PT. Bank Tabungan Negara (BTN) bertempat di Ballroom Sapadia Hotel di Pematangsiantar (20/09/19). Acara penandatanganan Memorandum of Understanding yang berlangsung sekitar 50 menit ini berjalan dengan baik, dengan kesepakatan-kesepakatan yang menguntungkan kedua belah pihak.

Ephorus HKBP Pdt. Dr. Darwin Lumbantobing ketika diwawancarai mengatakan tentunya kerjasama ini diharapkan menguntungkan kedua belah pihak baik untuk HKBP dan Bak BTN. Kerjasama yang hendak disepakati di bidang perbankan, tentu perlu direalisasikan agar berjalan dengan baik ke depan.

Ephorus HKBP yang didampingi Sekretaris Jenderal HKBP Pdt. David Farel Sibuea, M.Th, D.Min, Bendarahara Umum HKBP Pdt. Adventus Lumbantobing, S.Th,  Ketua STT HKBP Pdt. Dr. Victor Tinambunan, Wakil Kepala Biro Jemaat Pdt. Sumehat Purba, S.Th, Kepala Biro Hukum Pdt. Betty Sihombing, S.Th, SH, bersama para staff, demikian dengan Direktur Finance, Treasury & Strategy PT. Bank BTN Nixon L.P. Napitupulu bersama Kepala Wilayah 4 Bank BTN Manahan Hutapea yang didampingi Kepala Cabang Bank BTN Pematangsiantar, Kepala Cabang Pembantu Bank BTN Balige, Kepala - kepala Devisi Bank BTN, bersama para staff dan jajarannya, turut menyaksikan penandatangan kerjasama tersebut.



Dinilai kerjasama tersebut akan menguntungkan kedua belah pihak, Bank BTN pun merasa senang dan bangga dapat memberikan pelayanan dan bekerjasama dengan HKBP. Hal ini diungkapkan Direktur Bank BTN Nixon Napitupulu dalam sambutannya, kerjasama ini perihal perbankan BTN kepada HKBP yang sudah menjadi impian kami bersama bisa bekerjasama dengan HKBP, khusunya kami sebagian juga adalah HKBP, lahir dan hidup di HKBP yang kita cintai ini. Bank BTN yang merupakan BUMN yang dari sisi asset sekitar 20 Trillyun Rupiah. Kami harus menyalurkan KPR yang biasa disebut dengan kredit kepemilikan rumah selain kredit komsumsi rumah juga. Sejak Tahun 2015, Presiden menetapkan Bank BTN untuk program sejuta rumah. Dari sisi kepemilikan ada sekitar 11 Juta perumahan yang tidak ada kepemilikan. Kapasitas pembangunan rumah 325 ribu rumah dalam satu tahun, sementara pernikahan di negara ini 400 - 800 ribu rumah tangga baru, sehingga sangat dibutuhkan problem rumah ini. Kita juga membantu masyarakat untuk memiliki rumah sekaligus menerbitkan sertifikat atas kepemilikan, dan sekarang sedang membantu program pemindahan Ibukota baru yang sudah dicanangkan Pemerintah, kata Direktur Nixon Napitupulu.

Nixon Napitupulu juga menambahkan kalau Bank BTN ingin membantu HKBP dalam bekerjasama pelayanan perbankan dan keuangan tentang produk perbankan, pengembangan operasional, penggunaan sistem SPP secara online, pemanfaatan fasilitas kredit misalnya mungkin masih banyak para Pendeta yang tidak memiliki rumah sehingga Bank BTN bisa membantu program ini dengan paket khusus yang tidak memberatkan sehingga menjelang masa pensiunnya Pendeta sudah bisa memiliki rumah, karena kadang dikarenakan kesungguhan dalam pelayanan membuat kurang memberikan perhatian untuk masa pensiunnya. Ke depan, Pendeta tidak masuk dalam kategori deadlock tetapi dalam kategori masyarakat yang sudah memiliki rumah. Demikian pendidikan kepada generasi muda perihal developer, pengembangan kerjasama tentang pajak, dan banyak lainnya yang bisa dikembangkan ke depan, tambahnya.

Ephorus HKBP Pdt. Dr. Darwin Lumbantobing dalam sambutannya juga menyambut baik kerjasama tersebut. HKBP itu ada dimana-mana, dan Pematangsiantar yang menjadi tempat kerjasama ini merupakah daerah yang cukup istimewa di HKBP karena di daerah ini ada Lembaga Pendidikan HKBP, Pelayanan Zending dan lainnya. Kerjasama ini diharapkan segera direalisasikan dengan posisi masing - masing. Salah satu menarik juga, kalau Bank BTN bisa membantu HKBP baik Jemaat khususnya Para Pelayan HKBP tentang membangun rumah. Kalau Pendeta, ada banyak Pendeta yang sudah punya rumah, tetapi masih ada dan cukup banyak yang belum memiliki dan belum memikirkan rumah di hari tuanya, ketika menjelang pensiun akhirnya menjadi pergumulan juga bagi HKBP maupun keluarga pelayan sendiri. Tentu ada lagi program lainnya yang bisa dikembangkan ke depan, kami menyambut baik untuk merealisasikan kerjasama ini tahap demi tahap, kata Ephorus.

Ephorus HKBP juga memperkenalkan HKBP secara umum kepada PT Bank BTN. HKBP yang memiliki 31 Distrik di seluruh pelayanan HKBP dengan pembagian peta pelayanan yang berbeda dengan pembagian wilayah pemerintahan, karena di HKBP ada Distrik tertentu yang mencakup pelayanan 3 Provinsi. HKBP dengan banyaknya Pelayan baik itu Pendeta, Guru Huria, Diakones, dan Bibelvrouw, demikian dengan 2 Universitas dan lembaga Pendidikan yang beragam, demikian Lembaga - Lembaga Teologi HKBP, serta unit - unit pelayanan HKBP, tentu juga memerlukan kerjasama dengan berbagai pihak untuk pengembangan pelayanan yang tentunya masih perlu dibicarakan ke depan untuk kesejahteraan pelayan dan jemaat.
Seyogyanya kerjasama tersebut diadakan di Kantor Pusat HKBP, namun dikarenakan harapan PT. Bank BTN sekaligus adanya agenda rapat yang dihadiri Pimpinan HKBP di Sekolah Pendeta, maka Pematangsiantar menjadi pilihan tempat dimana PT. Bank BTN yang menjadi tuan/nyonya rumah kerjasama tersebut.

Adapun ruang lingkup kesepakatan tersebut diantaranya, pemanfaatan produk Giro, Deposito, dan Tabungan, Pemanfaatan PPO, Penggunaan Sistem SPP secara online, pemanfaatan fasilitas kredit, pemanfaatan fasilitas Payroll, kerjasama literasi di bidang Property, kerjasama program internship, dan bidang lainnya. Dilanjut, Pihak HKBP dan Bank BTN saling menyerahkan Nota kesepahaman yang telah ditandatangani dan Cenderamata Plakat kedua belah pihak sekaligus diabadikan dengan foto bersama. (aps|TAp)
  BeritaTerkait
  • Ephorus HKBP Pastikan Medis dan Pegawai Rumah Sakit HKBP Balige Terima hak Gaji

    2 tahun lalu

    Balige(Pelita Batak): Pimpinan HKBP Ompu i Ephorus Pdt. Dr. Darwin Lumbantobing mengunjungi Rumah Sakit HKBP Balige yang didampingi Praeses HKBP Distrik XI Toba Hasundutan Pdt. Donda Simanjuntak, S.Th

  • 2.200 Rumah Telah Dibangun untuk Buruh TKBM Pelabuhan Belawan

    4 tahun lalu

    Medan (Pelita Batak) : Sebanyak 2.200 unit rumah yang diperuntukkan untuk 3.500 buruh Tenaga Kerja Bongkar Muat (TKBM) Pelabuhan Belawan telah dibangun. Pembangunan ini kerjasama pengurus Koperasi TKBM Upaya Karya Pelabuhan Belawan dengan PT Bank Tabunga

  • FE Nommensen Dukung dan Dorong Pemanfaatan Utang yang Produktif

    4 tahun lalu

    Medan (Pelita Batak) : Negara harus melakukan segala upaya untuk memajukan keesejahteraan masyarakat secara ekonomi. Demi mewujudkan masyarakat yang adil dan sejahtera karena ini adalah amanat UU

  • Pemahaman Masyarakat Mengenai Tupoksi BHP Sangat Penting

    4 tahun lalu

    Medan (Pelita Batak) : Pemahaman masyarakat tentang tugas pokok dan fungsi (Tupoksi) Balai Harta Peninggalan (BHP) sangat penting. Diharapkan berpengaruh kepada kesadaran hukum bagi masyarakat ya

  • Fakultas Teknik Nommensen Lakukan Internasionalisasi Riset

    3 tahun lalu

    Medan (Pelita Batak) :Setelah sukses melaksanakan "Nommensen International Conference on Technology And Engineering (NICTE)" yang diselenggerakan oleh Fakultas Teknik Universitas HKBP Nommensen (UHN),

  •   komentar Pembaca
    Copyright © 2020 Pelita Batak Online. All Rights Reserved. Design by. heriweb